Monday, May 8, 2017

pantai Sepanjang, Pantai indah di yogyakarta yang menyerupai pantai Kuta di Bali

Pantai Terpanjang di Yogyakarta yang Masih Asri
Pantai sepanjang masih merupakan garis pantai selatan yang terletak di selatan propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, lebih tepatnya berada di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, letaknya tidak jauh dari Pantai Baron dan berada diantara Pantai Kukup dan Pantai Drini. Diberi nama pantai sepanjang karena memang hamparan pantai ini panjang sekali dan mungkin yang terpanjang diantara pantai pantai yang ada di Gunungkidul.
Pantai Sepanjang ini belum lama dibuka sebagai tempat wisata untuk umum jadi masih belum banyak yang mengunjunginya kalau dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di Kabupaten GunungKidul. Makanya keindahan dan keasriannya bahkan ke alamiannya juga masih sangat terjaga dan kalau kita amati dengan seksama seperti gambaran pantai Kuta di Bali di masa lalu yang masih sepi. Dan untuk jalan masuk ke lokasi ini juga belum terlalu bagus hanya berupa jalan padas karena pengelolaannya belum maksimal. Namun demikian keindahan dan keelokkan pantai ini tidak kalah asyik dari pantai pantai yang lain.

Keindahan sudah terasa ketika anda berada di bibir pantai yang masih bersih dan terlihat hijau oleh tanaman Palem dan juga ada beberapa tempat yang lain yang oleh warga sekitar digunakan untuk bercocok tanam seperti menanam kedelai, jagung dan lain lain, karena penduduk sekitar tidak ada yang melaut karena kondisi pantai yang sangat landai
Bahkan banyak investor yang sudah mulai melirik tempat ini, ada beberapa tempat yang sudah dibeli tanahnya untuk dijadikan villa yang harapannya nanti bisa untuk menginap para pengunjung yang ingin lebih lama menikmati suasana dan keindahan pantai sepanjang.
Ketika air surut, di bibir pantai akan tampak cekungan – cekungan karang dimana dapat kita temukan aneka biota laut, ada berbagai jenis kerang, bulu babi, gangang laut, rumput laut, bintang laut, dan landak laut. Pada saat seperti inilah biasanya para penduduk setempat menggunakannya untuk mencari rumput laut yang nantinya diolah untuk kebutuhan sendiri atau dijual.
Dipantai ini sebenarnya juga ditemukan situs sejarah, namun memang belum terekspos ke media karena kondisi yang seperti ini apabila kita tidak bertanya kepada penduduk sekitar maka kita tidak akan mengeatahuinya. Nama situs tersebut adalah Situs Banyusepuh.
Setelah puas menikmati hamparan pantai pastilah kita mencari sesuatu yang dapat dibawa pulang dan dijadikan sebagai kenang-kenangan dan bahkan bisa dijadikan bukti kalau kita pernah berkunjung ke Pantai sepanjang ini. Tidak perlu bersusah payah kita mencarinya sendiri, sebab para warga sekitar telah menawarkan hasil kerajinan mereka yang luar biasa bagusnya walaupun dengan pengerjaan yang sangat sederhana namun menghasilkan produk seni yang cukup tinggi nilainya. Hanya dengan kerang-kerangan, atau bahan yang didapat disepanjang pantai ini mereka dapat membuat kerajinan yang sangat bervariasi yang dapat menjadi hasil khas Pantai Sepanjang, dan dapat menghasilkan pundi pundi uang.

Pantai yang Menyerupai Pantai Kuta di Bali
Konon Pantai Sepanjang ini saudara kembarnya Pantai Kuta di Bali.
Pantai Sepanjang memiliki karakteristik yang mirip dengan Pantai Kuta di Bali. Selain punya garis pantai yang panjang, pasir putih juga terhampar memenuhi pinggiran pantai. Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta sembari menggelar tikar dan menikmati hangatnya sinar matahari. Ajak juga keluarga, teman atau rekan bisnis untuk makan siang, bermain voli pantai atau sekedar bersenda gurau di bibir pantai.
Menurut beberapa sumber, pemberian kata "Sepanjang" disebabkan pantai ini memiliki garis pantai terpanjang diantara pantai-pantai di Kabupaten Gunung Kidul.
Beberapa gubuk beratap daun kering berdiri di beberapa sudut. Angin kencang meniup pasir dan pinggiran daun. Ujungnya melambai-lambai seperti sedang berdansa. Para pengunjung dapat asyik bermain-main di tepi pantai. Anda juga mencari lokasi yang tepat untuk berfoto guna mengabadikan momen di pantai indah mempesona yang konon mirip Pantai Kuta itu.
Matahari yang semakin menampakkan sinarnya malah membuat pemandangan semakin jelas indahannya, hal tersebut justru semakin menyenangkan para pengunjung bersemangat untuk bermain-main di pinggir pantai.
Jika Anda hendak berwisata kemari, tetaplah berhati-hati. Pantai selatan yang indah tetap menyimpan bahaya karena gelombang pasang yang kerap datang tidak menentu. Bahaya lainnya berupa sengatan ubur-ubur yang hidup di dekat karang.
Alamat Pantai Pantai Sepanjang Gunungkidul
Pantai Sepanjang ini berada di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
Rute Menuju Pantai Sepanjang
Lokasi Pantai Sepanjang lumayan jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Jaraknya kurang lebih 65 Kilometer dengan waktu tempuh antara 1 sampai 2 jam perjalanan. Untuk sampai ke lokasi ini, jika Anda berangkat dari Kota Yogyakarta, cari jalan menuju Piyungan –> Patuk –> Wonosari –> Jl. Baron –> Kemadang –> Pertigaan pantai Baro ke timur –> Pantai Kukup ketimur –> Pantai Sepanjang.
Hotel Terdekat Pantai Sepanjang
Disebelah barat ada satu lokasi untuk kedepan dibangun sebuah villa namun hingga saat ini belum terealisasi. Namun jika Anda berasal dari luar kota dan masih ada keinginan menikmati tempat tempat wisata lain di Yogyakarta dan mungkin disarankan untuk menginap di Hotel Ibis Malioboro atau Whiz Hotel.

No comments:

Post a Comment