Thursday, May 4, 2017

keunikan dan keindahan Pantai Sadeng di wonosari yogyakarta

Panorama Keindahan dan Sejarah Pantai Sadeng di Wonosari
Pantai Sadeng yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta, adalah satu dari sekian banyak pantai indah yang ada di yogyakarta. Pantai Sadeng berbeda dari pantai kebanyakan karena pantai ini  mempunyai sejarahnya yang unik dan langka. Selain menjadi destinasi yang menawarkan suasana pantai yang indah dan mengagumkan, ada juga kepercayaan bahwa dahulunya pantai ini adalah muara Sungai Bengawan Solo purba yang mengalir ke arah selatan. Kepercayaan tersebut muncul disertai pula dengan bukti-bukti yang masih bisa ditemukan hingga saat ini. Dari bukti tersebut, terlihat bahwa Sungai Bengawan Solo Purba yang mengalir tenang ke sebelah utara Jawa pernah bermuara di Pantai Sadeng.

Sejarah Pantai Sadeng Wonosari
Sungai Bengawan Solo Purba yang mengalir ke arah Pantai Selatan itu diperkirakan terjadi kurang lebih sekitar 4 juta tahun yang lalu. Sampai akhirnya, aliran tersebut berbalik arah ke utara Laut Jawa yaitu ketika lempeng Australia mulai menghujam di bawah Pulau Jawa yang akhirnya menyebabkan dataran Pulau Jawa terangkat. Terangkatnya dataran ini menyebabkan arus Sungai Bengawan Solo Purba menjadi tidak bisa melewati jalur yang ada. Jalur semula Bengawan Solo Purba ini akhirnya hanyalah tinggal jejak yang berupa perbukitan kapur di dekat Pantai Sadeng. Meskipun begitu, sisa aliran sungai Bengawan Solo purba ini menjadi jejak geologi yang sangat berharga untuk digunakn sebagai objek penelitian.
Banyak hal di sepanjang perjalanan menuju Pantai Sadeng yang dapat wisatawan nikmati, salah satunya adalah keindahan pemandangan Telaga Suling. Telaga Suling ini merupakan telaga yang diyakini sebagai sisa genangan air Sungai Bengawan Solo Purba. Jalur sisa aliran air Sungai Bengawan Solo Purba ini akan terlihat setelah anda memasuki kota kecamatan Girisubo. Bila anda ingin menikmatinya usahakan berjalandengan perlahan lahan bahkan sesekali berhenti sebentar di tepi jalan untuk melihat pemandangan Telaga Suling. Secara perlahan, amati dan nikmati sisa aliran Sungai Bengawan Solo Purba yangsekarang berubah menjadi Telaga Suling.
Disitu, akan terlihat dengan jelas dua buah perbukitan kapur memanjang, yang di tengahnya terdapat sebuah lembah. Semula, tempat itu merupakan jalur aliran dan dasar dari Sungai Bengawan Solo purba. Namun, sekarang ini lembah tersebut digunakan warga sebagai tempat bercocok tanam palawija karena tanahnya yang subur. Totalnya panjang lembah tadi sepanjang 7 km, berbelok ke arah utara hingga memasuki wilayah Pracimantoro yang berada di Kabupaten Wonogiri. Kalau anda mengikutinya, akan bertemu Bengawan Solo dan lokasi pembalikan arah bengawan solo. Sementara, muara dari Sungai Bengawan Solo Purba sekarang ini berada di pantai sebelah timur yang sekarang dimanfaatkan sebagai pelabuhan perikanan.
Awal cerita berkembangnya pelabuhan di Pantai Sadeng ini dimulai pada sekitar tahun 1983. Ketika itu ada serombongan nelayan yang berasal dari Gombong Jawa Tengah, yang berlabuh di pantai ini. Kemudian mereka memutuskan untuk menetap dan bertahan hidup dari hasil tangkapan laut di Pantai Sadeng. Karena hasil tangkapan yang diperoleh para nelayan semakin berlimpah maka semakin banyak yang bertahan disini. Puncaknya adalah ketika pada tahun 1986 didirikan sebuah pelelangan ikan dan dibangun juga mercusuar untuk mendukung aktivitas nelayan sekitar.
Selain tempat wisata pantai Sadeng juga menjadi penggerak ekonomi masyarakat sekitar. Sebagian pantai memang dimanfaatkan sebagai salah satu pelabuhan perikanan di Yogyakarta. Menariknya lagi, ini adalah salah satu pelabuhan ikan yang paling maju di Yogyakarta. Lebih sering dikenal dengan sebutan Pangkalan Pendaratan Ikan ( PPI ). Aktifitas yang terlihat sehari – hari di pelabuhan ini begitu hidup. Di tempat ini terlihat banyak perahu motor berukuran besar, rumah pondokan, pelelangan ikan dan koperasi, hingga terminal pengisian bahan bakar untuk Kapal Nelayan.

Selain menikmati keindahan sekitar Pantai Sadeng, cobalah untuk berkeliling di sekitar pelabuhan. Amati aktivitas sehari – hari warga yang terjadi di pelabuhan dekat Pantai Sadeng ini. Akan sering dijumpai beberapa nelayan sedang membersihkan perahu, membawa ikan hasil tangkapan ke tempat pelelangan ikan, hingga menggiling es batu yang digunakan untuk mengawetkan dan membuat ikan tetap segar. Tidak jarang pula terlihat ibu-ibu yang sedang mengasuh anak di pondokan sekitar pantai melengkapi betapa harmonisnya suasana sekitar Pantai Sadeng.
Alamat Pantai Sadeng Wonosari
Pantai Sadeng terletak di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak sekitar 50 Km dari Wonosari. Koordinat GPS - lokasi: S8°11'31" E110°47'45". Lokasi berada di ujung Timur dari deretan wisata pantai Gunungkidul.
Pantai Sadeng ini adalah sebuah bukti nyata proses evolusi, mulai dari sisa – sisa sungai Bengawan Solo purba yang sekarang berubah menjadi ladang penghasilan masyarakat sekitar. Hingga cerita perkembangan sebuah desa nelayan kecil menjadi Pelabuhan perikanan yang ramai dan salah satu yang terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, jadi mungkin tempat wisata Pantai Sadeng ini menjadi tujuan destinasi wisata anda selanjutnya.
Rute Menuju Pantai Sadeng Wonosari
Rute Pantai Sadeng dari Jogja:
Jogja - Piyungan - Patuk - Sambipitu - Lanud TNI AU Gading - Siyono - Wonosari - Semanu - Rongkop - Girisubo - Desa Pucung Girisubo - Pantai Sadeng
Tenang saja, Pantai Sadeng tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta kok. Pantai ini lokasinya berada di Desa Songbanyu dan Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya sekitar 46 km dari Wonosari atau sekitar 80 km dari pusat kota Yogyakarta.
Tiket Masuk ke Pantai Sadeng
Dengan harga tiket masuk menuju Pantai Sadeng yang cukup murah, yaitu Rp5.000 per orang, ternyata fasilitas di sekitar pantai cukup lengkap. Karena sekitar pantai ini adalah sebuah pantai pelabuhan yang aktif, fasilitas seperti tempat parkir yang luas, kamar mandi, warung kelontong, warung makan yang menyediakan berbagai masakan seafood banyak tersedia. Pokoknya, fasilitas di Pantai Sadeng ini lengkap.

1 comment:

  1. Mainkan Segala jenis games judi online bersama Agen Terbesar BOLAVITA
    Daftarkan diri anda dan teman anda bersama BOLAVITA

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    whatup : +6281377055002
    Wechat : Bolavita
    Line : Cs_bolavita
    BBM: D8C363CA

    ReplyDelete