Wednesday, May 24, 2017

Air Terjun Kalipancur, Menatap Keindahan Pemandangan Pegunungan

Air Terjun Kalipancur, Keindahan Alam Semarang
Keindahan alam yang di miliki Semarang memang selalu menyajikan yang terbaik untuk mata para pengunjung, terlebih yang berada di daerah pegunungan selalu dan selalu memperlihatkan kualitasnya sebagai tempat wisata yang bertaraf nasional, tidak terkecuali tempat wisata alam Air Terjun Kalipancur Semarang.
Air Terjun Kalipancur adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang paling terkenal untuk kategori tempat wisata alam. Air Terjun Kali Pancur yang berlokasi di Desa Nogosaren, kopeng, air terjun ini mempunyai ketinggian air terjun sekitar 150 meter , dihiasi bebatuan alam yang ditumbuhi pepohonan hijau, dan memiliki beberapa goa walet. Sebelum anda datang berkunjung ke tempat wisata Air Terjun Kali Pancur ini, disarankan untuk menyiapkan terlebih dahulu daya tahan tubuh anda dan istirahatlah yang cukup karena anda akan melewati sekitar 900 anak tangga yang cukup melelahkan, itu semua di lakukan hanya untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur mempunyai ketinggian sekitar 150 meter, berada di punggungan Gunung Telomoyo yang mengarah langsung ke Danau Rawa Pening Ambarawa. Di sepanjang punggungan gunung tersebut selain terdapat air terjun yang indah juga mempunyai banyak sekali tebing batu andesit berketinggian bervariasi mulai dari 20 meter hingga 100 meter. Di tempat gunung ini pula banyak para pecinta alam yang melakukan aktifitas ekstrim panjat tebing dengan kemiringan hampir 90 derajat. Selain dihiasi bebatuan alam serta beberapa tumbuh tumbuhan perintis, tebing air terjun tersebut juga ternyata dipenuhi goa kecil tempat bersarangnya burung walet.
Hampir di sepanjang turunan anak tangga, pengunjung akan selalu mendengar suara gemercik air pegunungan yang mengalir di samping anak tangga tadi, tentunya dengan pemandangan alam yang amat menakjubkan, dengan ketinggian air terjun sekitar 150 meter tadi tentunya suaranya akan menimbulkan ketentraman jiwa dan pasti hawanya y sejuk menyegarkan. Selain dihiasi relief bebatuan alam juga pepohonan yang rindang menambah suasana semakin hening dan mengesankan sekali. Setelah menikmati keindahan alam Air Terjun Kali Pancur ini sebaiknya anda menyimpan tenaganya sedikit, karena untuk kembali pulang pengunjung harus menyusuri lagi satu per satu anak tangga yang menanjak tadi yang jumlahnya sampai ratusan.
tempat wisata alam ini cocok sekali buat hunting fotografi, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mempererat tali kasih sayang sebuah pasangan. Terbukti di lokasi ini banyak sekali pemuda pemudi sedang memadu kasih dengan pasangannya, duduk berdua di sepanjang anak tangga sampai dasar tempat berlabuhnya air terjun, mereka berduaan sambil menikmati pemandangan yang indah serta menghirup angin yang masih segar tanpa terkontaminasi dengan polusi.

Alamat Air Terjun Kali Pancur
Objek wisata yang satu ini berada di lereng gunung Telomoyo tepatnya berada di desa Nagosaren, Getasan, Kopeng, Semarang, Jawa Tengah.
Rute Menuju ke Air Terjun Kali Pancur
Untuk menuju kelokasi wisata alam air terjun Kalipancur ini bukanlah hal yang sulit karena obyek wisata yang indah ini berada satu arah menuju ke Ketep Pass. Jika wisatawan dari jalur lingkar Salatiga. Dari jalur lingkar Salatiga masuk menuju ke arah Kopeng, lurus terus hingga bertemu dengan pom bensin mini, Kemudian masuk ke jalan di sebelah kanan pom bensin. Kemudian lanjutkan sebentar saja sampai anda bertemu dengan pertigaan ( ada petunjuk arah menuju ke Kalipancur ) kemudian belok kanan, lurus terus sampai ketemu perempatan ( nanti ada petunjuk arahnya juga ) belok kanan. Maka anda akan sampai ke lokasi air terjun Kalipancur. Untuk bisa sampai kemari kita bisa menggunakan mobil atau sepeda motor.
Tiket Masuk dan Parkir di Air Terjun Kali Pancur
Untuk masalah biaya yang di rekomendasikan cukup terjangkau yakni pada hari Minggu tiket masuk + parkir sepeda motor hanya Rp.6.000 / 2 orang, dan kalau pengunjung hendak menitipkan helm di tambah biaya lagi sebesar Rp.1.000 / unit.
Untuk lokasi parkir di air terjun kalipancur ini pun cukup luas dan dibagi menjadi 2 bagian. Yang pertama ada yang berlokasi dibangunan yang terdapat atapnya dan yang kedua berada di lapangan terbuka. Ini semua terserah pengunjung mau memarkirkan kendaraannya di mana. 
Disarankan bagi anda untuk memiliki fisik yang stabil dan membawa bekal makanan untuk berkunjung ke air terjun ini, karena track yang penuh tanjakan akan selalu anda temui saat menuju lokasi air terjun kalipancur. Namun begitu kondisi jalan menuju ait terjun ini mempunyai jalan yang sudah disemen dan baik, jadi memudahkan anda saat berjalan dan tidak tersesat untuk menuju ke air terjun Kalipancur.

No comments:

Post a Comment