Saturday, November 12, 2016

air terjun Songgo Langit

Curug Songgo Langit
Jepara memang banyak sekali tempat wisata alamnya, memang yang mendominasi tempat wisata yang ada di Jepara adalah pantainya, namun tak dipungkiri pula ternyata ada tempat wisata di Jepara yang tak kalah indah dengan pantainya yaitu air terjun. Berbicara tentang air terjun di jepara ada sebuah tempat wisata air terjun yang bernama air terjun Songgo Langit. Wisata air terjun Songgo Langit adalah wisata alam yang sangat indah dan mempesona, yang termasuk menjadi tempat wisata faforit masyarakat sekitar dan Jepara.

Yang namanya wisata alam memang selalu menyajikan keindahan alamnya yang tidak bisa diukirkan dengan kata-kata dan juga akan menghipnotis setiap orang yang melihatnya, tak terkecuali wisata alam yang satu ini yakni wisata alam air terjun Songgo Langit. Dengan keindahan alam yang disajikan oleh air terjun ini anda akan merasa ingin berlama-lama ditempat ini karena kesejukan udaranya yang terasa sampai masuk ke tulang sum-sum anda, disamping itu air terjunnya yang menjulang tinggi ke langit sampai 80 meter dan lebar sampai 2 meter membuat anda akan terkesima olehnya. Oleh karena ketinggian air terjunnya itu tempat wisata ini dinamakan Air Terjun SOnggo Langit.
Alamat dan lokasi Curug Songgo Langit
Wisata alam air terjun Songgo Langit yang fenomenal ini letak tepatnya barada di dukuh Nglencer, desa Bucu, kecamatan Kembang, jarak dari alun alun kota Jepara ke tempat wisata Air Terjun Songgo Langit berjarak 30km dalam waktu perjalanan kurang lebih 40 menit, arah utara kota Jepara. Atau pada titik gps @-6.5365775,110.8257483,13z
Apabila anda berasal dari kota semarang, sekiranya perlu diketahui jarak dari semarang ke tempat wisata air terjun Songgo Langit adalah sekitar 103,7km, coba kami terangkan arah yang akan di lewati, dari semarang mengambil arah demak menuju kudus lewat jalur pantura setelah sampai di Jl. Raya Welahan lanjutkan perjalanan lewat Jl Raya Welahan, terus dilanjutkan lagi menuju Jl Raya Batealit menuju Bangsri, atau anda bisa lewat Jl Raya Guyangan arah Bangsri menuju Jl Syekh Hasan Anwar 1, menuju lagi ke Jl KH Abdul Hadi 1, ke Jl Jepara – Bangsri atau Jl Raya Kelet – Bangari sampai di Wedelan ambil arah Jl Raya Sumanding menuju lokasi wisata Air Terjun Songgo Langit.
Apabila pengunjung yang berasal dari kota Kudus dan sekitarnya anda bisa lewat Jl Gondangmanis, yakni Jl Bae – Gondang manis, dan juga bisa lewat Jl Perumnas Gerbang Harapan ke Jl Kudus arah Colo, sampai di Bae dilanjutkan ke Jl Sudimoro, karang malang, Gebog, Jl Nalumsari, Jl. Raya Muryolobo, dan Jl. Mayong – Pancur ke Jl. Pecangaan-Batealit sampai di Raguklampitan Tetep lurus menuju Jl. Pecangaan-Batealit. lalu Ambil Jl. Raya Batealit – Bangsri ke Jl. Syeh Hasan Anwar 1 di Guyangan lalu Ambil Jl. KH Abdul Hadi 1 ke Jl. Raya Jepara-Bangsri/Jl. Raya Kelet – Bangsri setelah itu anda bisa mengikuti seperti dari Semarang.
Untuk menuju lokasi wisata air terjun Songgo Langit anda tidak usah takut jalanya jelek dan rusak bahkan becek, karena mayoritas jalan menuju tempat wisata tersebut dari manapun anda bertempat tinggal jalannya sudah bagus bahkan sebagian besar ruas jalan sudah dilaksanakan program pemerintah yaitu betonisasi.
Misteri yang tersimpan di air terjun songgo langit jepara
Di dalam area wisata air terjun Songgo Langit ini terdapat papan himbauan untuk para pengunjung yang berbunyi “ Dilarang mandi di bawah Air Terjun” tetapi banyak juga dari pengunjung yang melanggar larangan tersebut dan akhirnya menjadi korban dari Air Terjun  Songgo Langit. Dan masyarakat berasumsi bahwa korban korban itu dikarenakan mereka di ambil oleh penunggu kawasan air terjun, tetapi kalau kita menggunakan akal sehat untuk menyikapinya, maka korban korban itu bukan diambil makhluk makhluk penunngu area wisata akan tetapi mereka kehabisan nafas karena terseret arus deras yang dihasilkan dari tingginya air terjun dan mereka sulit untuk naik kepermukaan karena terkena deraan air terjun yang tinggi dan akhirnya kehabisan nafas. Maka waspadalah dan berhati-hatilah saat hendak berselvi bersama keluarga dan perhatikan langkah anda karena bebatuanya licin, awasi juga keluarga anda terutama anak-anak.
Memang sering setiap jatuh korban masyarakat mengaitkannya dengan cerita mistis yang beredar sampai sekarang, konon pada jaman dulu hidup sepasang pengantin baru yang masih muda, mereka pergi dari rumah mertua pada saat malam hari dengan naik pedati, karena pada jaman dulu kala masih gelap gulita, mereka akhirnya tersesat dan salah jalur dan pada akhirnya mereka masuk kejurang yang sangat dalam dan diperkirakan jurang tersebut adalah Air Terjun Songgo Langit. Pasangan pengantin tadi akhirnya hilang entah dimana masyarakat pada saat itu sudah mencari kemana-mana tetapi tidak menemukan keberadaan pengantin tersebut. Dan masyarakat percaya pasangan pengantin itu sekarang menjadi penunggu lokasi tempat wisata Air Terjun Songgo Langit.
Hotel dan penginapan
Memang semua yang istimewa itu pasti ada kekurangannya tak terkecuali tempat wisata ini, kekurangan dari wisata ini adalah belum adanya tempat penginapan ataupun hotel yang tersedia disekitar lingkungan wisata, dikarenakan mungkin tempat wisata air terjun Songgo Langit ini masuk ke pedesaan dan masih jauh dari keramaian kota.

Dan sekiranya perlu diketahui juga bagi para pengunjung bahwa tempat wisata Air Terjun Songgo Langit ini dekat dengan tempat wisata Benteng Portugis hanya berjarak 21,3km, mungkin anda bersama keluarga ingin melanjutkan berwisata setelah di Air Terjun Songgo Langit.

1 comment: