Friday, November 11, 2016

kawah ijen yang unik

lava biru yang unik di kawah ijen banyuwangi
Alam Indonesia tercinta kita ini memang menyajikan banyak tempat wisata yang sangat banyak dan semuanya indah dan mempesona dan semuanya mempunyai ciri khas yang berbeda-beda salah satu yang berbeda adalah Kawah Ijen yang berada di banyuwangi. Kawah Ijen ini sebuah kawah yang berada di pulau jawa tepatnya kabupaten banyuwangi dan merupakan kawah yang berbentuk danau yang sangat luas yang merupakan kawah terbesar di pulau Jawa.

Di samping memiliki pesona dan keindahan ternyata wisata yang satu ini juga memiliki pesona dan keindahan yang ditawarkan yang sangat langka dan khas yakni wisata danau ini memiliki warna toska dan api biru, pemandanga yang sangat langka ini hanya bisa di nikmati pengunjung pada malam hari sampai menjelang subuh. Pemandangan yang langka lainyapun juga bisa anda temukan di danau belerang yang berada di kawah Ijen, kawah Ijen ini sering disebut juga oleh masyarakat dengan sebutan gunung Ijen.
Gunung ini juga merupakan salah satu gunung dari sekian gunung berapi di indonesia yang masih aktif sampai sekarang makanya bisa dikatakan wisata yang berbahaya. Tinggi dari Gunung Ijen ini sendiri adalah sekitar 2.443 meter dari atas permukaan laut.
Kawah Ijen ini termasuk dalam pusat danau kawah terbesar yang terdapat di dunia, karena Gunung ini mampu memproduksi kawah sekitar 36 juta meter kubik berupa belerang dan juga hydrogen klorida . Kawah ijen ini juga tergolong sebagai tempat wisata berbentuk kawah yang cukup berbahaya , meskipun demikian , tempat wisata ini tetap menawarkan keindahan yang begitu sangat luar biasa untuk di nikmati pengunjung.
kawah ijen blue fire
kawah ijen yang berada di daerah perbatasan antara bondowoso dan banyuwangi ini yang menurut kebanyakan masyarakat menawarkan keindahan tetapi belum banyak dari masyarakat yang tahu bahwa kawasan kawah ijen ini juga banyak kemesteriusan yang tersimpan, Salah satunya, lava biru kawah ijen spektakuler yang menyembur dari dalam gunung.
untuk mendapatkan penjelasan apa yang sebenarnya terjadi pada Kawah Ijen, fotografer Olivier Gruneward pada sesi pembuatan film documenter di Ijen berkumpul Regis Etienne dari Society for Volcanology, di omongi oleh Joseph Stromberg dari Smithsonian.
Lokasi dan alamat Kawah Ijen gunung ijen
Kawah Ijen ini berlokasi tepatnya di Ijen, Tamansari, Licin, kabupaten Banyuwangi , Jawa Timur , Indonesia . berikut titik GPS dan juga peta @-8.0580077,114.1032036
rute menuju ke kawah ijen
Bagi wisatawan yang suka dengan yang namanya berpetualang, tempat yang satu ini  sangatlah cocok untuk di jadikan tempat tujuan anda sekedar menyalurkan hobinya di saat anda berkunjung ke provinsi Jawa Timur. Perlu di ingat bahwa untuk memasuki tempat wisata kawah Ijen ini, anda harus melakukan perjalanan pendakian selama -+ 3jam untuk mencapai puncak kawan Ijen tersebut, hal ini yang disukai bagi orang-orang yang punya hobi traveling.
puncak kawah ijen adalah tempat yang biasa di gunakan para pengunjung untuk menikmati indahnya kawah ijen . Jika anda sudah berencana matang ingin berkunjung ke Gunung Ijen ini anda bisa melakukan perjalanan dengan dua jalur transportasi yang tidak terlalu susah yaitu melalui jalur utara maupun melalui jalur selatan . dan akan kami jelaskan sebagai berikut :
1.     Jalur Utara, yakni anda bisa menempuh perjalanan dari arah situbondo kemudian anda harus menuju daerah yang disebut sempol atau masyarakat menyebutnya dengan sebutan bondowoso, kemudian anda melanjutkan perjalanan sampai melewati daerah wonosri. Setelah sampai di wonosari tersebut bisa anda lanjutkan perjalanannya hingga sampai di paltuding. Jalur utara ini memerlukan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan dengan kecepatan atau dengan jarak tempuh sekitar 93km.
2.     Jalur selatan, jika pengunjung lebih memilih melakukan perjalanan melewati jalur selatan, maka bisa melakukan perjalanan ke arah yang juga melewati banyuwangi. Setelah anda sampai di Banyuwangi maka anda bisa istirahat sebentar atau anda juga dapat langsung melanjutkan perjalanan menuju ke Licin yang dimana jaraknya adalah sekitar 18 km. Jarak Licin menuju ke wilayah Paltuding adalah sekitar 18 km dan jika anda ingin menuju ke kawah ijen dengan menggunakan transportasi umum, maka setelah sampai di Paltuding anda pun harus melanjutkan perjalanan anda menggunakan mobil atau jeep yang sudah tersedia untuk sampai di area kawah ijen atau bahkan jika anda ingin sampai di kawah Ijen dengan cara mendaki maka anda akan merasakan sensasi yang berbeda . Hal itu dikarenakan perjalanan sebelum jalur pendakian yang berbelok kemudian menanjak sangat berbahaya jika dilalui dengan kendaraan besar seperti bus atau kendaraan umum lainnya .
harga tiket masuk kawah ijen
jika anda ingin brkunjung ke kawah ijen maka anda harus membayar biaya retribusi sebesar Rp 3.000, sebagai perawatan dan pengelolaan kawasan tersebut oleh warga desa sekitar, setelah itu anda harus mendaftar terlebih dahulu dan membeli tiket pendakian paltuding yang hanya sebesar Rp 5.000 untuk wisatawan lokal pada hari kerja biasa, dan Rp 7.500 untuk wisatawan yang berkunjung pada akhir pekan sabtu dan minggu, masih ada tarif lainnya jika anda mengunjungi tempat ini menggunakan kendaraan pribadi maka akan di kenakan tarif parkir sebesar Rp 2.000 motor dan juga jika anda membawa mobil dan parkir di area sebelum jalur pendakian tersebut maka anda di kenai Rp 10.000 per mobil
kuliner di kawah ijen banyuwangi
Ketika anda ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini (kawah ijen banyuwangi) maka di sarankan anda membawa bekal sendiri, di karenakan di sekitar area kawah ijen tersebut belum ada warung yang menjajakan dagangan untuk anda nikmati ketika anda lapar dan dahaga. Dan di sarankan lagi ketika anda membawa bekal sendiri untuk membawa pulang kembali sampah-sampah yang di hasilkan dari bekal tersebut, karena di tempat ini belum ada sarana kebersihan yang memadahi. Dan juga anda harus menjaga kebersihan dan kenyamana lingkungan di kawasan kawah ijen supaya lingkungan terlihat bersih dan indah, supaya lingkungan terjaga kenyamananya sampai anak cucu kita.
hotel dan penginapan terdekat di kawah ijen jawa timur
jika wisatawan yang ada rencana untuk mengunjungi kawah ijen ini dan ada rencana untuk menginap, maka di sekitar area kawah ijen terdapat penginapan di homestay di jalur sebelum pendakian yang juga merupakan rumah warga di sekitar desa tersebut, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau. Namun jika anda memilih untuk mendirikan tenda dan camping maka di area terdapat tempat untuk anda mendirikan tenda di lahan camping ground di sekitar desa tersebut, dengan bayaran yang sangat murah hanya sebesar Rp1.500 /tenda maka anda bisa merasakan sensasi yang berbeda ber-camping di area kawah ini.


No comments:

Post a Comment