Saturday, May 20, 2017

Candi Tugu di semarang, konon menjadi tapal batas dua kerajaan

candi tugu di semarang yang sunyi menyadi tempat memadu kasih
Seharusnya Negara yang besar itu tidak pernah melupakan dengan yang namanya sejarah. Apapun bentuknya benda peninggalan sejarah tersebut itu sangat penting nilainya di mata suatu Negara.
Salah satu benda peninggalan sejarah kuno di Kota Semarang adalah Monumen Tugurejo. Oleh masyarakat sekitar lokasi ini, situs ini sering disebut dengan Candi Tugu. 

Menurut cerita yang beredar, monumen tersebut merupakan salah satu benda peninggalan purbakala yang menjadi tapal batas Kerajaan Majapahit di Jawa Timur dan Pajajaran di Jawa Barat. Candi Tugu tersebut berlokasi di Jalan Walisongo Km 10 Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, lebih tepatnya berada di sekitar 300 meter arah barat RSUD Dr Adhyatma. Tidak ada papan petunjuk jalan yanag akan memandu pengunjung untuk sampai di lokasi ini. 
Akses jalannya hanya berupa jalan kampung. Situs tersebut berada di atas bukit dengan candi yang menghadap ke barat. Untuk sampai ke atas yang merupakan lokasi candi pengunjung harus melalui kurang lebih 65 anak tangga. Terdapat lima bangunan yang berupa candi terdapat di kawasan Candi Tugu ini, yaitu Tugu Tapal Batas, Candi utama, sepasang candi pintu gerbang, dan gua semedi. 
Jika dilihat dari tulisan prasasti yang ada, yang bertuliskan dalam bahasa Belanda dan bahasa Jawa beraksara Jawa menyatakan bahwa Candi Tugu tersebut didirikan kembali oleh Dinas Purbakala pada 1938. Pemugaran ini dilaksanakan atas usulan ahli sejarah berkebangsaan Belanda J Knebel.  Memungkinkan bahwa bangunan candi tersebut dulunya sudah pernah rusak atau terbengkalai dan tidak terawat.
Pada tahun 1980, Pemerintahan Kotamadya Semarang melakukan pemugaran lagi situs purbakala ini, sampai akhirnya waktu itu menjadi lokasi yang sangat diminati para pelancong. Tidak hanya tugu dan bangunan candinya yang memukau, pemandangan dari atas bukit tersebut juga tidak kalah indah. Dari atas bukit tempat Candi Tugu berdiri, pengunjung bisa melihat pemandangan ke arah pantai utara Laut Jawa, jalur kereta api di pantai utara Jawa, jalan raya Mangkang- Ngaliyan yang merupakan bagian dari jalur pantura. Juga bisa melihat penataan sebagian wilayah Kota Semarang yang terletak di pantai utara. Sungguh sebuah panorama unik yang sulit ditemukan di tempat lain.
Sayang seribu sayang kondisi Candi Tugu saat ini sedikit memprihatinkan, bahkan cenderung tidak terurus. Banyak coret coretan menghiasi sepanjang tangga menuju lokasi candi. 
Sampai candi dan tugu tapal batas pun tidak lepas dari coretan tangan tangan iseng orang orang yang tak bertanggung jawab. Bahkan sering pula terlihat pengunjung di lokasi candi terlihat banyak muda-mudi yang dimabuk asmara memanfaatkan kesunyian tempat situs ini untuk memadu kasih. Sejumlah pasangan pada umumnya masih muda dan cenderung masih sekolah menengah atas bahkan tak jarang siswa siswi sekolah menengah tingkat pertama juga ikut ikutan. 

sering juga terlihat sejumlah remaja yang sedang asyik minum-minuman keras. Menjelang senja, anak-anak Tugurejo juga memanfaatkan kawasan Candi Tugu untuk bermain.
Selain kesan kesan di atas tadi, situs ini juga pernah dimanfaatkan untuk tempat syuting video klip atau foto prewedding. Kesadaran warga sekitar sebenarnya sudah mulai muncul guna mengembalikan Candi Tugu sebagai aset negara yang bisa menjadi kebanggaan nasional serta bisa memperkokoh kesadaran jati diri bangsa. 
Menurut pernyataan warga sekitar, sebenarnya warga sekitar sudah ada upaya untuk melestarikan situs ini, kegiatan yang dilakukan warga adalah dengan mengadakan bersih bersih dan berbagai pagelaran budaya. “Tahun 2010 kemaren pernah dilakukan bersih bersih”  Namun sayang, bertahun tahun setelahnya tidak melakukan hal seperti itu lagi sehingga kondisi Candi Tugu kembali tidak terurus. Sebenarnya yang mempunyai peran penting adalah pemerintah dalam pelestarian situs Tugu, dan di bantu warga sekitar tentunya. Sayangnya perhatian dari pemerintah masih kurang dalam pelestarian situs peninggalan purbakala jaman kuno tersebut.
Alamat Candi Tugu semarang
Candi Tugu ini berlokasi di Jalan Walisongo Km 10 Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, lebih pasnya berada di sekitar 300 meter arah barat RSUD Dr Adhyatma.
Candi Tugu semestinya bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata bersejarah. Selain hal itu letaknya yang di atas bukit juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana wisata alam. Semua itu bisa dimanfaatkan agar eksistensi dari situs Tugurejo tetap terjaga. 
Selain itu, pengembangan bangunan dari Candi Tugu ini mungkin bisa juga dimanfaatkan untuk menumbuh kembangkan kesadaran dari masyarakat luas agar selalu menjaga dan merawat benda peninggalan sejarah bangsa. 
Rute menuju Candi Tugu semarang
Akses jalannya hanya berupa jalan kampung. Situs tersebut berada di atas bukit dengan candi yang menghadap ke barat. Untuk sampai ke atas yang merupakan lokasi candi pengunjung harus melalui kurang lebih 65 anak tangga.

1 comment: