Saturday, May 27, 2017

curug Lawe, alam indah yang tersembunyi di lereng gunung ungaran

Curug Lawe di Lereng Gunung Ungaran
Ungaran masih termasuk dalam wilayah kabupaten Semarang adalah sebuah kota yang mungkin sebagian orang hanya sebagai kota lintas yang akan atau sesudah dari kota Semarang. Jangan salah, Kota Ungaran memiliki banyak destinasi wisata yang tak kalah indah dari kota-kota lain disekitarnya. Karena terdapat banyak perbukitan dan gunung disana, destinasi pegunungan merupakan salah satu destinasi yang ditonjolkan di daerah ini. Selain candi Gedong songo dan Umbul Sidomukti, Ungaran ternyata mempunyai destinasi wisata yang terpendam dan keindahanya sayang kalau tidak untuk di kupas dan tidak di kunjungi. Curug Lawe bisa menjadi pelengkap keindahan destinasi wisata Kota Ungaran saat ini.

Keindahan di Air Terjun Curug Lawe
Curug Lawe adalah daerah yang masih dalam kawasan Gunung Ungaran di Kabupaten Semarang. Curug ini berada di tengah tengah hutan ungaran jawa tengah di wilayah perkebunan cengkeh, dilereng pegunungan dan di dalam hutan yang masih terjaga keasliannya. Curug Lawe ini merupakan salah satu hulu dari kali banjir kanal timur atau Kali Garang Di Semarang. Nama Curug Lawe menurut cerita konon diambil dari jumlah air terjun yang ada di lokasi ini baik dari yang besar sampai yang terkecil semua berjumlah 25 buah, dalam bahasa jawa berarti (selawe).
Perlu sedikit perjuangan memang untuk sampai ke air Terjun yang sempurna ini. Dari pos pintu masuk, pengunjung sudah diajak untuk berjalan melewati trek trek pegunungan yang sedikit sulit naik turun. Tetapi dalam perjalanan yang kebanyakan orang menganggap cukup melelahkan ini, tetapi bagi sebagiannya lagi justru akan terasa menantang, disepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhkan pemandangan perpaduan warna dedaunan yang hijau subur dan coklatnya kayu yang sedang basah terkena embun bahkan kena hujan yang turun.
Perpaduan yang sempurna tadi membuat suasana menjadi sedikit segar walau terkadang terik matahari menyengat sampai menembus diantara dedaunan yang rindang. Sebagai perjalanan awal, pengunjung akan menyusuri sungai irigasi buatan dan berbatasan dengan jurang yang menjadi jalur air bersih mengaliri sawah-sawah warga diarea tersebut. Setelah menyusuri sungai irigasi, pengunjung akan sampai di tanan lapang milik perhutani ungaran jawa tengah dan akan melewati sebuah jembatan besi yang juga berfungsi sebagai jembatan air irigasi yang berada dibawahnya. Jangan lupa untuk berfoto di jembatan ini, karena pemandangan jembatan ini sangat mengagumkan. Setelah dari jembatan, pengunjung akan menemukan percabangan jalan yang menunjuk ke arah Curug dan sampai lah anda berada di Curug Lawe. 
Masih dalam satu wilayah dengan Curug Lawe ini ada sebuah pemandangan yang indah berupa air terjun yang bernama Curug Benowo, dan Biasanya para wisatawan terlebih dahulu memilih untuk ke Curug Benowo ini, tidak tahu dengan alasa apa namun sama indahnya. Dari percabangan akan menempuh perjalanan sekitar 1 jam dengan melewati beberapa tanjakan, jembatan kayu dan sungai yang airnya begitu jernih sepertinya menggoda para wisatawan untuk segera menceburkan diri. Dari kejauhan searah dengan sungai, Curug Benowo akan nampak indahnya dengan derasnya air yang jatuh dari atas.

Setelah puas menikmati keindahan dan berbasah basahan di Curug Benowo. Perjalanan anda harus berlanjut ke Curug Lawe. Dengan menempuh sekitar 30 menit atau sekitar 1 km melewati rute tanpa harus kembali ke percabangan jalan tadi. Rute yang dilewati berupa jalan setapak berpasir yang basah dan menyusuri sungai yang dangkal. Sepanjang sungai yang dipenuhi dengan batang kayu yang hanyut menambah kesan kealamian. Setelah melewati sungai, suara gemericik Air Terjun Curug Lawe sudah terdengar pertanda tidak jauh lagi anda akan sampai di Curug Lawe.
Keindahan Curug Lawe sangatlah mempesona. Air Terjun utama yang cukup tinggi dan sekitarnya terdapat air terjun yang berukuran lebih kecil nampak sejuk dimata. Curug Lawe berada di tebing bebatuan yang melingkar dan semua dinding batu dilintasi oleh air terjun nampak seperti dekorasi alam yang eksotik. Disekitar sungai dibawahnya berserakan kayu dari pepohonan yang mati dan terbawa oleh air terjun. Jadi walaupun anda bersama keluarga sedang bersenang-senang dibawah air terjun tersebut, anda harus tetap berwaspada dan hati hati.
Alamat Air Terjun Lawe Semarang
Curug Benowo dan Curug Lawe berlokasi di kawasan Gunung Ungaran yang secara administratif terletak di Gunung Pati, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah
Rute Menuju ke Air Terjun Lawe Semarang
Berjarak 12 km dari kota Semarang atau 7 km dari kota Ungaran. Dari Ungaran (alun-alun) mengambil arah ke Mapagan melalui jalan tembus arah ke Boja. Sesampainya di Boja ambil belokan ke kiri di desa Sumur Gunung. Selanjutnya dari pertigaan Sumur Gunung tersebut diteruskan ke arah selatan hingga perkebunan cengkeh zanzibar sekitar 3 kilometera dengan kondisi jalan menanjak. Sesampai di perkebunan ini bagi yang membawa kendaraan dapat memarkirkan kendaraannya di dekat perkampungan.
Tiket Masuk ke Air Terjun Lawe
Bagi pengunjung yang hendak menikmati Air Terjun yang indah ini maka akan di kenai biaya yang sangat murah hanya Rp 4,000 / orangnya. Denga duit segitu anda bisa mendapatkan pemandangan yang sangat mempesona.
Fasilitas dan Akomodasi di Air Terjun Lawe
Fasilitas di area curug masih terbilang sangat minim karena mungkin tidak di kelola dengan baik, padahal kalau mau mengelola dengan baik pasti bisa menjadi tempat wisata yang sangat mengangkat martabat buat daerahnya, hanya ada satu toilet di area wisata. Disarankan untuk mempersiapkan bekal dan keperluan pribadi selama berkunjung ke area curug Lawe, karena tidak terdapat warung makanan. Untuk masalah penginapan bisa mencari di Kota Ungaran.

1 comment: