Wednesday, May 10, 2017

wisata alam hutan mangrove di demak yang sangat keren

Demak Punya Wisata Alam Berupa Hutan Mangrove yang Sangat Menakjubkan
Demak merupakan salah satu kota yang berada di Pesisir pantai jawa makanya  daerah ini memiliki pantai yang cukup panjang. Oleh karenanya ada satu daerah yang mengelola pantai untuk dikembangkan sebagai obyek wisata Bahari. Salah satunya adalah Pantai Morosari yang berada di kecamatan Sayung. Pantai ini dulunya adalah sebuah pedesaan  yang cukup padat penduduknya dan masuk dalam wilayah desa Bedono. Namun karena adanya abrasi yang terus menerus menggerus lingkungan desa maka ratusan rumah hilang diterjang ombak.

Untuk memulihkan kondisi tersebut maka para warga pada puluhan tahun yang lalu di desa ini di tanami tanaman mangrove agar laju dari abrasi berhenti atau berkurang. Mangrove yang ditanam tersebut pada waktu kini telah menjadi hutan hutan kecil, namun untuk niat awal yaitu menghentikan laju abrasi bisa dikatakan sedikit gagal karena air laju laut yang semakin masuk kedesa bahkan sampai beberapa desa di sekitar tempat tersebut dipaksakan untuk pindah. Tetapi tanaman mangrove yang ditanam tadi akhirnya membentuk hutan-hutan mangrove kecil yang cukup indah dipandang dan mempesonai. Selain itu banyak pula burung-burung liar yang bersarang di hutan ini.
Akhirnya pemerintah kabupaten Demak lewat Dinas Pariwisata dan Perusda Anwusa mengembangkan pantai ini sebagai obyek wisata alam pantai andalan. Selain bisa melihat rimbunnya tanaman mangrove dengan cara berjalan kaki melewati jembatan kayu panjang yang di sediakan pihak pengelola, wisatawan juga bisa menikmati indahnya hutan mangrove ini dengan naik perahu yang anda sewa dari penduduk sekitar.
Di sekitar Obyek wisata ini juga terdapat wisata religi dengan makam yang terapung di tengah laut, yaitu makam Syekh KH Abdullah Mudzakir, beliau adalah salah satu tokoh penyebar agama Islam di desa itu. Makam ini cukup unik karena selamat dari gerusan abrasi. Sedangkan ratusan rumah sekitar roboh ditinggalkan penghuninya. Setiap hari makam ini menjadi tempat berziarah warga setempat juga para wisatawan luar kota.
Oleh karena itu selain pengunjung bisa menikmati pemandangan hutan mangrove yang indah yang juga di penuhi ratusan bahkan ribuan burung (blekok sawah) juga disuguhi pemandangan laut lepas dengan air yang berwarna biru sepanjang mata memandang, deburan ombak serta hutan mangrove yang menghijau. Pengunjung juga disuguhi akan sisa-sisa bangunan rumah, jalan, jembatan   di dukuh Morosari yang terkena abrasi laut.

Banyak pengalaman yang akan anda dapatkan ketika berkunjung ke tempat wisata hutan mangrove ini. Sedikit tambahan daerah ini merupakan bekas perkampungan yang tenggelam akibat abrasi. Di tempat ini pula, hidup kawanan burung bangau dan hewan bekantan, dan yang pasti ada pantai luas membentang di hadapan para pengunjung.
Jangan kira di Kabupaten Demak tidak mempunyai keindahan alam. Di Desa Bedono Kecamatan Sayung Demak terdapat Hutan Mangrove Morosari yang menyimpan sejuta keindahan.
Alamat dan Rute menuju ke Hutan Mangrove Demak
Hutan mangrove ini terletak di Desa Bedono, Kecamatan Sayung - Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Persisnya dari jalan Raya Semarang - Demak Km. 9 pada saat sampai di jembatan Sayung dari arah Semarang menuju Demak beloklah kekiri dan kemudian anda harus menyusuri kali sepanjang hampir 3 km kearah laut. Setelah itu anda akan sampai di tempat wisata tujuan anda yang sangat indah.
Disitu lah pantai morosari berada. selama perjalanan ke Wisata Morosari pengunjung akan di suguhkan suasana tambak ikan bandeng yang begitu luas.

Fasilitas yang ditawarkan adalah:
1. Resto terapung yang menyediakan masakan laut dengan bumbu khas balijawa, seperti Udang, kakap, gurame, Cumi-cumi, Kepiting, Paket paus, Paket Hiu, Paket Lumba dengan harga terjangkau.
Jika anda berkunjung ke lokasi ini, anda akan disambut dengan rimbunnya hutan mangrove yang begitu indah dan pada waktu anda ingin moment yang sangat romantis usahakan anda datang ke tempat ini, karena tempat ini sangat sejuk karena banyak pepohonan dan cocok dijadikan tempat untuk ber- selfie.
Di tempat ini anda juga bisa menikmati pemandangan sunset dengan nuansa semilir angin laut yang sepoi sepoi dipinggir laut, disampingnya berupa pemandangan hutan yang masih asri dan ditemani dengan sejuknya udara pantai morosari. Disini juga akan anda nikmati ratusan bangau putih yang bertengger di atas pepohona hutan maupun beterbangan disekitar pantai.

No comments:

Post a Comment