Saturday, May 20, 2017

memukaunya arsitekturnya bangunan Klenteng Tay Kak Sei di Semarang

Klenteng Tay Kak Sei Kemegahanya Menyerupai Sam Po Kong Semarang
Klenteng Sam Poo Kong di Semarang memang terkenal akan kecantikanya dan kemegahan bangunannya. Namun selain itu, di semarang ternyata juga terdapat Klenteng Tay Kak Sie yang tak kalah cantik dan bahkan di gadang gadangkan lebih memukau.

pada umunya para wisatawan yang berkunjung ke Semarang hanya mampir ke Klenteng Sam Poo Kong, mareka tidak tahu padahal masih terdapat satu klenteng lain lagi yang tidak kalah indahnya, yaitu Klenteng Tay Kak Sei. Klenteng ini terletak di Gang Lombok yang berlokasi tidak jauh dari Pecinan Semarang, berdirilah bangunan Klenteng Tay Kak Sie yang tidak kalah megah.
Bangunan Klenteng Tay Kak Sei ini kalau dilihat dari luar, memang sedikit lebih kecil bila di bandingkan dengan klenteng Sam Po Kong, namun kalau dari segi keindahan dan kemegahanya bangunan Klenteng Tai kak Sei tidak kalah telak dengan Sam Po Kong, bahkan ada yang mengatakan kalau soal keindahan arsitekturnya dan detil bangunan klenteng Tay kak Sei sedikit lebih memukau dan mempesona.
Ornamen patung naga berwarna merah dengan detil yang bagus tampak menghiasi Klenteng Tay Kak Sie. Dari luar pun tampak jelas ruangan dalam klenteng yang didominasi oleh patung dewa hingga lilin dan tempat dupa. 
Sejarah Berdirinya Klenteng Tay Kak Sie di Semarang
Sejarah berdirinya klenteng Tay kak Sei di semarang, ceritanya dahulu kaum Tionghoa Semarang yang bermukim di Pecinan dan Kota Lama merasa sangat sulit untuk beribadah sembahyang. Sedangkan Klenteng Sam Poo Kong atau yang sering disebut Klenteng Gedung Batu di Simongan jaraknya cukup jauh.
Kemudian ada inisiatif dari seorang saudagar Tionghoa kaya bernama Khouw Ping mencarikan sebuah solusi. Kemudian pada tahun 1724 dia membangun rumah pemujaan yang diberi nama Kwan Im Ting. Namun karena bangunan pertama ini berukuran kecil sedangkan jamaatnya semakin membludak, maka akhirnya tempat ibadah tersebut dipindahkan ke kebun cabe yang sekarang ini menjadi Gang Lombok.
Maka berdirilah bangunan yang megah dan elegan Klenteng Tay Kak Sie pada tahun 1746 dan masih berdiri hingga kini juga masih berfungsi sebagai tempat ibadah. Patung laksamana Cheng Ho yang berukuran sedikit lebih kecil juga menghiasi depan dari bangunan klenteng Tay Kak Sei yang menyerupai patung yang terdapat di klenteng Sam Po Kong.
Pada hari hari tertentu atau menjelang Imlek, Klenteng Tay Kak Sie mengadakan upacara keagamaan seperti kebiasaanya yang bisa sampai menarik para wisatawan untuk datang menghadiri. Tidak lupa juga diadakan pentas kesenian hingga pertunjukan barongsai.
Tidak jauh dari Klenteng Tay Kak Sei tersebut terdapat toko kuliner Semarang yang legendaris, toko lumpia. Semarang memang terkenal dengan sebutan kota khas kuliner Lumpianya, jadi tak heran kalau banyak yang menjual jajanan lumpia di kota ini. Saking populernya toko lumpia di gang lombok tersebut, lumpia Gang Lombok ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.
Alamat Klenteng Tay Kak Sei di Semarang

Bangunan Klenteng Tay kak Sei ini berada di Gang Lombok yang tidak jauh dari Pecinan Semarang.
Sangat menggagumkan melihat keberagaman budaya di indonesia. Ini merupakan salah satu klenteng dari sekian klenteng yang terdapat di semarang. Letaknya di daerah pecinan ( china town ) nya semarang. Bila anda berada di semarang sekiranya ada sedikit waktu luang berkunjunglah ketempat ini. Sekitar klenteng juga banyak kuliner khas semarang yang bisa anda nikmati setelah melihat keindahan bangunan megah Klenteng Tay Kak Sei.
Disudut gang Lombok yaitu klenteng Tay Kak Sie berdiri masih megah seperti sejak dahulu kala. Warna warni klenteng ini sungguh menyayat hati. Biru kombinadi merah.Kuning mengikat hitam. Semua warna tersebut seolah memberikan makna nyanyian bersama sama. Klenteng Tay Kak Sie merupakan salah satu klenteng tertua di kota semarang, makanya wajib untuk dikunjungi para wisatawan yang ingin tahu lebih luas tentang perkembangan dari jaman dulu hingga sekarang.
Di sarankan untuk mengikuti aturan yang ada serta meminta ijin untuk mengabadikan semua kegiatan yang anda lakukan ketika di dalam klenteng. Klenteng ini merupakan pusat peribadatan dan terletak dekat dengan tempat makanan lumpia terenak di Semarang.
Tempat bangunan klenteng Tay Kak Sei ini mempunyai lokasi parkir yang cukup luas, jadi hampir semua kendaraan pengunjung bisa masuk di area parkiran klenteng Tay Kak Sei,
Kuliner di sekitar Klenteng Tay Kak Sei Semarang
Kota semarang terkenal dengan makanan kuliner yang bernama Lumpia, tak ayal di tempat yang sangat ramai pasti banyak yang ingin menjual makanan dan minuman. Seperti halnya di tempat wisata klenteng Tay Kak Sei yang sangat ramai pengunjung, makanya banyak sekali para pedangang yang ingin mengais rejeki dengan membangun toko di sekitaran klenteng Tay Kak Sei. Dari sekian banyak toko lumpia, ada satu yang menjadi sorotan para pelancong, dan katanya toko lumpia ini menjadi toko yang tertua di semarang.

1 comment: