Saturday, May 20, 2017

kampung pelangi di semarang yang ngehits di mancanegara

Kampung Pelangi di Semarang Sampai ke Media Internasional
Bagi kebanyakan masyarakat mempunyai kampung yang rapi dan bersih tentu dambaan semua komponen, tidak terkecuali anak kecilpun akan merasa nyaman bila hidup diatas di lingkungan yang nyaman dan bersih. Oleh sebab itulah para warga wonosari semarang menyulap kampung mereka yang dulunya di anggap kumuh menjadi kampung yang indah dan bersih, dengan hasil coretan coretan tangan para warga yang mempunyai jiwa seni yang cukup tinggi menjadikan kampung mereka menjadi kampung yang berwarna warni dan di idam-idamkan semua masyarakat, Kampung Pelangi namanya.
Bagi sebagian warga mungkin kampung berwarna-warni seperti ini bukan hal asing karena sebelumnya sudah didengar ada Kampung Jodipan di Malang dan Kampung Code di Yogyakarta. Akan tetapi beberapa minggu belakangan media-media luar negeri gemar sekali mengupas tentang kampung warna-warni yang berada di Kampung Wonosari, Kelurahan Randusari, Semarang Selatan, Jawa Tengah. Situs manshabe bahkan tidak ragu menyatakan, "Kampung Pelangi di semarang harus menjadi bagian dari kampung paling berwarna di dunia, khususnya di Indonesia."

Kalau melihat dari dalamnya, memang terlihat sekali perubahan yang terjadi pada kampung pelangi ini. Karena awalnya kampung ini terlihat sangat kumuh dan tidak tertata, akan tetapi dengan adanya seorang kepala sekolah (Slamet Widodo) (52) yang berinisiatif untuk mengubah warna kampung tersebut agar supaya jadi elegan. Dengan dibantu oleh pemerintah Kota Semarang, berjumlah 232 rumah di lokasi ini disulap menjadi lebih bernilai dan bermakna.
Proyek renovasi yang fenomenal ini sampai menghabiskan dana sekitar Rp300 juta, tidak hanya menampilkan motif, tapi di beberapa dinding juga dilukis mural dengan berbagai warna, panel polkadot, dan juga relief 3 dimensi pun ada.
Dengan penampilan yang baru serta unik, tak heran banyak pengunjung berbondong-bondong datang ke Kampung pelangi Wonosari untuk berfoto ria, serta keramahan warganya membuat pengunjung betah untuk berlama-lama.
Kalau sedang banyak pikiran serta galau, mungkin inisiatifnya hanya datang ke kampung ini yang bisa untuk meredamnya dan jadi bahagia terobati. Bukan tanpa alasan, seperti yang telah terlihat dulunya kampung ini begitu "abu-abu" dan setelah dapat sentuhan sedikit menjadi warna-warni, warga kampung sekitar tampak lebih senang.
Anak kecil warga kampung inipun banyak yang suka kalau kampungnya sekarang menjadi indah dan tidak kumuh lagi, mereka sangat senang dengan perubahan lingkungan kampung tempat tinggalnya dan menganggapnya sebagai hadiah Ramadhan bagi kampungnya. mereka juga berpendapat kalau kini kampungnya menjadi ramai.
Sekarang ini banyak yang berkunjung ke lokasi ini hanya untuk berfoto ria, karena penasaran, dan juga ingin melihat perubahan yang di tawarkan kampung, kampong pun menjadi ramai, tidak seperti dahulu yang sepi sekali.

Tidak hanya warna dalam perubahannya, kampung ini juga merubah dalam kebersihannya, terutama di bagian sungai. Warga kampung Pelangi kini amat bersemangat untuk membangun kampungnya, dalam semua kegiatan mereka sampai bergotong-royong demi menjaga kebersihan kampung.
Semangat warga Kampung Wonosari mengajarkan kita untuk mencintai lingkungan tempat tinggal kita sendiri dengan membuatnya menjadi indah, nyaman, dan bersih. Walikota Semarang Hendrar Prihadi juga mengatakan, "Proyek ini akan mendorong warga untuk terlibat dalam pengembangan tempat tinggalnya."
Alamat Kampung Pelangi Semarang
Kampong Pelangi yang indah ini berada di Kampung Wonosari, Kelurahan Randusari, Semarang Selatan, Jawa tengah.
Kampung Pelangi di Jawa Tengah kini jadi pusat perhatian dunia. Media-media internasional memberitakan pesona Kampung Pelangi yang terletak di Kampung Wonosari di Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Banyak yang kagum atas keindahan kampung yang awalnya permukiman kumuh di pinggir sungai ini. Lebih-lebih, kampong tersebut bisa menjadi destinasi wisata yang instagrammable abis. Di mana ada tempat yang instagrammable maka tempat itu akan cepat ngehits dan jadi pemberitaan di media sosial.
Kampung Pelangi Semarang kini jadi pembicaraan oleh banyak orang karena keindahan warna warni kampungnya. Tak cuma media lokal, bahkan media asing pun ramai-ramai memberitakan kampung pelangi ini. Nah penasaran dengan keindahan kampung pelangi? Mari kita ramai ramai berkujung ke kampuong pelangi.
Penginspirasi Perubahan Kampung Pelangi
Adalah Slamet Widodo, seorang kepala sekolah yang mempunyai inspirasi kampung bantaran sungai ini menjadi berwarna warni seperti ini. Sebuah inspirasi yang ia temukan dari beberapa kampung bantaran sungai seperti Code di Jogja atau Jodipan di Malang
Kampung pelangi telah menghidupkan kembali nafas kehidupan masyarakat bantaran kali yang sebelumnya identik dengan kemiskinan. Keindahannya tidak cuma untuk pengunjung yang datang, tapi juga memberikan pundi-pundi penghidupan untuk mereka warga kampung yang telah gigih berjuang. Berjuang untuk perubahan yang mencerahkan kampung pelangi mereka.

1 comment: