Monday, May 29, 2017

wisata rawa pening di semarang penuh legenda

wisata rawa pening banyubiru semarang
bila mendengar nama Rawa Pening apa yang ada dalam pikiran anda, pastinya berpikiran adalah sebuah hamparan rawa yang luas yang memiliki air yang jernih dan sering muncul di televisi dan kenyataannya rawa tersebut banyak dipenuhi dengan eceng gondok. Jangan salah persepsi, selain terdengar negatif ternyata di sekitaran area rawa pening ada sebuah tempat yang terkenal dan orang menyebutnya dengan bukit cinta, posisi tepatnya di atas rawa pening dengan pemandangan yang sangat indah dengan hamparan rawa yang sangat luas dan juga indah dibantu dengan udara yang dingin membuat kita betah berlama lama disana.
Kalau kita melihat dari posisi geografis rawa tersebut, rawa pening ini berada dilokasi cekungan terendah dari gunung merbabu, gunung ungaran dan gunung telomoyo, dan berada dilokasi antara empat kecamatan sekaligus yakni kecamatan tuntang, kecamatan bawen, kecamatan ambarawa, dan kecamatan banyubiru keempat empatnya masih satu kabupaten semarang.

Sejarah rawa pening dan mitos bukit cinta salatiga
semuanya tentu sudah tahu kisah yang terkait dengan danau rawa pening yaitu legenda Baru Klinting, dikisahkan Baru Klinting lah yang menyebabkan terjadinya rawa pening, singkat cerita pada jaman dahulu ada sebuah desa yang mau mengadakan pesta untuk sedekah bumi, masyarakat berbondong bondong menyiapkan segala keperluannya sebagian dari masyarakat ada yang mencari hewan dihutan untuk dijadikan hidangan pada sedekah bumi nantinya, setelah sekian lama mencari cari hewan dihutan tidak menemukan hewan satu pun juga, suatu ketika ada yang melihat seekor ular yang sangat besar bak raksasa, oleh masyarakat yang mencari hewan tadi langsung memotong motong ular besar tersebut tidak sampai habis dan dibawa pulang untuk dimasak dan dihidangkan pada pesta, tidak lama berselang datanglah seorang anak kecil jelmaan ular besar kedesa tersebut untuk meminta makan tetapi oleh masyarakat di olok olok dan malah diusir karena di anggap anak tadi sangat menjijikkan, kemudian anak itu keluar dari keramaian dan bertemulah dengan seorang janda tua yang baik hati, dia dirawat dan dikasih makan oleh janda tua tadi. Kemudian anak tadi kedesa itu lagi dan sebelum berangkat baru klinting berwasiat kepada nenek tersebut “nanti kalau nenek mendengar suara gemuruh naik lesung ya nek” setelah sampai didesa tadi lagi lagi anak itu diusir dan tendang karena menjijikkan bahkan anak anak pun ikut ikutan, kemudian baru klinting mengadakan sayembara untuk mencabut lidi yang di tancapkan anak tadi ketanah dan tidak ada satu pun dari masyarakat yang mampu mencabutnya, kemudian dicabut oleh baru klinting sendiri lalu bekas cabutan itu mengeluarkan sumber air yang lama kelamaan semakin membesar bahkan sampai menenggelamkan desa tersebut tidak ada yang selamat hanya nenek yang diwasiati tadi yang selamat karena naik lesung. Kemudian desa tersebut menjadi rawa dan karena airnya bening dan jernih maka dinamakan “rawa pening”.
Bukit cinta adalah tempat yang berada di atas rawa pening tempat ini mempunyai mitos yang bertolak belakang dengan namanya, mitosnya kalau sepasang kekasih yang berwisata atau mengunjungi bukit cinta ini dan mereka belum ada ikatan suami istri mereka berdua akan putus ditengah jalan, mitos seperti ini boleh percaya atau tidak itu tergantung kepercayaan masing masing.

lokasi alamat bukit cinta banyubiru
bukit cinta ini berlokasi di perbukitan yang tinggi di atas danau rawa pening yang terletak di desa kebondowo, kecamatan banyubiru, kabupaten semarang, atau pada titik GPS @-7.3064304,110.4203519
rute menuju bukit cinta rawa pening
untuk menuju ke lokasi wisata alam bukit cinta bisa dikatakan sangat mudah, bila mana anda dari daerah semarang langsung saja menuju ambarawa dari ambarawa kelokasi wisata hanya berjarak kurang lebih 5km saja, dari ambarawa ambil saja jalan menuju salatiga yang lewat kecamatan banyubiru setelah itu anda sudah tahu harus kemana.
tiket masuk obyek wisata alam Rawa Pening banyubiru
Masuk ke areal kampung ini tidak dipungut biaya, hanya kalau membawa kendaraan pribadi terlebih dahulu membeli tiket parkir seharga Rp. 5.000,- Di kawasan wisata yang dibuka sejak Agustus 2012 ini, banyak tersedia fasilitas wisata seperti Perahu, rumah makan apung, jet ski, dan lainnya. Karena merupakan objek wisata telaga, maka andalan wisatanya adalah perahu. Kita dapat menyewa perahu untuk berkeliling telaga selama kurang labih 1 jam hanya dengan membayar Rp 70.000 untuk satu perahu bermotor.
oleh oleh khas bukit cinta rawa pening banyubiru
ketika anda berkunjung dan berwisata di rawa pening janganlah lupa bawa oleh oleh khas rawa pening, olahan dari eceng gondok yang menjadi cindera mata ataupun souvenir bisa berupa tas, tempat pakaian, topi, dan yang lain lain. Karena mayoritas masyarakat sekitar rawa pening banyubiru mereka memanfaatkan tanaman liar yang tumbuh subur di rawa pening, untuk bisa menghasilkan pundi pundi uang.
penginapan terdekat bukit cinta banyubiru
namun sayang seribu sayang wisata yang sangat indah ini belum ditemukan penginapan ataupun hotel untuk pengunjung bisa menginap atau beristirahat bila mana sudah seharian penuh menikmati wisata alam tersebut sudah terasa letih dan capek. Mungkin karena lokasi wisatanya yang masuk ke pedesaan membuat seorang pengusaha penginapan enggan membangun penginapan disana. Kalau anda ingin menginap anda harus keluar lagi menuju ambarawa atau salatiga, disana anda bisa menemukan banyak bangunan hotel dan penginapan.

1 comment: