Sunday, November 20, 2016

wisata air terjun madakaripura probolinggo

sejarah wisata air terjun madakaripura probolinggo

Salah satu obyek wisata yang ada di kabupaten probolinggo yang fenominal adalah air terjun Madakaripura, air terjun madakaripura merupakan wisata yang masih di dalam kawasan taman nasional Bromo Tengger Semeru. Wisata ini berbentuk ceruk cekung yang kanan kirinya dikelilingi oleh tebing tebing yang semuanya meneteskan air yang sampai dibawah seperti hujan jadi di tempat wisata air terjun madakaripura akan setiap hari hujan, tinggi air terjun tersebut sendiri berkisaran 200m bagaimana perasaan anda ketika berada disana dan melihat tingginya tebing yang menjulang tinggi ke langit pastinya anda akan terkagum kagum oleh keindahan yang disuguhkan wisata yang satu ini. Air terjun madakaripura ini juga terdapat air terjunan yang masih berhubungan dengan air terjun yang utama yang berada di ujung ruangan yang bentuknya melingkar yang keseluruhan jumlahnya sekitar lima air terjun, sedangkan lingkaran tersebut berdiameter 25m. mungkin banyak dari wisatawan yang belum tahu bahwa ternyata di balik air terjun madakaripura terdapat sebuah goa yang mana untuk mencapai goa tersebut sangat sulit dilewati karena pengunjung harus melewati kolam seluas 25 m2 yang ada di bawah air terjun terlebih dahulu, kedalaman kolam tersebut sendiri adalah 7m yang mempunyai arus yang sangat tajam sehingga menambah tingkat kesulitan untuk mencapai goa.

sejarah misteri air terjun madakaripura
Sejarah yang beredar di masyarakat sekitar bahwa air terjun madakaripura ini masih ada hubunganya dengan patih gajah mada, air terjun madakaripura sendiri berarti “tempat terakhir” yaitu di yakini warga setempat bahwa patih yang sangat terkenal yaitu patih gajah mada mengakhiri hidupnya dilokasi goa yang ada di balik air terjun utama.

alamat Air Terjun Madakaripura
lokasi air terjun yang sangat indah ini berada di dusun branggah, desa negororejo, kecamatan lumbang, kabupaten probolinggo, jawa timur, kode pos 67183, Indonesia. Atau pada titik GPS @7.854145,113.0065164
rute ke Air Terjun Madakaripura
bila perjalanan anda bermula dari arah probolinggo, maka setelah sampai di desa sukapura anda akan menemukan pertigaan yang ada papan petunjuk jalan, yang jika ke kiri menuju gunung bromo, dan bila kekanan menuju arah lokasi air terjun yang di maksud, sebelum sampai di lokasi wisata anda akan menemukan pertigaan lagi maka ambillah belokan yang kanan, sedangkan jarak dari pertigaan pertama tadi sampai ke pintu masuk lokasi wisata air terjun berjarak kurang lebih 4km, sampai lah anda di pintu gerbang, setelah sampai di pintu gerbang dan setelah masuk area parkir anda bisa meneruskan perjalanan anda dengan berjalan kaki sampai lokasi air terjun, dari area parkiran sampai ke lokasi air terjun hanya berjarak 1km, tetapi anda akan melewati jalan setapak dan ruas jalan yang sebagian besar belum di aspal dan juga anda akan menyeberangi sungai. Supaya perjalanan anda terasa aman dan nyaman dan supaya tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan maka disarankan memakai jasa pemandu perjalanan yang banyak di temui di area parkir tadi, karena medan jalan yang sangat sulit bagi anda yang pendatang baru dan disamping itu juga sering terjadi longsor dan banjir.
Jasa pemandu ini mereka mematok harga Rp 50,000 sekali jalan, dan mereka pada umumnya akan langsung menawarkan untuk memandu setiap wisatawan yang datang. Setelah anda sudah dekat dengan lokasi air terjun anda akan menemukan warung yang menjual makanan dan minuman dan juga menyewakan payung untuk anda yang tidak mau hujan hujanan dan basah basahan karena terkena guyuran air dari air terjun tersebut dan karena di tempat wisata ini seperti hujan setiap hari.

tiket Air Terjun Madakaripura
bagi anda yang ada niat berkunjung pada akhir pekan ke tempat yang sangat indah ini maka siapkan ongkosnya, tetapi jangan khawatir kalau ongkos yang dibutuhkan akan banyak, karena biaya untuk tiket masuk sangat murah hanya Rp3000 /orang, dan masih ada yang perlu dikeluarkan jika anda membawa kendaraan yaitu rp2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5000 untuk yang membawa kendaraan roda empat.
kuliner di Air Terjun Madakaripura
di sekitar area wisata banyak sekali di temukan pedagang yang menggelar dagangannya baik makanan ataupun minuman, makanya bagi anda yang hendak berwisata di air terjun madakaripura ini tidak usah bimbang dan ragu jikalau di tempat wisata ini tidak ada pedagang, bagaimana mungkin tempat yang pemandanganya sangat indah ini dan sangat ramai pengunjung tidak ada pedagangnya, karena biasanya tempat yang ramai akan selalu menjadi daya tarik pedagang untuk mengais rejeki, hal ini pun dimanfaatkan warga sekitar untuk menjajakan dagangaanya. Di tempat inipun ada berbagai cemilan untuk ada yang suka bersantai dengan keluarga sambil menikmati indahnya pemandangan, ada juga bermacam macam minuman hangat yang pas bila diminum pada suasana yang dingin seperti di tempat wisata madakaripura.
hotel di sekitar Air Terjun Madakaripura
karena wisata air terjun madakaripura ini masih di wilayah taman nasional Bromo Tengger Semeru yang sangat ramai sekali di kunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, dn air terjun madakaripura juga ramai oleh pengunjung makanya hal ini dimanfaatkan oleh pebisnis property dengan membangun hotel dan juga penginapan untuk setiap wisatawan yang ingin menginap, tetapi dengan jarak yang cukup jauh, namun bila semasa di perjalanan di suguhi pemandangan yang indah kiranya jarak yang jauh tidak akan menjadi persoalan, karena di samping kanan kiri jalan anda bisa melihat hutan yang sangat rindang dan mempunyai pepohonan yang sangat hijau dan masih asri. Adapun hotel yang agak terkenal di wilayah air terjun madakaripura ini adalah hotel Bromo Permai, hotel ini fasilitasnya cukup lengkap dan memiliki kamar 43, jika ingin menginap di hotel ini anda harus menyiapkan uang Rp400,000.
Sedangkan jarak hotel Bromo Permai dengan air terjun madakaripura kurang lebih 8km saja.

No comments:

Post a Comment