Saturday, November 12, 2016

goa pindul di gunung kidul

goa pindul obyek wisata alam di gunung kidul yogyakarta
tempat wisata memang tempat untuk memanjakan mata dan hati para pengunjungnya dan juga bisa dijadikan tempat untuk anda memanjakan orang yang anda sayangi untuk menyatakan kasih saying anda kepadanya, maka disinilah tempat yang cocok untuk anda kunjungi berikutnya yaitu tempat wisata alam Goa Pindul yang ada digunung kidul.
Tempat wisata Goa Pindul saat sekarang ini lagi booming-boomingnya di seantera masyarakat Indonesia bagi masyarakat Jawa pada khususnya yang tidak pernah sepi dari para pengunjung disaat kapanpun, tempat wisata ini berada di karangmojo, kabupaten Gunung Kidul, nama wisata yang satu ini tentunya sudah tidak asing ditelinga para traveler yang suka berkelana mencari hiburan berwisata, yakni wisata Goa Pindul. Goa Pindul terbilang wisata yang unik karena dengan cara menaiki ban untuk menyusuri aliran sungai yang ada didalam Goa tersebut yang sudah disediakan pengelola wisata, dengan cara inilah pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan berada didalam Goa maka wisata ini dikatakan wisata yang unik, dan kegiatan menyusuri aliran sungai dalam Goa ini dikenal dengan istilah Cave Tubing.

Panjang dari Gua Pindul ini adalah 350 meter dengan lebar dari sungainya mencapai 5 meter. Jarak permukaan air dengan atap gua sekitar 4 meter dan kedalaman sungai 1-3 meter . Penelusuran di aliran sungai gua Pindul ini memakan waktu kurang lebih 1 jam . Aliran sungai yang berada di dalam gua Pindul katanya juga berasal dari mata air Gedong Tujuh. Dengan aliran mata air yang sangat jernih membuat kita betah untuk berlama-lama. maka bagi pengunjung diharapkan untuk ikut menjaga kelestarian alam kita yang indah ini dengan cara tidak merusaknya dan tidak membuang sampah sembarangan supaya alam kita tetap terjaga dan tetap bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti.
sejarah , mitos dan asal usul goa pindul
Goa yang dulunya adalah sarang dari kelelawar ini, sekarang menjadi wisata yang banyak digemari para pengunjung lokal maupun mancanegara, Goa ini dibuka dan diresmikan oleh bapak Bupati Gunung Kidul, yang saat itu dijabat oleh almarhum bapak sumpeno Putro. Tempat wisata yang unik ini dibuka pada tanggal 10 oktober 2010, bertepatan dengan fan tour pejabat dari kabupaten Gunung Kidul.
Goa Pindul dulunya hanyalah sebuah goa yang sangat tidak terawat dan juga konon sudah menjadi sebagai sarang kelelawar. Berkat dari inisiatif warga sekitar gunung kidul dan saat itu juga dibantu para mahasiswa yang sedang KKN, tempat ini sekarang menjadi salah satu primadona bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.
Goa Pindul ini memiliki stalaktit terbesar keempat yang ada di dunia dan ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung . Goa Pindul ini juga menyimpan mitos yang diyakini hingga saat ini masih dipercaya bahwa tetesan air dari stalaktit yang ada di tengah Goa Pindul ini konon katanya bisa menjadikan pengunjung tersebut menjadi awet muda.
Lokasi dan alamat goa pindul
Goa pindul ini berada di Dusun Gelaran 1, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia , berikut titik GPS dan peta @-7.9295247,110.6467663
rute menuju Goa Pindul
Untuk anda yang ada rencana berwisata ke Goa Pindul, dan bila anda dari yogyakarta maka perjalanan yang lebih enak adalah lewat Jl Wonosari, setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju hutan Bunder, di jalan Bunder ini perjalanan anda diharapkan berhati-hati karena ruas jalan yang masih tergolong kecil dan berliku-liku bahkan sesekali menanjak membuat perjalanan anda akan sedikit lambat. Setelah sudah sampai melewati hutan Bunder anda akan menemukan lapangan terbang Gading berada disisi kiri jalan, lepas itu anda lanjutkan perjalanan menuju Wonosari Kota, sudah sampai di Wonosari kota anda akan menemukan bundaran Siyono, dengan ciri khasnya air mancur diatasnya, langsung saja anda belok kiri dan ikuti saja jalan sampai anda menemukan pertigaan yang ada tugunya ditengah jalan, kemudian langsung saja anda belok kiri lagi dan anda akan menemukan papan petunjuk jalan arah wisata Goa Pindul.
tiket masuk Goa Pindul
Sekali anda masuk akan dikenai biaya tiket sebesar Rp25,000 /orang, cukup mahal bukan, tetapi jangan khawatir, biaya tiket tersebut sudah termasuk paket Cave Tubing Pindul. Fasilitas yang didapatkan ketika anda membayar Rp25,000 adalah: jasa pemandu, perlengkapan (ban pelampung, jaket pelampung, sepatu karet, dan Head lamp), dan asuransi transportasi. Kalau wisatawan tidak ingin terjadi antrean panjang dalam menikmati indahnya menelusuri Goa Pindul, maka disarankan datang ketempat ini jangan terlalu siang, selain untuk menghindari panasnya terik matahari. Terutama ketika musim liburan tiba, anda kalau tidak pintar mencari sela-sela waktu yang pas maka akan terjebak antrean panjang.
Kuliner Goa Pindul
Goa Pindul ini memang tidak pernah sepi dari pengunjung baik wisatawan lokal maupun mancanegara, hal seperti ini sangat bagus dimanfaatkan warga sekitar untuk menjajakan beraneka ragam makanan dan juga minuman, maka bagi pengunjung yang tidak membawa bekal makanan dan minuman ataupun memang sengaja tidak mau repot-repot membawa bekal maka jangan khawatir disekitar wisata Goa Pindul banyak pedagang yang mendasarkan dagangannya, ada sate ayam/kambing, bakso, mie ayam, dan ada juga mie instant yang praktis, dan yang paling pas dinikmati selepas Cave Tubing adalah es kelapa muda yang segar dingin.
hotel dekat Goa Pindul

Selain keramaian yang disuguhkan oleh wisata Goa Pindul ini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk menjajakan dagangannya, juga dimanfaatkan oleh pelaku bisnis industry hotel untuk membangun hotel disekitar kawasan wisata Goa Pindul tersebut. Namun bila anda tidak tertarik dengan hotel ataupun memang duit yang pas-pasan tetapi keadaan menuntuk untuk bermalam, maka banyak diantara warga sekitar yang menyewakan penginapan untuk anda melepas lelah dan capek dengan harga yang relative murah yaitu berkisar Rp100,000 dengan fasilitas kamar mandi didalam, kipas angin dan juga sering ada sarapan pagi buat pengunjung yang menginap meskipun ala kadarnya.

1 comment: