Tuesday, November 15, 2016

benteng portugis yang gagah di jepara

Benteng Portugis Jepara
Dari sekian banyak obyek wisata yang ada di kota Jepara salah satunya yang populer adalah Benteng Portugis, tempat wisata ini adalah sebuah benteng dengan bangunan yang menjulang tinggi dan masih berdiri kokoh sampai saat ini, bangunan Benteng Portugis ini adalah peninggalan dari masyarakat portugis yang kala itu di undang oleh kerajaan Mataram untuk membantu berperang melawan belanda. Tetapi ternyata kedatangan bangsa Portugis ke jepara pada saat itu tidak sesuai dengan perjanjian awal yaitu membantu kerajaan Mataram, malahan kedatangan bangsa Portugis ini meninggalkan kisah yang kelam bagi masyarakat Jepara, sampai saat ini pun masih banyak kisah yang beredar di masyarakat Jepara khususnya tentang cerita Benteng Portugis yang meninggalkan kisah  ini, walaupun kisah tersebut telah terjadi beberapa abad tahun yang lalu, meskipun demikian kisah kelam tersebut masih dirasakan sebagian besar masyarakat Jepara sampai saat ini.

Sejarah dan asal mula Benteng Portugis
Kisah atau sejarah Benteng Portugis yang ada di Jepara seperti yang tercatat dalam buku sejarah kota Jepara, yaitu: Benteng Portugis pada saat itu yaitu pada masa penjajahan pernah di gunakan dan dimanfaatkan oleh dua pemerintahan, yaitu pada masa pemerintahan portugis pada abad ke16 dan pada masa pemerintahan jepang pada saat perang dunia ke dua yaitu pada abad ke 20.
Sedangkan asal mula awal pembangunan Benteng Portugis ini bermula ketika kerajaan Mataram mengundang dan meminta bantuan kepada bangsa portugis yang mana pada saat itu mereka adalah seteru dari pemerintahan kolonial Belanda, permusuhan Portugis dengan Belanda ingin dimanfaatkan Kerajaan Mataram dengan meminta bantuan kepada bangsa Portugis. Karena pemerintahan kerajaan mataram pada saat itu yang dipimpin oleh Sultan Agung dalam penyerangan ke Jayakarta pada tahun 1628 dan tahun 1629 telah dikalahkan oleh kolonial Belanda, maka dari itulah muncul inisiativ dari ahli strategi peperangan kerajaan Mataram untuk menyerang Belanda dari dua arah sekaligus yaitu dari darat dan laut, sedangkan kerajaan Mataram mengetahui kekuatan dan kelemahanya sendiri, mereka lemah dalam pertempuran dari arah laut dan mereka hanya handal dalam pertempuran di darat. Maka dari itulah kerajaan Mataram (Sultan Agung) meminta bantuan kepada bangsa Portugis yang mana pada saat itu diketahui bangsa Portugis sangat handal dalam penyerangan dilaut untuk menyerang Jayakarta, maka bangsa Portugis diundang dan langsung mendirikan benteng di kota Jepara untuk menahan serangan dari luar.

lokasi Benteng Portugis
Benteng Portugis yang sangat terkenal itu letak tepatnya berada di desa Banyumanis, kec, Donorojo, Jepara. Jawa Tengah. Yaitu berada di timur laut kota Jepara. Dari alun-alun kota jepara menuju Bangsri - kelet  Atau pada titik GPS @-6.4058759,110.9146151.
Bila di tempuh dari alun-alun kota Jepara kurang lebih 45km menuju timur laut kota Jepara kearah Bangsri, yang perlu anda lakukan adalah menelusuri sepanjang jalan dari Jepara ke Bangsri, setelah sampai di Bangsri teruskan perjalanan anda dari arah Bangsri menuju ke arah Kelet, sampailah anda di Jl, Benteng Portugis. Yaitu tempat yang anda dan sekeluarga tuju.
Bila ditempuh dari kota Semarang - Benteng Portugis cukup jauh berjarak sekitar 117km, dan bila ditempuh dari kota Kudus - Benteng Portugis berjarak sekitar 77km, namun perlu disampaikan pula untuk sampai ke lokasi Benteng Portugis hanya bisa di akses dengan kendaraan pribadi atau sarana pariwisata, karena lokasi Benteng Portugis ini masuk ke pedesaan yang jalannya masih minim dari pembangunan dan tidak dilewati transportasi umum.
tiket masuk Benteng Portugis
untuk harga tiket masuk ke lokasi wisata benteng portugis ini sangat murah , memang benteng portugis ini terkenal dengan wisata alam yang murah, hanya dengan Rp. 5000 /orang anda bisa menikmati pemandangan laut yang luas, deburan ombak dan panorama pantai dan juga hamparan lautan sepanjang mata memandang di benteng portugis ini, apalagi kalau pada waktu sore menjelang malam pemandangan di wisata yang satu ini tambah terlihat indah pemandangannya.

Kuliner di sekitar Benteng Portugis
Bagi anda yang hendak berkunjung dan berwisata di Benteng Portugis ini dan tidak mau repot membawa bekal makanan, anda tidak usah risau dan khawatir, karena di sekitar benteng portugis ini banyak tersedia warung warung makanan yang menyediakan berbagai jenis menu makanan yang bermacam-macam anda bisa memesan makanan dengan selera anda dengan harga yang terjangkau tentunya.
Hotel di sekitar wilayah Benteng Portugis
Bagi pengunjung yang seharian berwisata di Benteng Portugis dan bermain-main air dipantai, setelah dirasakan badan sudah cukup capek karena seharian bermain, maka anda tidak usah resah dan khawatir karena disekitar tempat wisata Benteng Portugis terdapat banyak hotel dan penginapan, bisa anda manfaatkan untuk sekedar beristirahat untuk malepas letih dan capek bahkan bisa anda manfaatkan untuk bermalam bilamana anda dan keluarga sudah tidak mungkin dan tidak ingin untuk melanjutkan perjalanan pulang. Anda dan keluarga tanpa susah payah mencari penginapan dan hotel  disekitar wisata Benteng Portugis, karena disekitar Benteng Portugis banyak ditemui penginapan dan hotel.
Perlu anda ketahui, bilamana anda dan keluarga sudah berkunjung di Jepara dan ingin mencari tempat wisata lanjutan setelah berada di Benteng Portugis, maka ketahuilah bahwa pulau Mandalika sangat dekat dengan tempat wisata Benteng Portugis. Pulau Mandalika sendiri adalah sebuah pulau yang keberadaannya berdekatan dengan tempat wisata Benteng Portugis, dan mungkin anda bisa melanjutkan berwisata ke Pulau Mandalika setelah anda berwisata di Benteng Portugis.

1 comment: