Monday, May 15, 2017

gumuk pasir di pantai morodemak, fenomena alam yang langka

Pantai Morodemak yang Semakin Diburu Para Pelancong
Fenomena alam memang selalu menimbulkan mata orang yang melihatnya akan terbelalak kagum / kaget, dan tak jarang akan menimbulkan kesan yang mendalam, tak terkecuali fenomena yang terjadi di daerah pantai di demak lebih tepatnya terjadi di Morodemak, kecamatan Bonang, Kabupaten Demak. Munculnya gumuk atau gundukan pasir (sand dune) di wilayah pesisir Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Morodemak Desa Purworejo Kecamatan Bonang, dan ini mulai di perhatikan warga, dan mulai mengundang perhatian para pecinta pemandangan alam apalagi pemandangan yang sangat unik dan langka. Warga setempat tertarik menjadikan gumuk sebagai lahan rekreasi baru dan juga yang pasti murah.
Munculnya Gumuk Pasir tersebut merupakan kejadian alam yang langka dan jarang terjadi di daerah tropis, khususnya di Kabupaten Demak. Lokasi kejadian alam langka atau gumuk ini muncul di muara sungai Tuntang Lama yang bertemu dengan perairan pantai Bonang.

Menurut tokoh masyarakat Desa Purworejo H Ismail, sudah sejak belasan tahun kemaren gumuk pasir muncul di lokasi dekat pelabuhan. “Kemungkinan sekitar tahun 2000, awalnya gumuk belum begitu luas, namun sekarang hingga 2.000 meter persegi,” ungkap Ismail, selaku tokoh masyarakat.
Warga sekitar atau pelancong luar sering mengunjungi gumuk tersebut untuk melihat pemandangan yang sangat langka dan unik ini, apalagi kalau mengunjungi tempat tersebut pada waktu sore menjelang malam, anda akan dapat memanjakan mata anda dengan pemandangan yang sangat mempesona yaitu langit yang berwarna kuning keemasan berkolaborasi dengan birunya warna langit yang ada di sekitarnya, karena sunset di lokasi ini sangat jelas dan terang, disamping berada di laut lepas juga karena memang pantai ini posisinya menghadap ke barat, jadi sangat cocok untuk menikmati pemandangan sunset yang sangat fenomenal.
Di lokasi laut itu, sebagian pengunjung juga bisa melakukan aktifitas seperti memancing ikan, duduk duduk di pinggir pantai sambil berfoto bersama keluarga, atau jalan jalan menikmati semilirnya angin laut jawa yang sejuk.
GUMUK PASIR MORODEMAK, LOKASI WISATA BARU YANG LANGKA
Usahakan datang pada saat pagi hari sehingga sinar matahari tak terlalu terik, dan juga biar waktu untuk menikmati fenomena alam ini bisa lebih lama dan merasa puas. 
Dalam perkembangannya, gumuk pasir ini cukup menarik minat para pengunjung, selain berekreasi sekaligus untuk mengenalkan kepada anak-anak akan udara laut yang mengandung unsur kesehatan. Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) (Heru Budiono) mengakui kemunculan gumuk pasir mengundang perhatian warga. Banyak pengunjung berwisata di lokasi gumuk, bahkan beberapa pedagang kerap menjajakan makanan dan minuman dilengkapi dengan tenda, untuk menyediakan para pengunjung yang mungkin sudah merasa lapar dan haus biar tidak jauh jauh untuk mencari minuman dan makanan
Heru menambahkan, gumuk pasir tersebut sebenarnya tanah labil dan bukan tanah timbul (akresi). “Gumuk muncul karena ombak laut yang selalu membawa material pasir hingga menumpuk bertahun-tahun. Karena lapisan pasir sangat tebal, pengunjung yang berdiri di atasnya tak merasakan pergerakan pasir,” ungkapnya.
Namun lapisan pasir di atas akan tergerus ombak, ketika arah gelombang laut berubah-ubah. Ketika ditanya untuk didirikan bangunan, Heru tak berani mengatakan bisa, karena posisi gumuk yang labil dan tidak padat, kurang baik untuk pondasi.

Tetapi Heru setuju bila lokasi gumuk sebagai ajang wisata laut, namun harus ada petugas yang selalu mengawasinya terkait keselamatan pengunjung serta pelestarian gumuk tersebut. Karena lokasi gumuk berada di laut dalam.
Pantai Morodemak ini bisa di katakana sebagai destinasi wisata yang baru dan semakin banyak dikunjungi para wisatawan. Hal tersebut terlihat dengan adanya kunjungan berbagai rombongan wisata baik dari SD, SMP bahkan sampai PAUD pun juga mengadakan rombongan ke pantai morodemak yang terdapat gumuk pasir, untuk mengenalkan kepada mereka tentang hal tersebut.
Sesekali akan ada rombongan anak-anak beserta guru pembimbingnya jalan-jalan menikmati keindahan pemandangan di pelabuhan perikanan pantai Morodemak. Untuk sampai di lokasi tersebut wistawan harus menyewa perahu nelayan untuk jalan-jalan ke tengah laut serta ke pantai Morodemak.
ALAMAT WISATA BARU PANTAI MORODEMAK
Pantai morodemak yang terdapat gumuk pasirnya ini bertempat di desa purworejo, morodemak, kecamatan Bonang, kabupaten Demak, jawa tengah.
RUTE MENUJU WISATA PANTAI MORODEMAK
Bila anda mulai dari semarang maka yang perlu anda lakukan adalah melajukan kendaraan anda menuju demak dan sesampainya di stadion pancasila beloklah kekiri dan menuju makam pahlawan yang ada di desa mangunjiwan / kalicilik, setelah itu anda belok ke kiri lagi dan lurus saja dan ikuti jalan tersebut sampai di lokasi pantai morodemak, sedangkan jarak dari makam ke pantai kurang lebih 15km.
Dan apabila dimulai dari kudus maka langsung saja menuju jalan arah semarang, setelah sampai di pasar demak bintoro belokkan kendaraan anda kekanan dan menuju makam pahlawan di kali cilik, setelah itu lakukan seperti yang dari semarang.
TIKET MASUK KE WISATA BARU MORODEMAK
Untuk menikmati pemandangan yang sangat langka ini wisatawan tidak di pungut biaya sepeserpun alias gratis, tetapi yang menjadi masalah adalah untuk sampai di lokasi gumuk pasirnya, para wisatawan harus naik perahu yang di sewakan warga sekitar untuk transportasinya.
Sedangkan untuk sampai ke Gumuk Pasir, wisatawan harus naik perahu warga dengan ongkos Rp 10.000 pulang-pergi per orang. 

1 comment: