Friday, November 11, 2016

air terjun tujuh bidadari semarang

Curug Tujuh Bidadari Sumowono Ungaran




Curug 7 bidadari begitulah masyarakat menyebutnya atau dalam bahasa Indonesia berarti air terjun tujuh bidadari, wisata ini merupakan tempat wisata alam yang cukup baru di kabupaten Semarang, karena belum cukup lama diresmikan dan dikelola pemerintah daerah, memang ditemukannya tempat wisata yang indah ini sudah cukup lama tetapi dahulu belum di kelola dan dirawat oleh pemerintah seperti sekarang ini.

Wisata curug tujuh bidadari berada di lereng gunung ungaran yang alam sekelilingnya masih asri dan alami, tidak jauh beda dengan gunung gunung yang lain yaitu dikelilingi pepohonan pepohonan khas pegunungan yang sangat rindang dan mempesona untuk dipandang mata setiap orang yang mengunjunginya. Wisata yang satu ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah, bagaimana tidak, selain pepohonan yang rindang dan juga menjulang tinggi alam sekelilingnya masih asli belum dirusak oleh tangan tangan yang tidak bertanggung jawab, dan curug tujuh bidadari ini memiliki tiga susun aliran air yang bertingkat tingkat satu sama lain yang mana masing masing tiga susun aliran air tadi yang semuanya berketinggian tiga meter yang airnya mengalir di muara sungai benteng dan sungai beringin.
Jika Anda dan keluarga beserta kerabat dekat berminat mengunjunginya, silahkan simak lokasi dan alamat berikutnya.
Sejarah berkaitan Curug Tujuh Bidadari
Menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar dan masyarakat luas pada umumnya, konon pada jaman dahulu kala di air terjun inilah beberapa bidadari yang jumlah yang dipercaya ada tujuh bidadari pernah singgah untuk bebersih badan dan mandi di air tejun ini, maka masyarakat sekitar menamai air terjun tersebut dengan nama curug tujuh bidadari atau air terjun tujuh bidadari karena disesuaikan dengan cerita yang beredar ditelinga kita saat ini.
Makam Kyai Mandhung
Di dekitar wilayah curug tujuh bidadari ini terdapat sebuah makam yang dipercaya makam ini adalah milik tetua atau sesepuh di desa sekitar yang bernama kyai Mandhung, di percaya kyai Mandhung ini adalah murid atau pengikut dari pangeran Diponegoro yang menyebarkan islam dan akhirnya meninggal didesa keseneng dan dimakamkan di desa tersebut.
Lokasi Curug Tujuh Bidadari dan Alamatnya
Alamat dari wisata air terjun tujuh bidadari sendiri terletak di dusun keseneng, desa keseneng, kecamatan Sumowono, kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah atau pada titik GPS @-7.1844546,110.2976169
Lokasi wisata air terjun ini berjarak sekitar 11km dari Candi Gedong Songo dan berjarak sekitar 12,9km dari Taman wisata Bandungan Indah semarang, dan bila diperkirakan jarak dari air terjun tujuh bidadari dengan air terjun Semirang maka jaraknya sekitar 24,8km sedangkan waktu yang harus ditempuh diperkirakan 30menit perjalanan.
Bila anda dan keluarga ingin berwisata ke Lokasi air terjun tujuh bidadari ini maka bila anda dari kota semarang maka cari saja arah menuju solo, didalam pertengahan perjalanan anda akan ada papan petunjuk jalan menuju bandungan kemudian perjalanan anda teruskan saja menuju ke Gedong Songo lalu dilanjutkan lagi menuju ke desa keseneng, didesa keseneng inilah tempat wisata air terjun tujuh bidadari ini berada. Dari kota semarang ke tempat wisata air terjun tujuh bidadari kurang lebih berjarak 43,8km.

Dan tempat wisata air terjun tujuh bidadari bila ditempuh dari kota Ambarawa kurang lebih berjarak 19,5km perjalanan dimulai dari Ambarawa menuju ke Bandungan melewati jalan Tirtomoyo  ambil jalur Dr, Cipto ke jalan Tirtomoyo dari jalan Tirtomoyo ke jalan Sukorini, dari jalan Sukorini  ke jalan Raya Sumowono bandungan, dari jalan Sumowono ke jalan kyai Minak Prakoso di Losari, kemudian perjalanan diteruskan dengan menyusuri jalan hingga sampai di desa keseneng.
Kalau pengunjung sudah sampai di area parkir, pengunjung di haruskan penyusuri jalan menuju di lokasi wisata air terjun dengan berjalan kaki dengan jalanan batu bata merah yang sudah ditata rapi.

Tiket masuk ke wisata air terjun Curug Tujuh Bidadari Bandungan
untuk biaya tiket masuk ke area lokasi wisata alam air terjun curug tujuh bidadari ini pengunjung di harus kan membayar
Tiket masuk Rp. 2000 per orang dan parkir Rp. 1000 per kendaraan roda dua. Cukup murah bukan? Tetapi jangan ada prasangka didalam hati bahwa pemandangan akan sesuai harga, dan jangan takut pemandangannya akan mengecewakan. Karena pemandangan diarea wisata sangat menakjubkan.

Hotel di sekitar air terjun Curug Tujug Bidadari
Bila anda dan keluarga sudah berniat ingin bermalam dan menginap, anda harus kembali ke pasar bandungan, karena disekitar area wisata air terjun tujuh bidadari belum ditemukan penginapan dan sedangkan di pasar bandungan banyak dijumpai penginapan dan villa untuk bermalam anda dan keluarga

1 comment: