Saturday, November 12, 2016

Candi Gedung Songo Bandungan

Candi Gedong Songo Bandungan

Candi Gedong Songo begitulah masyarakat sekitar menyebutnya dan dengan nama tersebut masyarakat luas tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama tempat wisata alam yang satu ini, iya memang benar wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata keluarga favorit kota semarang dan sekitarnya, bagaimana tidak; tempat wisata yang satu ini adalah tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan yang sangat luar biasa indahnya. Di area tempat wisata Gedong Songo anda bisa menikmati bangunan Candi-candi kuno yang dibangun pada jaman dahulu yaitu pada jaman kerajaan, bangunan Candi-candi tersebut masih berdiri kokoh sampai sekarang ini dan juga anda bisa menikmati pemandangan pegunungan yang sangat indah dan pastinya juga sejuk. Nama Gedong Songo sendiri ternyata diambil dari jumlah bangunan yang terletak di kawasan area wisata yaitu jumlahnya ada (songo) bahasa jawa-red yang berarti sembilan candi yang mana letaknya tidak berjejeran bahkan terpisah-pisah tetapi masih dalam satu wilayah. Anda bisa berjalan-jalan  menuju candi satu ke candi yang lain yang jaraknya tidak terlalu jauh.
Dengan suasana yang dingin menambah semangat orang yang berada di area wilayah wisata Gedong Songo ini untuk bersantai dan sambil menikmati pemandangan yang indah, karena letaknya yang berada di kisaran 1200m di atas permukaan laut. Candi Gedong Songo ini mempunyai udara yang sangat dingin menyegarkan kalbu dan kalau anda berkunjung ke tempat yang satu ini, maka di jamin anda akan betah dan merasa nyaman, bahkan mungkin semua urusan anda bisa lebih terasa ringan.
sejarah candi gedong songo
Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa Candi-candi ini merupakan bangunan kuno yaitu peninggalan jaman kerajaan dahulu yang lebih tepatnya merupakan peninggalan dari budidaya agama Hindhu yang diperkirakan peninggalan dari kerajaan Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi) dan memiliki banyak sekali kemiripan dengan Candi-candi yang ada di daerah Dieng dan Wonosobo.
Candi Gedong Songo dulunya berjumlah 7 (tujuh) ketujuh candi-candi tersebut ditemukan oleh Sir Thomas Raffles pada tahun 1740. Pada saat candi-candinya masih berjumlah tujuh nama candi tersebut juga sesuai jumlahnya yaitu candi 7 (tujuh), kemudian pada tahun 1908-1911 seorang arkeolog dari belanda yang bernama Van Stain Callenfels menemukan lagi 2 candi sehingga total candi yang ada menjadi 9 candi, dan dengan jumlah yang ada sekarang inilah nama candi Gedong Songo diberikan untuk tempat ini karena sesuai dengan jumlah yang ada.
Di dalam wisata Gedong Songo khususnya untuk candi-candi yang ada sudah dilakukan pemugaran dua kali, yaitu yang pertama dilakukan pada tahun 1928-1929m, dalam pemugaran yang pertama ini yang dilakukan hanya pada candi Gedong 1 dan Gedong 2, dan untuk gedong-gedong yang lain pemerintah Indonesia melanjutkannya pemugaranya pada tahun 1972-1982.
Alamat lokasi candi Gedong Songo Bandungan
alamat Candi Gedong Songo ini berada di Desa Candi, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah pada titik GPS @-7.2081732,110.3395692

lokasi candi gedong songo ini dekat dengan taman wisata bandungan water park yang berjarak 5,9 kilometer dan dekat dengan wisata alam curug Tujuh bidadari yang berjarak 11 kilometer, bila wisata Candi Gedung Songgo di tempuh dari kota semarang berjarak 52 km ditempuh dari salatiga berjarak 30 km dan bila dari ambarawa maka berjarak 12.5 kolometer.
Wisata Gedong Songo terkenal areanya yang  sangat luas, maka jika anda berkunjung ke wisata Gedong Songo ini dan ingin berkeliling kesemua candi-candi yang ada, maka anda tidak usah khawatir dan risau anda bisa menyewa kuda yang sudah di sediakan pengelola dengan paket dan tarif yang tertentu, anda akan diantar sampai tujuan anda atau bahkan anda bisa dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak dari candi 1 ke candi 2 dan seterusnya.
Gedong Songo dan Pemandian air panas
Salah satu lokasi yang menarik untuk anda kunjungi ketika anda berada di lokasi wisata Gedong Songo selain candi-candi tersebut adalah pemandian air panas Gedong Songo yang berada di antara candi gedong 3 dan candi gedong 4 karena lokasi pemandian air panas ini banyak diminati para pengunjung, pemandian air panas ini berlokasi di punden gunung dengan air panas yang mengandung belerang yang ketat yang dipercaya masyarakat bisa mengobati berbagai penyakit khususnya penyakit yang berhubungan dengan kulit.
Tiket masuk dan parkir Candi Gedong Songo
Ketika anda dan keluarga beserta sahabat hendak berwisata akhir pekan dan berniat untuk berwisata ketempat wisata candi Gedong Songo, maka anda tidak usah takut dengan harga tiket masuknya, karena untuk tiket masuk ke wisata ini terbilang sangat murah hanya dengan uang Rp6,000 anda bisa berjam-jam berada didalam area wisata dan menikmati indahnya pemandangan wisata ini dan mengagumi kokohnya bangunan candi jaman dahulu. Harga tiket Rp6,000 ini diperuntukan untuk wisatawan lokal, jika untuk wisatawan mancanegara memang dibedakan harganya yaitu untuk tiket masuk yang harus dibayar sebesar Rp25,000 /orang.
kuliner khas pegunungan Candi Gedong Songo
Didalam area candi Gedong Songo ada makanan khas yang ditunggu tunggu banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yaitu sego jagung (nasi jagung), yang mana penjualnya berkeliling menawarkan daganganya, anda tidak perlu mencari dan menghampiri si penjual karena si penjual akan menghampiri anda, selain sego jagung masih banyak penjual makanan khas pegunungan yang lain yang perlu anda perhitungkan untuk anda nikmati seperti wedang ronde, sate kelinci dan lain-lain sebagainya.
hotel sekitar candi Gedong Songo
Bagi pengunjung yang tidak ingin melewatkan indahnya malam di pegunungan sekitar Candi Gedong Songo, pengunjung kagak usah khawatir dan resah, karena di wilayah sekitar candi Gedong Songo anda akan menemukan banyak bangunan villa dan penginapan yang beraneka ragam untuk anda menginap dan istirahat.


No comments:

Post a Comment