Saturday, May 27, 2017

Curug Benowo, Keindahan Tersembunyi di Lereng Gunung Ungaran

Curug Benowo, Air Terjun Indah di Lereng Gunung Ungaran
Semarang adalah sebagian kota yang cukup terkenal dengan wisata yang berbau alami, karena kota ini berada di lereng gunung ungaran. Memang lereng gunung atau bahkan gunungnya sendiri selalu menyajikan berbagai tempat yang indah yang pantas untuk di jadikan tempat berpariwisata bersama keluarga, tak terkecuali di ungaran. Ungaran juga mempunyai berbagai macam wisata alam yang bisa di jelajahi oleh para pengunjung dan wisatawan yang datang ke kota ini. Dari sekian banyak destinasi yang dapat di pilih oleh para pelancong. Salah satu di antaranya yaitu Curug Lawe dan Curug Benowo, yaitu sebuah air terjun yang menyimpan ke indahan yang cukup luar biasa yang terdapat di kota lumpia Semarang.

Berada di satu sisi lereng gunung Ungaran, Curug Benowo merupakan salah satu air terjun yang bisa dibilang masih alami, air terjun ini menyajikan pemandangan yang sangat menawan. Lebih Tepatnya berada di Desa Kalisidi lah air terjun ini keberadaanya, ikut Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.
Dalam bahasa jawa curug berarti air terjun. Dahulu kala pesona keindahan air terjun ini benar benar tidak di ketahui masyarakat luas, juga medan jalan yang benar benar sulit membuat syurga ini semakin terasingkan, namun sedikit demi sedikit tampaknya sudah mulai dibuatkan jalan yang semakin memudahkan para pecinta petualangan. Meski sudah relatif mudah, namun tetap jauh dari tempat parkir kendaraan. Tetapi jauhnya tempat ini akan terbayar saat sampai di lokasi air terjun, dengan pemandangan yang menawan. Tidak jauh dari Curug Benowo yang indah ini juga terdapat curug lainnya, yaitu Curug Lawe yang tak kalah indahnya.
Sejarah Sebuah Nama Curug Lawe
Ternyata keindahan yang di miliki oleh Curug Benowo ada tandinganya, seperti keindahan yang di miliki Curug Lawe, Curug Lawe ini masih dalam satu luang lingkup dengan Curug Benowo.
Curug Lawe dan Curug Benowo adalah sebuah air terjun yang masih dalam satu kawasan dan keduanya masih terjaga akan ke aslian alamnya. Ketika berkunjung di air terjun ini, setiap pengunjung akan menemukan berbagai hal yang sangat menarik. Karena pemandangannya sangat istimewa nan indah di dukung dengan suasana lingkungan yang sejuk menyegarkan, angin yang sejuk membuat siapa saja datang akan terpana dengan keindahan alamnya.
Nama dari Curug Lawe sendiri, di ambil dari sebuah kata bahasa jawa yang berarti “selawe” atau di dalam bahasa indonesia di artikan ( 25) dua puluh lima buah. Konon dahulu kala, jumlah air terjun yang berada disini berjumlah 25 buah, baik itu air terjun yang kecil, maupun yang besar sekalipun.
Jika wisatawan yang budiman ingin mengunjungi tempat yang popular di Semarang ini, maka akan sedikit memerlukan usaha yang ekstra untuk menggapainya. Perjalanan yang akan anda lalui akan melewati berbagai macam trek tanjakan dan turunan yang sudah di mulai sejak dari pintu masuk di depan pos utama tadi. Walaupun perjalanan yang harus di lakukan untuk sampai di tempat tujuan itu, bagi sebagian orang cukup memberikan kesan yang melelahkan, namun semuanya akan terbayar lunas ketika sudah mencapai tempat air terjun Benowo.

Selama perjalanan para wisatawan akan selalu di suguhkan oleh banyaknya hal-hal serta pemandangan yang bisa menyejukkan mata, Perpaduan warna antara hijau dedaunan, serta dengan warna coklat dari ranting dan batang pohon, akan membuat sebuah lukisan alami.
Perpaduan warna tersebut, menjadi tampak sempurna dengan tambahan embusan angin yang begitu memberikan ketentraman jiwa. Bukan cuma itu saja, para pengunjung juga akan bisa merasakan sensasi yang begitu luar bisa dari aroma ke alamian pegunungan.
Setelah menelusuri sungai irigasi, selanjutnya wisatawan akan melewati jembatan yang terbuat dari besi. Jembatan ini membentang dari ujung ke ujung lainya dan melewati sungai irigasi tersebut.  Berada di area ini pengunjung dapat melakukan sedikit berfoto-foto ria untuk mengabadikan momen yang begitu indah dengan background pemandangan yang indah juga yang terdapat di sana.
kemudian setelah para wisatawan melewati jembatan besi ini tadi, maka saatnya akan menemukan sebuah percabangan jalan, jika anda mengikuti jalan yang satu maka akan sampai ke area Curug Benowo dan jika mengikuti yang satunya lagi anda akan sampai ke Curug Lawe.
Alamat  Curug Benowo Semarang
Lokasi dari Curug Benowo ini beralamatkan di sekitar kawasan daerah Gunung Ungaran. Secara administratif berada di Gunung Pati. Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.
Rute Menuju Curug Benowo
Untuk menuju ke Curug Benowo. Dari arah alun alun Ungaran mengambil jalan ke arah Gunungpati, sesampai pada gapura “Selamat datang Kampus Unnes Sekarang Gunungpati” sekitar 1.700m lagi, pada sisi kanan jalan akan ditemui Makam Darul Mukminin Siplaosan Sumurgunung, nah dari sini ambil jalan yang belok kiri masuk Jalan Dukuh Sumur Gunung. Terus saja, dan makin jauh makin berbatu jalan serta bergelombang, cukup banyak papan tanda lokasi menuju Curug Benowo. Sampai lokasi posko tempat dimana kendaraan diparkir, untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Dari sini perjalanan jalan kaki selama kurang lebih 2 hingga 3 jam tergantung kecepatan jalan. Jika kesulitan bisa minta penduduk setempat untuk jadi pemandu. Wisata alamnya, nuansanya benar benar alami, jalan yang jauh namun pemandangan sekitar sangat luar biasa indah.
Beberapa saat setelah anda melewati jalan setapak di pinggiran sungai tersebut. Maka selanjutnya para wisatawan akan mendengar suara-suara gemericik air terjun, yang begitu sejuk dan terdengar alami. Sekaligus menjadi tanda bahwa tempat yang akan di tuju sudah tidak jauh lagi.
Tiket Masuk Curug Lawe dan Curug Benowo
Untuk biaya masuk ke tempat wisata alam yang indah ini pengunjung di haruskan membayar tiket Rp 4,000 / orang, mungkin bisa menjadi penghibur tersendiri bagi orang yang menikmatinya.
Lalu untuk parkir kendaraan roda dua sebesar Rp.2.000/motor. Sedangkan untuk kedaraan roda empat adalah Rp.5.000/mobil.

1 comment: