Tuesday, June 27, 2017

Simpang Enam Demak, Wisata Yang Lagi Ngehits di Demak

Alun alun Depan Masjid Agung Demak Menjadi Simpang Enam Demak
Simpang Enam Demak adalah salah satu lokasi yang menjadi tujuan para pecinta suasana romantis, maka dari itulah tempat ini selalu penuh di kunjungi oleh pemuda pemudi yang ingin menghabiskan waktu libur bersama teman dan keluarga dan bahkan alun alun kepunyaan demak ini sudah menjadi ikon bagi kota wali tersebut.
Kemudahan akses menuju tempat ini serta banyaknya souvenir yang di jajakan serta berbagai tempat kuliner di sekitar kawasan alun alun membuat Simpang Enam Demak menjadi tempat wisata yang banyak di datangi oleh pemuda pemudi serta keberadaannya di jantung kota atau pusat keramaian di kota Demak membuat lokasi ini semakin banyak di gemari masyarakat.
Di Simpang Enam Demak ini berada di lapangan besar yang sangat strategis, saat senja mulai datang saat itulah tempat alun alun Simpang Enam ini mulai tampak ramai di kunjungi oleh masyarakat sekitar untuk menghabiskan waktu malam bersama kekasih, keindahan alun alun Simpang Enam Demak ini akan sangat terlihat ketika malam tiba, suasana romantis nya membuat semua pengunjung terbuai di padu dengan lampu lampu yang menghiasi pinggir jalan pantura yang berlafadhkan asmaul husna (nama nama Allah yang berjumlah 99) menjadikan alun alun ini semakin tampak menawan.

Bukan hanya ramai di kunjungi warga sekitar untuk menghabiskan malam minggu dan hari libur, tetapi alun alun Simpang Enam Demak juga ternyata sering dijadikan tempat berlangsungnya kegiatan islami seperti pengajian akbar HAUL Raden Fatah, Istighosah dan lain lain sebagainya.
Keberadaanya yang berada di pusat kota demak membuat lokasi ini semakin ramai pengunjung, di tambah lagi keberadaanya pas di depan Masjid Agung Demak yang melegenda sampai Nusantara, serta dekat dengan makam dari pemimpin pertama kerajaan Demak Bintoro membuat alun alun ini semakin banyak di kunjungi wisatawan.
Masjid Agung Demak
Sejarah mencatatkan bahwa alun alun ini berada di depan masjid agung yang merupakan pusat kota Demak dan masjid ini menjadi tempat berkumpulnya para wali yang juga disebut wali songo. Dibangun pada masa kekuasaan Raden Fatah pada abad ke-15, secara politik masjid agung ini menjadi pusat pemerintahan pada waktu itu, mulai dari ibadah, mengatur strategi perang bahkan sampai hal belajar mengajar.
Secara arsitekturalnya, Masjid Agung Demak memiliki ukuran dan ciri khas seperti yang di miliki kerajaan Majapahit, dan juga memiliki keunikan tersendiri. Sedikitnya ada empat keunikan Masjid Agung Demak, yakni sebagai berikut:
1. Saka Tatal
2. Atap Berundak Tiga
3. Lawang Bledeg
4. Kolam Wudlu
Museum Masjid Agung
Museum Masjid Agung Demak adalah sebuah museum yang terletak di dalam kompleks Masjid Agung Demak, terdapat di lingkungan alun-alun kota Demak. Museum ini buka tiap hari mulai dari hari Senin hingga Minggu pada jam kerja. Museum ini menyimpan berbagai barang peninggalan Masjid Agung Demak. Jumlah koleksi benda bersejarah di museum ini mencapai lebih dari 60 koleksi benda-benda bersejarah Masjid Agung Demak, bahkan benda zaman Kerajaan Majapahit hingga Kesultanan Demak Bintoro.
Kuliner dan Souvenir di Simpang Enam Demak
Untuk urusan perut ketika berada di lokasi Simpang Enam Demak ini anda dan keluarga tidak usah khawatir karena semua jajanan berbentuk apapun baik yang berjenis makanan ringan maupun makanan berat semua tersedia di lokasi ini.
Keramaian Simpang Enam Demak ini dapat anda temui ketika malam hari terutama hari sabtu sore atau malam minggu, serta hari minggu pagi di lokasi alun alun Simpang Enam ini banyak orang yang menghabiskan waktu untuk melakukan Car Free Day dan juga bisa berolah raga lari lari kecil mengelilingi alun alun bersama keluarga maupun sahabat dekat. Sementara itu berbagai souvenir, alat sekolah sampai alat rumah tangga, sandal sampai hiasan rambut, semuanya juga dijual di area alun-alun Simpang Enam Demak.
Alamat alun alun Simpang Enam Demak
Alun alun Simpang Enam Demak ini berada di depan Masjid Agung Demak yang merupakan pusat kota Demak, yakni di jalan sultan fatah, kelurahan Bintoro / kauman, kecamatan Demak, provinsi jawa tengah.
Rute Menuju alun alun Simpang Enam Demak
Sedangkan akses yang dapat anda lakukan untuk menuju Simpang Enam Demak sangat mudah, apabila anda memulai perjalanan dari semarang maka langsung saja menuju jalan yang akan mengantarkan anda menuju Surabaya, sebelum sampai di lokasi anda akan menemukan lampu merah, teruskan saja setelah anda melihat lampu merah tersebut. Jaran dari lampu merah tadi ke Simpang Enam sekitar 3 km saja. Setelah itu anda akan menemukan alun alun yang sangat luas dan indah yang bertuliskan Simpang Enam Demak, itu pertanda anda sudah sampai di tujuan anda yaitu Simpang Enam Demak. Karena alun alun ini pas di depan Masjid Agung Demak.

No comments:

Post a Comment