Thursday, May 11, 2017

pantai morosari, surga milik demak yang tersembunyi

Pantai Morosari, Keindahan Kota Demak yang Tersembunyi
Pantai Mor / Morosari itu lah nama yang disandang pantai yang terletak di Kecamatan Sayung, yaitu daerah yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Lebih tepatnya di desa Bedono, kira – kira 3,5 dari jalan raya Semarang – Demak km 9. Pantai Morosari dikenal sebagai wisata bahari unggulan di Kabupaten Demak. Di tempat ini, para wisatawan dapat menikmati panorama alam yang sangat indah, terutama lagi saat sunset atau terbenamnya matahari.

Pantai Morosari, sebuah wilayah pesisir di Timur Laut Sayung Demak, yang diresmikan sebagai objek wisata sejak masa Bupati Endang Setyaningdiah.
Kebanyakan masyarakat sekitar Pantai Morosari aktifitasnya adalah melaut (miyang), itu pun mayoritas yang melakukannya hanya warga yang tenaganya masih kuat, sedangkan warga yang sudah udzur atau sudah separuh baya mereka memilih beralih profesi dengan cara menarik perahu mereka untuk para wisatawan (ojek perahu), itu pun dilakukan setelah tempat wisata Pantai Morosari di resmikan oleh bupati demak pada waktu itu.
Mayoritas pengunjung adalah anak muda yang ingin bercengkrama dengan pasangan maupun teman temannya sambil menikmati panorama pantai.
Jarak tempuh dari Stasiun Tawang, Bandara Ahmad Yani, Terminal Terboyo Semarang yang hanya sekitar 15 menit ditambah akses menuju lokasi wisata ini sangat bagus, jalan beton sepanjang 3 km yang mulus dan tak terputus menghubungkan pantura dengan Pantai Mor harusnya mampu menarik pengunjung dari luar daerah.

Hanya mungkin perlu di publikasikan lagi agar bisa mempengaruhi animo para wisatawan untuk mau menjadikan Pantai Mor sebagai salah satu destinasi wisata alam bahari di waktu luangnya.
Wisata Religi di Pantai Morosari sayung demak
Di dekat Pantai morosari ini pula, para pengunjung dapat melakukan wisata religi yaitu berziarah ke makam salah satu ulama besar di daerah sekitar Demak, Syech Mudzakir. Syech Mudzakir adalah salah satu ulama penyebar agama Islam di daerah pesisir pantai Sayung Demak. Makam beliau terletak di daerah pesisir Morosari Sayung. Makam ini mempunyai keistimewaan dan keunikan, yaitu pada letaknya yang berada di tengah laut namun tidak pernah tenggelam meskipun saat air laut pasang.
Sebelum menuju Makam Syech Mudzakir, pengunjung akan dimanjakan dengan view hutan mangrove yang asri lengkap dengan hampir seratus ribu ekor spesies burung blekok atau bangau atau Ardeola Spesiosa. Di hutan ini sudah dilengkapi pula dengan mangrove track. Perjalanan bisa ditempuh melalui jalur darat maupun jalur laut. Sudah tersedia pula kapal motor yang dapat membawa peziarah menuju ke makam sekaligus menikmati suasana laut.
Ojek Perahu di Pantai Morosari
Tarif ojek perahu di Pantai Mor sangat terjangkau, untuk rute Pantai Mor ke Makam dan hutan Mangrove yang bisa ditempuh dalam waktu 30 menit, pelancong hanya perlu merogoh kocek Rp 15.000/ penumpang.
Di sisi lain, para wisatawan akan menjumpai aktivitas para pengunjung lain, biasanya para bapak bapak setengah baya yang berselempang sarung akan  mendatangi para wisatawan lokal. Mereka adalah para tukang ojek perahu yang sedang menawarkan jasanya. “Monggo, praon teng Makam Mbah Mudzakir atau hutan mangrove. Ongkose murah lho pak / bu / Mas / mbak. Tiyang setunggal namung (15 ewu) (Mari naik perahu ke Makam Mbah Mudzakir atau hutan mangrove. Ongkonya murah lho Bapak, Ibu, Mas dan Mbah. Satu penumpangnya hanya Rp 15.000 ),” ajak mereka bersemangat.

Mereka, para pengojek perahu yang rata rata berusia separuh baya hanya mengandalkan jasa  yang berkenan disewa oleh para pelancong. Pekerjaan ini mereka tekuni setelah vitalitas tak bersahabat lagi semenjak usia bertambah tua.
Di Pantai Morosari memang baru ada beberapa perahu ojek yang menjadi satu satunya alat transportasi menuju objek wisata di seputar Sayung (pantai morosari, hutan mangrove, makam syekh Mudzakir dan lain lain). Itupun belum ada kelompok paguyubannya. Mereka hanya berinisiatif sendiri.
Fasilitas yang bisa di nikmati di Pantai Morosari sayung demak
Pantai Morosari  terletak di Sayung Kabupaten Demak 20 km sebelah timur kota Semarang.Pantai ini dikelola oleh perumda Demak. Memang tak setenar pantai2 lainya namun bisa di pertimbangkan untuk di kunjungi. Pemandangan alami yang menakjubkan coba ditawarkan pantai ini. Didukung dengan sejumlah permainan air, seperti jetski, speedboat, perahu naga, kayak kano dan becak air, pantai ini mencoba mengajak pengunjung untuk menikmatinya. Selain itu tersedia juga kuliner di restoran yang berdiri di dalam kawasan objek wisata tersebut.
Kuliner di Pantai Morosari sayung demak
Setelah selesai berziarah dan berjalan- jalan di hutan mangrove, pengunjung bisa mencicipi hidangan olahan laut di warung apung pantai Morosari. Warung ini menyajikan berbagai menu makanan dan minuman bahkan cemilan ringan atau snack.

1 comment: