Friday, November 11, 2016

wisata telaga Monte

obyek wisata telaga rambut monte blitar jawa timur
Tempat wisata yang sangat unik ini merupakan tempat wisata yang sangat indah dan mempesona, bagaimana tidak, di sekitar area wisata tersebut terdapat bermacam-macam pemandangan yang berbeda-beda yang bisa dinikmati kalau berkunjung kesini, disini bisa menikmati pemandangan telaga yang masih asli dan sejuk, dan juga bisa menikmati eloknya pemandangan perkebunan teh, dan juga ada pemandangan hamparan sawah yang hijau dan sangat luas yang merupakan milik masyarakat sekitar, di samping itu di area wisata ada petilasan yang menyimpan legenda yang sangat heboh. anda juga bisa menikmati indahnya pepohonan yang hijau dan juga ada candi di sekitar tempat wisata, di mana lagi kalo tidak di wisata Telaga Rambut Monte yang berada di Jawa Timur., 

Tempat wisata ini ada di desa Krisik, kecamatan Gandusari. Jaraknya dari kota Blitar kelokasi wisata adalah 30km. Tempat wisata ini merupakan wisata alam dimana di sana ada sebuah telaga, petilasan dengan latar belakang pemandangan yang serba hijau dan juga ada candi di tempat wisata tersebut .
Jika anda berkunjung ke sana anda akan melihat pemandangan nan elok misalnya saja adalah perkebunan teh, ada juga pemandangan hamparan sawah yang merupakan milik penduduk setempat dan ketika kita sedang berjalan mengunjungi telaga rambut monte ini maka disepanjang perjalanan menuju ke tempat ini terdapat pepohonan yang sangat rindang tentunya menyejukan mata kita dan juga hamparan sawah akan terlihat dengan jelas yang membuat perjalanan semakin tidak terasa .
sejarah dan mitos asal usul telaga rambut  monte
keindahan yang dimiliki wisata yang satu ini, selain keindahanya yang mempesona dan alamnya yang masih asri membuat mata yang memandang terbelalak kagum karena melihat indahnya alam ini, ternyata tempat wisata ini menyimpan legenda yang sangat misterius, dari mana dan siapa ikan-ikan yang ada di telaga yang disebut ikan Dewa tersebut? Konon menurut cerita dari masyarakat yang ada disekitar wisata Telaga Rambut Monte dan cerita ini sudah turun temurun sejak dari dulu. Pada jaman dahulu di sekitar wilayah telaga ada perkelahian antara Rahwana beserta Naga yang keduanya melawan tokoh yang sangat terkenal sakti mandraguna yaitu Mbah Monte, Mbah monte ini adalah seorang lelaki yang berketurunan dari kerajaan majapahit kala itu. Mbah Monte pada pertarungan kali ini dikeroyok oleh dua lawan yakni Rahwana dan Naga, pada saat pertarungan sedang berlangsung memang pertarungan terlihat sangat sengit dan dahsyat meskipun pertarungan tersebut tidak berimbang yaitu dua lawan satu, namun Mbah Monte yang sendirian pun ternyata mampu mengalahkan kedua lawanya tadi dan kemudian mengutuk rahwana dan naga tadi berubah menjadi Candi dengan bentuk monyet dan relief Naga, dan Mbah Monte pada saat itu juga berpesan kepada murid-muridnya untuk menjaga Candi tersebut , namun sebagian dari muridnya ada yang tidak mematuhi perintah Mbah monte, akhirnya mbah monte marah besar dan mengutuk juga para muridnya menjadi Ikan Sangkring yang hingga saat ini masih berada di telaga tersebut dan dikenal dengan Ikan Dewa. Jadi ikan-ikan yang ada ditelaga saat ini mitosnya adalah murid-murid dari Mbah Monte.
Alamat lokasi Telaga Rambut Monte
Wisata telaga yang menyejukkan ini berlokasi di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Berikut titik GPS dan juga peta @-7.9619219,112.3662362
rute jalan menuju Telaga Rambut Monte
jika anda beserta keluarga hendak ada rencana untuk mengunjungi wisata yang satu ini maka anda dan keluarga janganlah khawatir dan resah, jalan menuju kawasan wisata yang satu ini sangatlah mudah kok, jalur yang harus anda lewati adalah: dari kota Blitar anda ambil arah menuju ke Malang yang melalui daerah Garum, kemudian setelah sampai di daerah Garum maka anda menuju ke arah Talun, setelah itu yang harus anda lakukan adalah lewat jalur yang menuju Wilingi dan dilanjutkan arah menuju daerah Semen, dan kalo sudah sampai di semen selanjutnya menuju desa Tulungrejo dilanjutkan lagi kearah Krisik. Nah dari krisik situlah anda bisa menemukan papan menunjuk arah menuju wisata dan ikutilah papan tersebut karena itu petunjuk arah yang terdekat dan tercepat menuju wisata Telaga Rambut Monte yang ramai di lewati mobil yang berlalu lalang.
tiket masuk Telaga Rambut Monte Blitar
Harga tiket masuk ke wisata Telaga Rambut Monte adalah Rp3,000 /orang dewasa dan Rp2,000 /anak-anak cukup murah bukan, tetapi tarif ini belum termasuk untuk kendaraan anda, untuk kendaraan roda empat ada biaya parkir Rp3,000, dan untuk kendaraan roda dua Rp2,000.
Tempat parkir yang tersedia di telaga rambut monte ini pun cukup luas sehingga dapat menampung banyak kendaraan para wisatawan yang akan berkunjung kesini pada hari-hari besar, akhir pekan dan juga pada hari hari libur tertentu. sedikit di informasikan kepada para wisatawan yang hendak benkunjung ke tempat wisata ini bahwa harga tiket masuk dan biaya parkir juga bisa berubah sewaktu-waktu khususnya saat menghadapi musim libur sekolah.
kuliner di telaga rambut monte
Di area ini ada beberapa pedagang dan juga warung warung yang berjejeran di dekat area parkir telaga rambut monte ini, jika anda lupa membawa bekal yang cukup ketika berwisata atau memang tak ingin ribet membawa bekal makanan, kemudian setelah sampai di tempat wisata anda pun ingin makan di sini, maka janganlah khawatir di tempat ini anda bisa makan mie instant atau pun nasi goreng yang bisa anda pesan tentunya dengan harga terjangkau tanpa takut kehabisan bekal, dan warung warung yang ada di sini juga mnyediakan minuman hangat yang sangat cocok di minum di tempat yang berhawa dingin, dan bagi anda yang masih merasa kurang dingin dan ingin menambah dingin disana tersedia minuman es dingin sesuai selera anda.
hotel dekat telaga Rambut Monte

Hotel terdekat dengan wisata Telaga Rambut Monte ada banyak sekali diantara salah satu yang terkenal adalah hotel Sapta Mandala yang jaraknya sekitar 3,8km, ada juga ditemukan hotel yang lebih deket dari hotel tersebut hanya berjarak 3km yang fasilitasnya juga lengkap, ada AC, kamar mandi didalam dan jangan takut kotor atau jorok, karena lingkunganya sangat bersih. Hanya dengan harga Rp267,000 anda bisa menginap dan beristirahat setelah seharian berwisata.

1 comment: