Sunday, May 7, 2017

pantai parangkusumo, mitos tempat bertemunya raja mataram dengan ratu laut kidul

Pantai Parangkusumo Bantul, Tempat Pertemuan dengan Ratu Laut Kidul
Pantai Parangkusumo merupakan kawasan pantai yang dikeramatkan dan disakralkan oleh masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya karena konon pantai ini sebagai tempat bertemunya Sultan Yogyakarta dengan Ratu Penguasa Laut Selatan. Pantai ini berada di sebelah barat kawasan Pantai Parangtiris yang menjadi tujuan utama wisata di sekitar Yogyakarta.
Lokasi Pantai Parangkusumo masih dalam Kompleks Pantai Parangtritis. Akses jalan menuju ke Pantai Parangkusumo dapat melalui jalan penghubung Pantai Parangtritis dengan Pantai Depok yang berada di bibir pantai atau menyusuri jalan berpaving Pantai Parangtritis ke arah barat. Kawasan Pantai Parangkusumo ditandai dengan gapura kraton yang di dalamnya merupakan Cepuri Parangkusumo.

Pemandangan alam Pantai Parangkusumo nyaris sama dengan kawasan Pantai Parangtritis karena masih satu kompleks. Pasir Pantai Parangkusumo berwarna kecoklatan khas pasir pantai yang berada di pesisir pantai kabupaten Bantul. namun kondisi Pantai Parangkusumo terlihat lebih sepi dibanding Pantai Parangtritis karena sebagian besar wisatawan diarahkan untuk berwisata ke Pantai Parangtritis.
Cepuri Parangkusumo yang konon merupakan tempat bertemu antara Raja atau Sultan Yogyakarta dengan Penguasa Laut Selatan atau Ratu Kidul. Kompleks Cepuri ini dibangun menyerupai kraton dengan gapura pada bagian depan, halaman, pendopo, balai peristirahatan, masjid, dan pagar berlubang setinggi satu meter yang mengelilingi kompleks. Khususnya Cepuri Parangkusumo dibangun tembok keliling 10 x 8 meter dengan pintu menghadap ke selatan.
Pantai Parangkusumo dianggap sebagai gerbang utama atau jalan tol menuju Keraton Gaib Laut Selatan, sebuah kerajaan Nyi Roro Kidul yang menguasai Laut Selatan (Samudera Hindia). Berbagai acara labuhan, baik dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat maupun dari masyarakat setempat digelar di pantai Parangkusumo. Ritual Labuhan Keraton di Pantai Parangkusumo merupakan simbol ikatan dan kekuasaan antara keraton dan penguasa laut selatan.
Sejarah Pantai Parangkusumo
Berdasarkan cerita almarhum Mbah Nono panggilan akrab RP Suraksotarwono juru kunci sekaligus sesepuh warga Pantai Parangkusumo yang baru meninggal dunia, labuhan kepada Kanjeng Ratu Kidul merupakan sebuah ritual yang penting bagi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Ratu Kidul berjanji untuk mengayomi Panembahan Senopati dan seluruh keturunannya dan Kerajaan Mataram ketika berada dalam kesulitan. Berdasarkan nasehat dari Ki Juru Mertani, Panembahan Senopati bermeditasi di Pantai Parangkusumo, sebuah pantai kecil di pinggiran Laut Selatan.

Meditasi yang luar biasa tersebut mengakibatkan “goro-goro” atau menimbulkan kekacauan di Kerajaan Segara Kidul (laut selatan). Kanjeng Ratu Kidul pun mendatangi penguasa Mataram tersebut dan mengatakan bahwa harapannya telah dikabulkan oleh Sang Maujud Agung. Kemudian perjanjian antara Panembahan Senopati dan Kanjeng Ratu Kidul dibuat. Hubungan antara raja-raja Mataram dan Kanjeng Ratu Kidul telah memperkokoh legitimasi kebudayaan kepada Sri Sultan Hamengkubuono.
Cerita tersebut sampai sekarang masih dipercayai oleh masyarakat Yogyakarta. Sehingga masyarakat masih melakukan ritual di kawasan Cepuri sebagai tempat pertemuan antara Ratu Kidul dengan Panembahan Senopati dan juga di Kawasan Pantai Parangkusumo yang dipercaya merupakan keratonnya Ratu Kidul.
Meski hanya sebuah cerita yang turun temurun, masyarakat tetap melakukan semedi di Pantai Parangkusomo kata Mbah Nono. Pada tahun 1973 ketika akan diberi limpahan jabatan dari ayahnya, dia didampingi ayahnya melakukan semedi Pantai Parangkusmo. Saat itu tiba-tiba air laut surut dan terlihat adanya sebuah kerajaan. Saat dia masuk, dari depan kerajaan terlihat seperti ada gerbang yang megah. Melewati gerbang terlihat bangunan seperti pendapa yang dilengkapi tiga tangga yang terbuat dari batu yang sangat indah dan sangat bersih.
Nuansa sakral akan segera terasa sesaat setelah memasuki kompleks Pantai Parangkusumo, pantai yang terletak 30 km dari pusat kota Yogyakarta dan diyakini sebagai pintu gerbang masuk ke istana laut selatan. Wangi kembang setaman akan segera tercium ketika melewati deretan penjual bunga yang dengan mudah dijumpai, berpadu dengan wangi kemenyan yang dibakar sebagai salah satu bahan sesajen. Sebuah nuansa yang jarang ditemui di pantai lain.
Kesakralan semakin terasa ketika anda melihat taburan kembang setaman dan serangkaian sesajen di Batu Cinta yang terletak di dalam Puri Cepuri, tempat Panembahan senopati bertemu dengan Ratu Kidul dan membuat perjanjian. Senopati kala itu duduk bertapa di batu yang berukuran lebih besar di sebelah utara sementara Ratu Kidul menghampiri dan duduk di batu yang lebih kecil di sebelah selatan.
Tapa Senopati yang membuahkan hasil juga membuat banyak orang percaya bahwa segala jenis permintaan akan terkabul bila mau memanjatkan permohonan di dekat Batu Cinta. Tak heran, ratusan orang tak terbatas kelas dan agama kerap mendatangi kompleks ini pada hari-hari yang dianggap sakral. Ziarah ke Batu Cinta diyakini juga dapat membantu melepaskan beban berat yang ada pada diri seseorang dan menumbuhkan kembali semangat hidup.
Selain melawati Batu Cinta dan melihat prosesi labuhan, anda juga bisa berkeliling pantai dengan naik kereta kuda. Anda akan diantar menuju setiap sudut Parangkusumo, dari sisi timur ke barat. Sambil naik kereta kuda, anda dapat menikmati pemandangan hempasan ombak besar dan semilirnya angin yang menyegarkan jiwa dan hati setiap wisatawan yang berkunjung.
Alamat Pantai Parangkusumo
Pantai Parangkusumo terletak di Komplek Pantai Parangtritis, Dusun Mancingan, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta.
Akses menuju pantai parangkusumo
untuk akses menuju pantai parangkusumo ini maka yang dapat dilakukan adalah menuju pantai parangtritis yang sangat terkenal itu, kemudian menuju pantai parangkusumo yang terletak di sebelah barat dari pantai parangtritis.
Kuliner di Sekitar Pantai Parangkusumo
Setelah aktifitas dalam berwisata anda tampak melelahkan saatnya anda mengisi stamina dengan makanan dan minumam, Parangkusumo memiliki sejumlah warung yang menjajakan makanan. Banyaknya jumlah peziarah membuat wilayah pantai ini hampir selalu ramai dikunjungi, bahkan hingga malam hari. Hal tersebut dimanfaatkan warga sekitar untuk mengais rejeki dengan berdagang makanan dan minuman.

No comments:

Post a Comment