Friday, April 28, 2017

pantai krakal gunungkidul, surganya pecinta alam

Pantai Krakal Jogja, Kenikmatan Surfing di Pantai Selatan

Pantai Krakal Jogja adalah salah satu dari sekian banyak deretan pantai indah di pantai selatan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai yang berada satu lokasi dengan pantai indah lainnya seperti pantai Sadranan, Sundak, Indrayanti ini tidak hanya memiliki keindahan alam pantai yang indah mempesona namun juga mempunyai koleksi biota laut yang sangat bervariatif. Pada awal bulan di musim kemarau biasanya akan banyak bermunculan beragam ikan yang bermacam macam dan bersamaan dengan munculnya lumut seperti ikan Damselfish, Butterflyfish, Bestum, Pogat, Tiger dan jenis ikan menarik lainnya.
Kenikmatan di Pantai Krakal
Selain bermain pasir putih dan ombak, ada beberapa aktivitas wisata lain yang bisa Anda nikmati di pantai Krakal yang sangat mempesona antara lain:
Melihat ikan di sela-sela bebatuan karang
Rugi banget kalau sudah jauh-jauh datang ke pantai Krakal ini anda tidak melihat lucunya ikan yang bermacam macam warnanya sedang berenang hilir mudik, mencari ikan di sela-sela bebatuan karang adalah aktifitas yang sangat menyenangkan. Selain ikan pengunjung juga bisa melihat biota laut lainnya seperti landak laut, bintang laut dan lain sebagainya.

Surfing
Surfing adalah salah satu aktivitas menarik yang bisa pengunjung lakukan di pantai Krakal ini. Tingkat kesulitan ombak bisa dibilang menengah dengan arah arus ke kanan dan ke kiri dan terkadang stop sejenak. Sehingga pada waktu ombak berhenti bisa kita jadikan waktu yang tepat untuk memposisikan diri sebelum ombak terbentuk. Namun untuk surfing di pantai Krakal kita harus membawa papan surf sendiri karena di sana belum ada tempat penyewaan papan selancar.
Mendaki batu karang
Pantai Krakal memiliki dua batu karang besar yang memisahkan pantai ini dengan pantai sebelahnya. Kita bisa naik ke atas dengan melalui jalur yang sudah disediakan oleh penduduk lokal menuju Gazebo yang memang di sediakan bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai krakal ini dari atas.
Alamat Lokasi Pantai Krakal
Lokasi atau alamat Pantai Krakal terletak di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah – Istimewa - Yogyakarta.
Rute Menuju Pantai Krakal
Dari pusat kota jogja arahkan kendaraan anda ke perempatan jalan Wonosari ring-road timur Jogja, kecuali jika anda datang dari arah Solo, maka anda bisa langsung memotong dengan berbelok ke arah selatan di pertigaan yang terdapat tepat di sebelah selatan Candi Prambanan. Kemudian langsunglah menuju kota Wonosari yang berjarak sekitar 32 km.
Setelah sampai di kota Wonosari, tepatnya setelah melewati alun-alun Wonosari, belokanlah kendaraan ke kanan dan akan melewati desa Kemandang ke arah pantai Krakal (terdapat tanda petunjuk untuk belok ke kanan). Kondisi jalan cukup bagus, hanya saja jalur ini memiliki banyak tikungan dan melewati perbukitan batu gamping Gunung Kidul. Panjang rute ini dari Wonosari sampai pantai Krakal adalah sekitar 23 km. Sebelum memasuki kawasan pantai, terdapat loket masuk kawasan pantai Gunungkidul. Setelah melewati loket ini, anda akan bertemu dengan pertigaan, untuk menuju pantai Krakal belokan ke arah kiri, sedangkan yang ke arah kanan adalah jalan menuju pantai Baron.
Tiket Masuk ke Pantai Krakal Gunungkidul
Loket masuk di kawasan pantai Gunungkidul ini biasa mulai dijaga dari pukul 08.00 pagi. Tidak ada tiket khusus untuk masuk ke pantai Krakal karena begitu melewati loket masuk utama, maka pengunjung bisa bebas berwisata di pantai manapun yang anda suka termasuk pantai Krakal. Adapun harga tiket masuk ke kawasan wisata pantai di kabupaten Gunungkidul ini adalah sebesar Rp.4.000,-/orang (hari biasa) dan Rp.5.000,- (hari libur).

Hotel atau Penginapan di Pantai Krakal
Anda tidak usah bingung dalam mencari hotel atau penginapan di pantai Krakal karena di kawasan obyek wisata pantai Krakal ini sudah banyak sekali terdapat hotel atau penginapan. Jika pengunjung tidak dapat menemukan penginapan di dekat pantai Krakal karena sudah penuh, pengunjung dapat mencarinya di dekat pantai Sadranan atau yang lebih banyak lagi di area lokasi pantai Indrayanti. Harganya pun bervariasi, dari mulai Rp.50.000,- pada hari biasa hingga Rp.500.000,- pada hari libur dan tentunya tergantung tipe penginapan dan fasilitas yang disediakan.
pengunjungpun dapat mem-booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “wonosari”.
Kuliner di Pantai Krakal
Di area lokasi pantai Krakal terdapat warung makan yang menjajakan menu makanan dengan menu ikan laut atau menu dengan lauk lainnya. Kuliner yang wajib di coba di pantai Krakal adalah rempeyek yang terbuat dari Umbal, yaitu binatang laut yang menempel pada bebatuan karang.
Fasilitas Toilet Umum
Warga atau penduduk lokal juga menyediakan toilet atau kamar mandi umum bagi para pengunjung dengan donasi seperti pada umumnya.
 Tips berwisata di Pantai Krakal Gunungkidul
Jika anda berencana untuk beraktifitas di atas bebatuan karang untuk mencari ikan atau sekedar melihat kehidupan biota di dalam air, sebaiknya anda jangan lupa membawa sandal jepit atau jika perlu memakai sepatu bot, karena batu karang yang terdapat di pantai ini sangat tajam. Warga sekitar biasa menggunakan sandal dari ban bekas agar leluasa dalam mencari spot untuk memancing ikan.
Berhati-hatilah dengan bebatuan karang yang terdapat di bibir pantai, ataupun binatang laut yang berbahaya seperti landak laut dan ubur-ubur jika anda berencana berselancar karena bisa saja akan membahayakan para pesalancar.

1 comment: