Saturday, May 27, 2017

Wana Wisata di Ungaran, Hutan yang di Jadikan Tempat Wisata

Hutan Penggaron Ungaran, Tempat untuk Menghilangkan Kejenuhan
Kawasan Wana Wisata Penggaron Terletak di wilayah administratif Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Kabupaten semarang, sekitar 2 km arah Kota Ungaran atau sekitar 18 km arah Selatan Kota Semarang. Wana Wisata ini adalah salah satu hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Masyarakat sekitar Semarang biasa memanfaatkan Wana Wisata Penggaron ini untuk berbagai aktivitas. Mulai dari olah raga, jungle tracking, outbound training, latihan SAR dan Pramuka, rekreasi, hingga penelitian dan kepentingan ilmu pengetahuan lainnya.

Wana Wisata Penggaron juga merupakan lokasi pengamatan burung (bird watching) yang cukup bagus. Selain lokasinya yang sangat dekat dengan kota, Wana Wisata Penggaron juga mempunyai koleksi hewan hidup liar terutama burung yang cukup banyak dan menarik. SBC mencatat setidaknya ada 97 spesies yang terdapat dalam wana wisata tersebut. Dengan beberapa spesies yang menarik seperti Merak Hijau, Elang Ular Bido, Kadalan Birah, Kadalan Kembang dan beberapa raptor migran.
Potensi berupa keaneka ragaman jenis burung di dalamnya serta jalur migrasi raptor dari belahan bumi utara tersebut, diharapkan mampu membuat Wana Wisata Penggaron bukan hanya dikenal sebagai hutan wisata yang biasa saja, namun juga mampu menjadi edukasi wisata (wisata alam yang berwawasan lingkungan dan pendidikan).
Di dalam area Wana Wisata juga terdapat driving range. Tanah lapang dengan rumput yang sangat hijau yang cukup luas bisa anda gunakan untuk bermain bola atau sekedar duduk duduk bersantai menikmati keheningan suasana pegunungan dan menikmati hembusan angin sore yang bisa menyejukkan jiwa.
Tidak jauh dari tanah lapang tadi juga terlihat sebuah bangunan yang cukup besar, namun kosong, sepi dan tak berpenghuni. Menambah keheningan hutan Penggaron di waktu sore. Langit sore tampak cerah warna biru langit yang dipadu dengan putihnya awan terhampar luas di langit hutan Penggaron. Pohon pinus menjulang tinggi diantara hijaunya rerumputan. Padang ilalang terhampar luas tak jauh dari lokasi Wana Wisata. Sungguh tempat yang cocok untuk melepas penat setelah berhari-hari berkecimpung dengan pekerjaan.
Alamat Wana Wisata Penggaron
Tempat yang sangat menyenangkan ini beralamatkan di Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang.
Rute Menuju Wana Wisata Penggaron
Untuk menuju ke tempat Wana Wisata Penggaron ini bila di tempuh dari arah Semarang setelah Taman Unyil maju terus, setelah Bappeda Kabupaten Semarang belok kiri, belok kiri lagi lantas belok kanan. Bisa juga setelah Mapolres Ungaran belok kiri, lurus mentok belok kiri, maju terus mentok belok kanan, setelah menyeberangi jembatan Tol Semarang Solo, untuk Wana Wisata Penggaron ini berada di sebelah kiri jalan.
Tiket Masuk Wana Wisata Penggaron
Untuk menikmati tempat yang sangat luas ini dengan pemandangan yang sangat mempesona pengunjung hanya di kenai biaya Rp 5,000 / orangnya, sunggh sangat murah sekali, sebuah bayaran yang tidak sebanding dengan kenikmatan yang bisa kita dapat di area hutan Wana Wisata Penggaron semarang.
Kawasan Wana Wisata Penggaron
Hutan Penggaron terletak di kabupaten Semarang. Bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Semarang. Petunjuk untuk menuju lokasi juga sudah terpampang dengan jelas. Kawasan Hutan Penggaron dikelola oleh Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Menurut rencana, kawasan hutan Penggaron akan dikembangankan menjadi Jateng Park. Sejenis kebun binatang dengan konsep seperti Taman Safari di Bogor dan Jatim Park di Jawa Timur. Namun belum ada kabar lagi tentang kelanjutan rencana tersebut.
Pada waktu sore biasanya tempat ini sepi hanya beberapa kendaraan yang hilir mudik di kawasan Wana Wisata. Mungkin warga yang tinggal di sekitar kawasan hutan Penggaron ini. Dan sesekali terlihat bapak-bapak mencari kayu untuk keperluan memasak di dapurnya menambah suasana lebih alami di area hutan Penggaron.

Usahakan datang mengunjungi tempat ini pada sore hari. Karena di samping Suasana hutan ketika sore akan terasa lebih sejuk dan adem, juga akan menambah kesan tersendiri bagi pengunjung. Untuk menyusuri hutan tersebut sebaiknya anda lakukan dengan berjalan kaki atau trekking. Tentu saja hal ini kalau anda suka yang namanya trekking. Karena dengan trekking anda bisa lebih menikmati sejuknya udara hutan. Selain itu, anda juga akan terasa leluasa untuk mengeksplore setiap sudut bagian hutan. Banyak lokasi yang bisa dicapai dengan berjalan kaki. Tetapi pengunjung juga bisa menggunakan sepeda, motor, bahkan mobil untuk menyusuri hutan ini. Banyak sekali jenis tanaman dan pepohonan yang tumbuh di hutan Penggaron semarang.
Hutan Penggaron sering dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, seperti camping, trekking, outbond, latihan SAR, dan untuk penelitian. Bahkan hutan Penggaron juga sering digunakan sebagai lokasi foto prewedding. Cocok untuk tempat foto preweddingdengan konsep outdoor. Terdapat beberapa tempat bermain anak-anak. Namun, tempat bermain nampak telah rusak dan tak terurus. Teman-teman Backpacker Semarang juga pernah mengadakan acara camping ceria di hutan Penggaron. Acara yang diberi nama TripHore itu dikemas dengan berbagai games, api unggun, dan trekking.

1 comment: