Monday, November 21, 2016

pantai penangkaran penyu sukamade banyuwangi

Pantai penangkaran penyu sukamade di banyuwangi jawa timur
Pantai penyu sukamade ini merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang berada di jawa timur khususnya di banyuwangi yang memiliki pemandangan yang indah di samping itu pantai penyu sukamade selain pemandangan indah ini dia juga memiliki pemandangan yang unik yang lain dari pada yang lain, yaitu ada pemandangan penyu penyu kecil hasil penangkaran pengelola petugas penangkaran penyu. Di pantai sukamade ini para wisatawan bisa secara langsung melihat prosesnya penyu penyu yang sangat lucu ini bertelur, setelah telur telur tersebut menetas dan sampai saatnya sudah kuat dan pantas untuk di lepaskan kealam bebas maka saatnya petugas melepaskan penyu penyu kecil di lepaskan kebibir laut.

Pantai sukamade ini sendiri dulunya di temukan oleh orang yang dari Negara belanda kemudian dipublikasikan, yaitu tepatnya pada tahun 1927 yang lalu,. Di pantai ini di temukan 4 jenis dari spesies penyu yaitu antara lain: 1. penyu hijau atau dengan nama latin (chelonian mydas), 2. ada juga penyu slengkrah yang bernama latin (lepidochelys olivacea), 3. Juga penyu sisik dengan nama latin (eretmochelys imbricate), yang ke 4 penyu blimbing atau dalam nama latinya (demochelys coriaceae).
Pantai sukamade ini ternyata terkenal juga dengan kawasan hutan lindungnya karena di sekitar pantai ini terdapat hutan lindung yang sangat lebat yang masih dalam luang lingkup kawasan taman nasional Meru Betiri. Pantai sukamade sendiri letaknya yang berada di bagian selatan dari pulau jawa merupakan titik letaknya berada di kawasan penghijauan yang mana di dalamnya terdapat juga beberapa perkebunan yang bermacem macem seperti perkebunan the, perkebunan kopi, perkebunan cokelat da nada juga perkebunan karet dengan kawasan yang sangat luas sampai berpuluh puluh hektar.

Pantai sukamade atau lebih familier di sebut wisata pantai penyu sukamade termasuk pantai dari sekian pantai yang masuk dalam kategori sebutan “triangle diamond” adalah kumpulan wisata yang terfavorit di wilayah banyuwangi, kumpulan tersebut terdiri dari wisata kawah ijen, wisata pantai plengkung, dan pantai penyu sukamade.
Alamat lokasi pantai sukamade
Pantai penyu sukamade ini beralamatkan di Desa Rajeg wesi , tepatnya berada di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi , provinsi Jawa Timur.
rute menuju ke pantai sukamade
bagi pengunjung yang hendak menuju ke pantai penyu sukamade hendaknya memperhatikan jalan yang harus dilalui, mungkin sedikit gambaran untuk anda yang belum begitu faham daerah pantai ataupun sudah lupa alamat rute menuju lokasi pantai sukamade. Bagi pengunjung yang berasal dari banyuwangi ataupun dari luar banyuwangi maka mulailah dari kota banyuwangi kemudian menuju kecamatan jajag, setelah sampai di kecamatan jajag maka ambillah arah menuju pesanggaran, habis itu menuju lagi kearah desa rajeg wesi setelah sampai di desa rajeg wesi anda bisa mengikuti papan petunjuk jalan sampai lokasi wisata pantai penyu sukamade.
Dan disarankan pula bila anda beserta keluarga hendak ke pantai penyu sukamade hendaknya membawa mobil mobil yang berjenis doble garden, karena mengingat medan yang sangat licin dan bahkan sampai berbahaya setelah anda melewati desa rajeg wesi, karena jalanya yang masih di bilang sangat memprihatinkan.
harga tiket masuk ke pantai sukamade

kuliner di sekitar pantai penyu sukamade
bagi anda yang belum pernah ke banyuwangi dan ketika anda sudah berada di pantai penyu sukamade ini dan ingin sekali mencicipi kuliner khas banyuwangi maka anda harus keluar lokasi pantai lagi dan menuju arah kota lalu carilah warung warung yang ada di sekitar kanan kiri jalan maka warung tersebut akan menyediakan makanan khas banyuwangi yaitu sego tempong, nama ini sudah terkenal sampai pelosok kota banyuwangi. Menu sego tempong ini di sajikan bersamaan dengan sayur sayuran yang masih segar seperti daun singkong, ada ketimun, ada kacang panjang, lalu ada juga terong dan masih banyak yang lainnya, selain itu menu ini sangat pas bila dinikmati dengan pasangannya yaitu tahu goreng atau tempe goreng atau juga akan enak bila di pasangkan dengan ikan asin dan pergedel bahkan juga enak dengan bahwan atau menduwan tempe. Di samping semua itu masih ada satu yang ditunggu tunggu oleh penikmat kuliner ini yaitu sambal yang khas ekstra pedas yang sangat cocok bagi anda menyukai makanan yang berbau-bau pedas, anda akan dibuatnya sampai menangis karena saking pedasnya.
Sego tempong sendiri mempunyai arti nasi tempeleng / tendang, kenapa demikian karena rasanya yang sangat pedas membuat yang menikmati makanan ini serasa di tendang atau di tempeleng karena kepedasan sampai mengeluarkan air mata seperti orang nangis.
hotel terdekat di pantai sukamade banyuwangi
di lokasi wisata pantai penyu sukamade ini belum terdapat hotel maupun penginapan, tetapi bagi anda yang ingin menginap di sekitar pantai ini, disini disiapkan tempat yang cukup luas untuk bisa mendirikan tenda, makanya bagi pengunjung yang memang dari rumah sudah ingin menginap disini maka hendaknya menyiapkan segala sesuatunya termasuk tenda dan bekal makanan yang cukup, memang di tempat yang cukup luas ini di sediakan untuk pengunjung yang suka ber-camping, ketika anda mendirikan tenda di sini anda pun bisa menyalakan api unggun untuk menghangatkan badan dan mungkin bisa mengurangi nyamuk, dan sekiranya perlu di ketahui juga di tempat ini juga sering di adakan event event tertentu, mungkin pengunjung bisa bersamaan dengan event tertentu yang pas berada disitu.

1 comment: