Monday, May 1, 2017

pantai indrayanti yang punya keunikan di antara pantai gunungkidul

Wisata Pantai Indrayanti Jogja, Keunikan Alam Pantai di Gunungkidul

Kalo mendengar nama ‘Indrayanti’, tentu yang terlintas dalam benak anda nama perempuan bukan?. tetapi, tahukah anda kalau ini adalah nama sebuah pantai, Pantai Indrayanti adalah sebuah pantai yang berpemandangan cantik yang ada di selatan Yogyakarta. Nama ini sebenarnya bukan satu satunya nama pantai ini, bahkan ada yang memberi nama pulang syawal atau pulang sawal. Dan nama tersebut ternyata adalah nama sebuah restoran yang sangat terkenal di sekitar pantai ini, dahulu nama indrayanti adalah sebuah nama warung yang sangat rame pengunjung dan merupakan satu satunya warung yang ada di sekitar pantai ini. sehingga nama si resto lebih populer daripada nama pantai itu sendiri. Ada juga yang menyebut pantai ini dengan Pantai Pulsa, apakah karena banyaknya kios pulsa di sepanjang pantai? Bukan, kok. Pulsa adalah kependekan dari Pulang Sawal, nama resmi pantai tersebut.
KEUNIKAN PANTAI INDRAYANTI GUNUNGKIDUL
Di tahun 1980-an, Gunungkidul dikenal sebagai salah satu tempat yang sangat panas, kering dan sulit air bersih. Faktor ini membuat Kabupaten Gunungkidul menjadi salah satu daerah tertinggal di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tapi, predikat ini tampaknya sudah mulai luntur sejak dipromosikannya Gunungkidul sebagai surga wisata buat pecinta pantai.
Jauh-jauh hari sebelum Pantai Indrayanti naik daun, di Gunungkidul ada Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup dan Pantai Siung yang udah terkenal lebih dulu dan letaknya berdekatan alias satu jalur dengan Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti punya  pemandangan yang agak beda dengan pantai-pantai lainnya. Pasirnya yang putih dan air lautnya berwarna biru kehijauan. Beda dengan beberapa pantai yang airnya cenderung biru keabu-abuan. Bukan hanya itu saja, Dilibatkannya para warga juga cukup membantu memberikan suasana ‘lain’ di pantai yang juga kaya akan terumbu karang ini.
Untuk menikmati keindahan Pantai Indrayanti, pengunjung mungkin tak bisa berenang bebas di tepi pantai, karena ombaknya kerapkali sangat besar dan banyak sekali ubur-ubur yang akan menyengat kulit hingga menimbulkan efek melepuh. Meski begitu, masih banyak juga yang membangkang dengan mandi di laut. Nah, untuk itu ada sekitar 10 petugas pengawal pantai atau life guard yang mengawasi pengunjung. Mereka yang rutin mengingatkan pengunjung agar tak berenang di laut, dan untuk menghindari memegang ‘hewan seperti balon yang berwarna biru’ alias ubur – ubur. Tak hanya itu, para petugas life guard ini juga memberikan pertolongan pertama untuk mereka yang terlanjur tersengat ubur-ubur ataupun tak sengaja menginjak bulu babi.
Untuk para penikmat pantai yang suka menikmati angin dan pasir pantai yang lembut, tak perlu takut berpanasan. Ada banyak sekali payung pantai berwarna warni dan matras bersantai yang disewakan di kisaran harga 20 – 25 ribu rupiah yang dapat kamu gunakan seharian penuh, karena tak ada batasan khusus untuk waktu sewanya.
Bagi pecinta olahraga naik ataupun turun tebing, di Pantai Indrayanti terdapat juga tangga tangga kecil yang dapat digunakan untuk memanjat karang di bibir pantai. View dari atas karang tersebut sungguh sangat sepadan dengan rasa capek saat kita mendaki karang.
Bagi yang suka jet ski, di lokasi pantai indrayanti juga tersedia penyewaan jet ski untuk para wisatawan yang suka tantangan ini, dan menikmatinya. Selain itu, di Pantai Indrayanti juga berjejeran resto resto yang dapat anda gunakan untuk makan malam romantis bersama pasangan. resto di pantai ini adalah salah satu daya tarik tersendiri, karena pada malam hari pancaran lampunya akan gemerlap dan menjadi pemandangan yang unik serta memukau.
Makan malam bersama keluarga, ditemani hidangan seafood nikmat, diiringi semilir angin pantai nan sepoi sepoi dan deburan ombak adalah kombinasi yang sempurna.

LOKASI PANTAI INDRAYANTI GUNUNGKIDUL
Pantai indrayanti terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. tepatnya di 47 km sebelah selatan pusat Kota Yogyakarta. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Sundak dan Somandeng yang berada di sebelah baratnya.
RUTE MENUJU PANTAI INDRAYANTI GUNUNGKIDUL
Untuk menuju Pantai Indrayanti ini sangat mudah. Ada beberapa rute yang dapat anda lakukan. Bisa dicapai dengan jalur utara, maupun jalur alternatif melalui Imogiri. Berikut rute lengkapnya, yang bisa anda pakai sebagai panduan jika berkendara ke Pantai Indrayanti dengan menggunakan kendaraan pribadi.
Rute Pantai Pulang Syawal atau Indrayanti dari Jogja
Jogja – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi – Jalan Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Jalan Girisubo – Wonosari – Jalan Saptosari Tepus – Sebelum masuk kawasan Pantai Baron ke Timur menuju Pantai Sundak – Somandeng – Pulang Sawal (Indrayanti).
Rute Pantai Pulang Sawal atau Indrayanti dari Jogja (alternatif)
Jogja – Imogiri – Panggang – Jalan Saptosari  Tepus – Ikuti Arah ke Pantai Baron –  sebelum masuk kawasan Pantai Baron ke arah Timur  sampai pertigaan Pantai Sudak ke kiri (Timur) melewati kawasan Pantai Sundak dan Somandeng – Pantai Pulang Sawal atau Indrayanti.
Di kawasan Pantai Indrayanti memang berjejeran pantai pantai cantik dengan ombak yang cukup besar khas Pantai Selatan. Pengunjung pasti akan merasa sangat bersyukur saat berada di pantai Indrayanti, karena suguhan kecantikan khas pedesaan Tepus dan pemandangan bukit karst yang sangat memukau akan menemanimu sepanjang perjalanan.
BUANG SAMPAH DI PANTAI INDRAYANTI = DENDA RP 10.000 PER SAMPAH
Bagi para pengunjung yang sedang berkunjung ke Pantai Indrayanti, jangan coba-coba buang sampah sembarangan! Kalau anda lsedang nongkrong di pantai, atau di gazebo-gazebo sekitar pantai sambil ngemil, sebaiknya siapkan kantong sampah untuk menampung sampah sementara, atau terpaksa anda kantongi lagi sampahnya, Karena, siapa saja yang membuang sampah sembarangan di Pantai Indrayanti akan dikenakan denda Rp 10.000 PER SAMPAH setiap sampah yang di buang. Positifnya, pantai ini memang terlihat lebih bersih daripada pantai – pantai lainnya.

1 comment: