Thursday, May 4, 2017

pantai depok bantul, sebuah alam yang mempesona

Pantai Depok Bantul, sebuah pantai yang indah mencengangkan

Wisata Pantai Depok Jogja, memang dikenal sebagai lokasi dengan keindahan pantainya. Selebihnya, pantai ini juga terkenal akan rancangan wisata kuliner yang berberbeda dengan Pantai Slili yang terkenal akan snorkeling yang sama-sama menggoda. Bila wisatawan sudah di lokasi ini, pasti akan menemui pemandangan yang langka yaitu sederetan warung atau rumah makan yang menyediakan berbagai macam makanan aneka seafood.
Rumah makan – rumah makan tersebut sengaja dihadapkan selatan, selain pengunjung bisa menikmati makanannya, mereka juga akan dapat menikmati keindahan panaroma alam pantai depok. Sungguh asyik di pandang, bahkan asyik dilidah. Kuliner Pantai Depok Yogyakarta ini semua hidangan seafoodnya disajikan dalam keadaan segar ketika di masak. karena langsung diambil dari pantai.
Kuliner Pantai Depok umumnya disajikan dengan dimasak bila tidak dibakar yaa digoreng. jika ingin memesannya, datang saja ke tempat pelelangan ikan. Silahkan memesan ikan atau tangkapan laut lainnya yang anda inginkan. Biasanya, akan ada penjual yang kemudian mengantarkan anda menuju warung makan. Tidak perlu khawatir, harganya sangat ramah kok, seramah orang-orangnya. 1/2 kilo ikan cakalang plus minuman, dengan bonus ongkos masaknya dapat anda nikmati cukup dengan uang sekitar Rp 22.000-25.000.
Sejarah Pantai Depok Bantul
Sejarah Pantai Depok Parangtritis bermula dari pecahnya Kerajaan Majapahit. Perpecahan ini mengakibatkan prajurit melarikan diri ke sebuah tempat, dimana mereka akan mendirikan sebuah padepokan di sana. Maka diberilah nama Depok di daerah tersebut.
Depok selanjutnya dikuasai oleh Tunggul Wulung, yang saat itu memiliki anak angkat bernama Aris Baya. Anak inilah yang berperan mengelola Dusun Depok. Saat Tunggul Wulung meninggal, sehingga wilayah Depok menjadi kawasan rebutan Grogol. Sampai akhirnya terbagi menjadi dua bagian yaitu 24 ruah – nyadran Depok, dan 25 ruah – nyadran grogol.
Dikarenakan adanya otonomi daerah, Pada tahun 1947 kelurahan Sono dan kelurahan Grogol bergabung menjadi kelurahan Tirtoarjo, kelurahan Tirtoarjo inilah yang kemudian berubah menjadi kelurahan Parangtritis. Jadilah pantai Depok seramai pantai parangtritis.

Pantai Depok diadakan memang seperti untuk mengembangkan tempat pelelangan ikan dan wisata kuliner seafood. Nuansa khas warung makannya diiringi kesibukan para nelayan Pantai Depok yang sudah berkembang dari 10 tahun silam. Menurut cerita, sekitar tahun 1997, sebagian nelayan yang datang dari Cilacap menemukan tempat pendaratan yang cukup lumayan di Pantai Depok. Hasil drag bike Pantai Depok membuat para nelayan itu membawa hasil tangkapan yang cukup banyak sehingga menarik dan menggugah warga Pantai Depok untuk mencari ikan juga. 
Alamat Pantai Depok Bantul
Sesuai namanya, lokasi Pantai Depok Jogja terletak di Bantul dan termasuk kawasan wisata Bantul. Tepatnya di di Jl. Raya Pasir Putih, Sawangan, Depok. Di sana juga ada Kawasan Waterpark, sebuah taman wisata Pasir Putih Depok yang menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal dan menarik untuk dikunjungi.
Tiket Masuk ke Pantai Depok Bantul
Tiket masuk Pantai Depok Jogjakarta ini sangatlah murah meriah. Hanya dengan uang Rp. 5000 kamu dapat berkeliling sepuasnya menikmati keindahan kuliner Pantai Depok Yogyakarta itu.
Kuliner di sekitar Pantai Depok Bantul
Harga ikan di Pantai Depok pun sangat murah. Dijamin selera makan anda akan digugahkan oleh bermacam hidangan seafood yang dapat kamu cicipi semaumu. Hidangan yang paling popular juga murah ialah ikan cakalang, harganya sekitar Rp 8.000 per kilogram nya, biasanya dapat 5 sampai 6 ekor ikan. Jenis ikan lainnya yang dapat kamu nikmati adalah kakap putih lezat, ada juga kakap merah dengan harga sekitar Rp 17.000 – Rp 25.000 per kilogram.
Ada juga jenis Ikan yang harga nya cukup mahal adalah ikan bawal dihargai sebesar Rp 27.000, 00 – Rp 60.000 per kilogram. Tak hanya jenis ikan saja, wisatawan juga dapat menikmati udang, cumi-cumi dan kepiting.

Beberapa warga sekitar pantai juga menetapkan profesinya sebagai pencari ikan. Mereka menyebutnya “Tekong”. Beberapa tekong melaut dengan modal perahu bermotor yang dilengkapi cadik. Akhirnya aktivitas menangkap ikan menjadi profesi tetap mereka yang dikerjakan nyaris sepanjang tahun, kecuali pada hari-hari tertentu yang dianggap keramat, seperti Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon. Jumlah hasil tangkapan itu cukup lumayan, asal di luar musim paceklik ikan sekitar bulan Juni – September.
Dengan jumlah tangkapan yang cukup besar itulah mereka mengembangkannya dengan membuka Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) dan dilengkapi dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang dinamai Mina Bahari 45. Selain itu, Tempat pelelangan ikan ini juga menerima setoran ikan dari tangkapan nelayan di pantai-pantai lain.
Bersamaan dengan itu, semakin banyak pula pengunjung pantai yang berjarak sekitar 1,5 km. dari Parangtritis ini, oleh masyarakat sekitar memanfaatkan peluang ini dengan membuka warung makan seafood. Nuansa tradisional menjadi lirikan pertama pembuatan warung ini agar kesannya lebih bersahabat dengan masyarakat setempat.
Semakin hari semakin ramailah warung-warung tersebut hingga menjadi wisata kuliner Pantai Depok seperti yang terlihat saat ini. Bangunan warung makannya dibuat sesimpel mungkin. Dengan atap limasan, tempat duduk dibuat lesehan memakai tikar serta meja-meja kecil. Walau simpel, tetap warung makan ini memperhatikan kebersihan sehingga terlihat bersih serta nyaman.
Landasan Pantai Depok biasanya digunakan untuk kegiatan atlet. Landasan ini akan diperpanjang hingga 800 meter agar lebih menggairahkan pecinta olahraga dirgantara, juga untuk memenuhi syarat taraf nasional maupun Internasional. Dengan perpanjangan landasan ini, juga akan semakin menambah daya tarik wisatawan terutama yang terkait dirgantara.
Di sana, anda akan menemukan panorama alam yang sangat langka dan menakjubkan, yakni Gumuk Pasir. Gumuk pasir yang ada di pantai ini hanyalah satu di lokasi Asia Tenggara dan merupakan satu fenomena yang langka didapati di daerah tropis. Di sini, anda dapat nikmati hamparan pasir luas, layaknya sedang berada di gurun.
Gumuk pasir yang berada di dekat Pantai Depok terbentuk sejak berapa ribu tahun lalu melalui proses yang cukup unik. Dulu, ada bermacam jenis yang terbentuk, yakni barchan dune, comb dune, serta longitudinal dune. Sedang saat ini hanya sebagian saja yang ada, yakni barchan serta longitudinal. Angin laut dan bukit terjal di samping timur menerbangkan pasir hasil aktivitas Merapi yang mengendap di dekat sungai menuju daratan, menjadi bukit pasir atau gumuk. Sehingga banyak gambar Pantai Depok Gunung Kidul yang tersebar di media social. 
Di pantai Depok juga ada taman wisata letaknya terpencil jauh dari jalan raya utama, saat ini jalanannya sedikit berlobang kurang bagus jadi harus agak hati-hati di jalan. waterpark ini terdapat tiga kolam renang disesuaikan dengan katagori usia.
Hotel dan Penginapan di Pantai Depok Bantul
Untuk soal penginapan nggak jauh sama yang ada di pantai gunungkidul. Penginapannya kelas Melati, dengan Fasilitas satu pondok dan empat gubuk. Untuk tarifnya sekitar Rp 50.000,- s.d. Rp 200.000.
Ternyata surutnya pantai Kecil ini menjadi peluang untuk bisa snorkeling tanpa alat dan bisa melihat keindahan warna warni batu-batu karang dan beberapa biota laut yang tertinggal di darat saat air pasang.

1 comment: