Tuesday, November 15, 2016

wisata religi makam imogiri persemayaman para radja

makam Imogiri Persemayaman Raja Raja
Imogiri adalah sebuah makam yang dianggap kramat dan suci karena disana di semayamkan raja raja jaman dahulu yaitu pada masa kerajaan mataram, makam Imogiri sendiri berlokasi di desa imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.pemakaman ini tempatnya berada di dataran tinggi sehingga hawanya sedikit dingin dan di topang dengan banyaknya pepohonan sehingga menambah suasana menjadi sejuk.

Sejarah pemakaman imogiri
Sejarah ini berawal ketika Sinuhun Hanyokrowati atau yang dikenal dengan panggilan Sinuhun Sedo Krapyak meninggal dunia, pada waktu Sinuhun meninggal dunia anaknya yang bernama kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom tidak mengetahui kalau ayahnya meninggal karena gusti pangeran sedang pergi kepegunungan selatan untuk bertapa. Ketika Sinuhun Krapyak meninggal dunia dan yang ditunjuk untuk menggantikannya sementara adalah gusti pangeran Martopuro.
Setelah lebih dari setahun gusti pangeran adipati anom bertirakat dan bertapa akhirnya dia pulang karena dirasa sudah terlalu lama dia pergi meninggalkan kerajaan dan karena dia sudah dicari cari oleh penghulu Katangan, sebelum menjadi penghulu pada tahun 1627m dia (penghulu katangan) masuk ke kerajaan karena dipanggil oleh Prabu Hanyokrokusumo yang mana pada waktu itu dialah yang memegang kekuasaan mataram.
Atas permintaan semua rakyat pada waktu itu yang menuntuk untuk mencari pangeran adipati anom, akhirnya pangeran Purboyo selaku wakil dari pangeran martopuro, setelah pangeran Martopuro pergi meninggalkan kerajaan menuju ke ponorogo, pangeran purboyo mengutus penghulu katangan untuk mencari dimana keberadaan pangeran adipati anom. Setelah lama dicari cari akhirnya beliau di temukan sedang bertapa dan bertirakat di kaki gunung kidul, beliaupun kemudian diminta pulang oleh penghulu katangan untuk dijadikan raja di mataram.

Sesudah pulang pangeran adipati anom di angkat menjadi raja, beliau adalah raja yang disegani rakyatnya karena beliau mempunyai sifat yang baik dan ramah tamah pada semua tak terkecuali rakyat jelata, sehingga banyak rakyatnya yang mengaguminya karena kearifan sifat dan budi pekertinya. Konon dia juga ditakuti makhluk halus dan juga jin semuanya tunduk dalam kekuasaan kerajaan mataram dan mataram juga terkenal  dengan sebutan kerajaan pelindung penyakit.
Dikabarkan juga bahwa beliau setiap hari jum’at bisa pergi secara ghaib mungkin karena beliau mempunyai sifat bijaksana dan arif, dan ada juga yang mengatakan dia dapat dengan seketika bersholat di makkah.
Setelah 5 tahun lebih  dia memerintah kerajaan Mataram dia pun ada keinginan untuk memindahkan kerajaannya ke Kerta-Plered dan selanjutnya dia juga ada keinginan memulai membuat pemakaman di pegunungan girilaya adalah pegunungan yang terletak disebelah timur laut imogiri untuk digunakan tempat pemakaman para raja. Tetapi belum sampai terealisasikan tempat makam tersebut, paman beliau yang bernama gusti pangeran Juminah malah terlebih dahulu mengajukan permintaan untuk dimakamkan disana nantinya, akhirnya Sinuhun Gusti adipati anom sangat kecewa dengan pamannya. Setelah kejadian itu paman beliau meninggal dunia dengan cara tiba tiba dan tidak disangka sangka, sesudah pamanya meninggal dunia si sultan agung atau pangeran gusti adipati anom melemparkan segenggam pasir untuk mencari tempat yang pas dan cocok dijadikan makam, dan pasir tersebut ternyat jatuh di pegunungan merak dan sampai selanjutnya sinuhun sultan agung membuat makam dipegunungan Merak Imogiri yang besar dan tinggi itu.

Alamat Pemakaman Imogiri
pemakaman raja raja ini terletak di desa imogiri, bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, adapun titik gps @-7.9200825,110.3763462
Rute ke Pemakaman Imogiri
Pengunjung bila ingin berziarah dan berwisata ke pemakaman imogiri adalah sebagai berikut, bila bermula dari magelang maka diawali dengan jalan Tidar Selatan, lepas itu ikuti saja sampai ke jalan magelang kota, terus dilanjutkan lagi ke jalan ringroad selatan dan jalan Nasional III, ikuti saja jalan tersebut sampai anda menemukan papan arah jalan imogiri barat yang ada di sewon, setelah itu tetaplah melanjutkan perjalanan sampai anda menemukan papan petunjuk arah sampai ke pemakaman imogiri.
tiket masuk ke Pemakaman Imogiri
harga tiket masuk ke pemakaman imogiri anda tidak di pungut biaya yang dipatok, hanya saja ada sumbangan semampunya untuk jasa penyewaan sebuah baju jawa yang harus dipakai pengunjung ketika masuk lokasi pemakaman imogiri.
kuliner dekat pemakaman imogiri
jika anda berwisata sekaligus berziarah tentunya akan merasa lapar dan juga haus setelah sekian lama berada didalam lokasi pemakaman, jangan khawatir disekitar lokasi pemakaman anda akan menemukan warung sederhana yang bisa dijadikan tempat untuk mengganjal perut anda. Warung sederhana ini berdirinya tahun 1958m, dan warung ini sampai sekarang masih eksis mempertahankan menu utama yang dihidangkan sejak pertama kali buka yaitu tahun 1958 silam.
Suasana di warung ini seperti nama yang diberikan yaitu sederhana suasananya juga sederhana, lokasi warung ini sendiri berada tak jauh dari lokasi pemakaman imogiri, berada di kurang lebih 50meter dari pasar lama imogiri yang sudah rata dengan tanah karena terkena gempa tahun 2006 lalu, sekarang pasarnya yang baru letaknya agak jauh dari warung sederhana, walaupun sudah jauh dari pasar tetap warung sederhana ini masih menjadi faforit bagi pengunjung pemakaman imogiri.
Menu penyajian di warung ini tetap sama adalah sayur lodeh, brongkos, yang terdiri dari tahu dan kacang tolo, dan juga minuman yang ada saat ini masih sama dari zaman pertama dibukanya yaitu berupa teh panas gula batu. Ditamah lagi bumbu yang digunakan pada masakan semur telur bebek, juga racikan minuman hangat dengan gula batu yang memiliki aroma khas masih tetap sama dan berlangsung dari tahun ke tahun.
Menu menu tadi masih eksis sampai saat ini, meskipun warung tersebut waktu ini dipegang oleh keturunannya, beliau yang memegang bernama ibu Suharsi. Masakanya tetap sama , hanya saja sekarang terdapat tambahannya seperti nasi rames, soto ayam kampung, burjo (bubur kacang ijo),es dawet, dan wedang ronde yang dapat menghangatkan tubuh.
hotel terdekat Pemakaman Imogiri
hotel yang terdekat dengan pemakaman imogiri termasuk bisa dikatakan banyak dan tidaklah sulit untuk mencarinya, ketika anda memerlukan tempat untuk beristirahat setelah sekian lama melakukan perjalan yang jauh, diantaranya ada hotel santoso , hotel dewa ruci dan Ros-in hotel.

No comments:

Post a Comment