Saturday, November 26, 2016

candi penataran situs jaman kerajaan

Berwisata di candi penataran situs zaman kerajaan
Semua hal yang berbau-bau kuno memang selalu menyajikan keistimewaan yang di simpannya dan juga tidak akan ada seorang pun yang bisa menyembunyikan keindahannya, di samping akan makna sejarah yang terkandung juga akan selalu membuat orang yang melihatnya akan terkagum kagum oleh panorama kecantikannya. Di jawa timur lebih tepatnya di blitar terdapat candi yang merupakan peninggalan pada jaman dahulu yaitu bernama candi penataran, kenapa demikian karena letaknya di desa penataran , kecamatan nglegok, kabupaten blitar, jawa timur, makanya dinamakan sesuai tempatnya yaitu penataran (candi penataran).
Di lokasi tempat bangunan candi penataran ini berhawakan sangat sejuk seperti halnya berada di pegunungan yang selalu menawarkan udara yang sejuk segar, di sekitar candi penataran udaranya masih asli alami meskipun sudah dekat dari keramaian kota.

sejarah dan mitos candi penataran
candi yang letaknya ada di jawa timur ini di temukan pada tahun 1815 M,  ternyata sudah sekian lama di temukanya candi ini tidak ada seorang pun yang mengenalnya sampai saatnya pada tahun 1850 M baru sedikit demi sedikit orang mengenalnya, sedangkan yang menemukan kompleks candi ini adalah Sir Thomas Stamford Raffles dia sendiri ialah letnan gubernur jendral pasukan yang menjajah Indonesia pada waktu itu dia juga pula yang menemukan bunga bangkai yang ada di tempat wisata kebun Raya Bogor.
Candi penataran ini sebelumnya adalah bernama candi palah karena candi ini di sebutkan di dalam prasati palah makanya di namakan candi palah, baru sekian tahun nama tersebut berubah menjadi candi penataran karena mungkin letaknya di desa penataran. Candi ini di bangun pada tahun ( 1194 M ) yang membangun raja yang memimpin pada waktu itu yaitu raja Syrenggra, beliau membangun candi ini untuk difungsikan sebagai pemujaan agar rakyat aman dan situasi nyaman terkendali dan terhindar dari mara bahaya. Hal seperti ini dilakukan karena pada waktu itu gunung kelud yang ada di atasnya bangunan candi ini sering meletus, untuk mengatasi hal tersebut di bangun lah candi ini.
Candi penataran merupakan candi yang paling besar di jawa timur dan juga sebuah candi yang paling di rawat oleh pemerintah daerah, sehingga tempat dan lokasi nya selalu bersih, elok dan nyaman di topang dengan hawa udaranya yang masih murni steril jauh dari polusi membuat pemandangan semakin mengesankan. Di areal candi penataran ini juga di gunakan untuk pagelaran purnama seruling penataran, pagelaran seperti ini rutin dilakukan 3 bulan sekali. Maka dari itulah tempat candi penataran selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari blitar maupun dari luar blitar.

alamat candi penataran blitar
alamat Candi Penataran ini berlokasi di desa Penataran, kecamatan Nglegok, kabupaten Blitar, Jawa Timur, Indonesia, berikut titik GPS @-8.0164178,112.2075614
rute ke candi penataran
bila anda beserta keluarga sudah berniat mengunjungi candi peninggalan zaman kerajaan dulu dan anda masih kesulitan untuk sampai kesana, berikut rute menuju ke lokasi candi penataran mungkin akan membantu anda dan keluarga. Jika anda dari luar kota blitar nada haru menuju blitar kota dahulu dan tempat candi yang terkenal ini dari blitar bagian kota hanya setengah jam perjalanan makanya tempat candi ini sangat ramai pengunjung khususnya pada akhir pekan dan hari libur, dari kota lewat saja jalan Ir. Soekarno dan ikuti terus jalan tersebut sampai anda menemukan jalan Raya penataran, dari jalan penataran ini anda sudah akan menemukan banyak papan petunjuk arah yang ada di pinggir jalan yang akan mengantar anda sampai tujuan.
tiket masuk Candi Penataran
ketika anda masuk akan dikenai biaya Rp 3,000 /orang dan untuk kendaraan yang anda bawa akan di kenai biaya juga sebesar Rp1,000 untuk parker kendaraan anda setiap kali masuk, hal itu di lakukan petugas loket sebelum anda masuk ke dalam area candi enataran kira kira 500meter
kuliner di Candi Penataran
ketika anda sudah masuk anda tidak akan menemukan warung warung yang menjajakan dagangannya, karena di dalam lokasi candi dilarang mendirikan bangunan warung bahkan tidak boleh ada penjual asongan keliling, karena tempat situs sejarah harus di jaga kebersihan lingkungannya, ketika anda ingin merasakan kuliner yang terdapat di tempat wisata candi penataran ini maka anda bisa keluar lagi dari lokasi candid an menuju lokasi parker, di area parker inilah anda akan menemukn banyak sekali pedagang ataupun warung warung yang menjajakan makanan dan minuman yang bervariativ, ada bakso sapi, mie ayam, soto dan ada juga mie instant, dari segi minuman anda bisa memilih sesuai selera anda dingin ataupun hangat tersedia disana. Dan sekiranya perlu di sampaikan soal harga, anda khawatir soal harga dilokasi candi penataran ini karena harga harga makanan di sini relative standard an tidak mahal.
hotel di sekitar candi penataran
hotel dan penginapan adalah menjadi salah satu hal yang membuat orang suka untuk mengunjungi suatu tempat wisata bila di area tempat wisata ada hotel dan penginapannya maka tempat wisata itu akan ramai dikunjungi wisatawan, hal ini juga terjadi dengan candi penataran karena di sekitar candi banyak bangunan hotel dan penginapan. Bila anda ingin bermalam dan menikmati malamnya kota blitar maka di sekitar candi penataran seperti hotel patria palace hotel dengan fasilitas lengkap kamar mandi didalam, mandi dengan air hangat juga ada AC dengan patokan harga Rp250,000 / malamnya, hotel ini jaraknya dari lokasi candi sekitar 10km. ada juga selain itu ada hotel yang berstandar bintang 3 yang berada di sekitar puluhan kilo meter dari tempat lokasi candi penataran dengan nama hotel Tugu Blitar, dengan fasilitas yang lebih lengkap dari hotel sebelumnya dan harga yang di tawarkan hanya Rp365,000 / malamnya.

No comments:

Post a Comment