Friday, November 11, 2016

air terjun Coban Rondo

wisata air terjun dan labirin Coban Rondo Malang
Masyarakat Indonesia seharusnya bangga dengan Indonesia dan bisa hidup di Indonesia, Karen Indonesia sangat kaya dengan tempat wisatanya yang sangat indah-indah mulai dari air terjun , pantai, wisata alam maupun wisata buatannya , semua tempat wisata tersebut memiliki keindahan tersendiri dan keunikan sendiri yang dapat menarik para pengunjung untuk datang ke tempat tersebut. Salah satu tempat wisata yang memiliki keindahan mempesona adalah air terjun , nah air terjun indah yang ada di Indonesia ini adalah Air Terjun Coban Rondo , air terjun yang indah ini berada di Provinsi Jawa Timur
Pemandangan dan udaranya yang sejuk dan segar di air terjun coban rondo ini membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama berkunjung di tempat ini. Airnya air terjun yang dingin akan menambah semangat dalam perpetualangan anda . Pengunjung di air terjun ini juga pasti akan terkagum-kagum dengan keindahan alam yang dimiliki tempat ini. Karena pengunjung akan di suguhi pemandangan yang sangat luar biasa indah. Selain pemandangan yang indah ternyata tempat wisata ini menyimpan sejarah yang pilu.

Sejarah Air Terjun Coban Rondo
Jika kita mendengar dari namanya (coban rondo)-red, maka nama tersebut akan terdengar di telinga  sangat unik, dan dibalik pesona keindahan wisata yang satu ini ternyata menyimpan cerita kisah jaman dahulu yang sangat memilukan, dan kisah memilukan inilah yang dijadikan nama wisata yang kita kenal sampai sekarang ini.
Cerita yang tersimpan di air terjun coban rondo adalah: di ceritakan pada jaman dahulu ada sepasang suami istri yang baru saja menikah, pasangan itu di tengarai bernama Dewi Anjarwati dan Raden Baron. Awal mulanya mereka sangat bahagia seperti halnya pengantin baru dan juga tentunya hidup dalam kedamaian. Sampai pada suatu hari Dewi Anjarwati ingin menjenguk mertuanya yaitu orangtua dari suaminya sendiri yang berada di gunung anjasmoro. Kedua orang tua Dewi melarang kepada Dewi untuk tidak pergi menjenguk mertuanya, larangan orang tua Dewi bukan tanpa alasan, karena mengingat usia pernikahan mereka belum terlalu lama. Sayang seribu sayang mereka berdua mengabaikan nasehat dan larangan kedua orang tua dari Dewi Anjarwati. Mereka berdua telah bertekat dan siap menerima resiko apapun yang akan melanda mereka nantinya. Di tengah-tengah perjalanan menuju gunung anjasmoro kedua pasangan ini bertemu dengan Joko Lelono, yang mana Joko Lelono ini sudah dari dulu menyimpan perasaannya kepada Dewi Anjarwati karena pesona kecantikan yang di miliki Dewi. Akhirnya Joko Lelono menantang Raden Baron untuk berduel mengadu ilmu, dan mereka melakukan pertengkaran yang dahsyat dan saling mengadu kesaktian satu sama lain untuk merebutkan Dewi Anjarwati dan ternyata mereka berdua sama-sama kuat. Melihat keadaan seperti ini Raden Baron menyuruh pembantunya untuk menyembunyikan Dewi Anjarwati di sebuah tempat yang bernama Coban yang dalam bahasa Indonesia berarti air terjun. Rombongan yang menyelamatkan Dewi Anjarwati melakukan perjalanan menuju tempat yang disebutkan tadi, setelah sampai dilokasi Dewi Anjarwati menunggu kedatangan Raden Baron tetapi apalah daya Raden baron tidak kunjung datang juga untuk menemui Dewi Anjarwati setelah sekian lama dewi menunggu.
Di bawah air terjun itu terdapat sebuah batu besar dan diperkirakan disanalah Dewi Anjarwati menunggu kedatangan Raden Baron serta menyesali perbuatannya dikarenakan dia sudah berani melanggar nasehat dan larangan dari kedua orangtuanya. Dewi sudah tidak punya muka untuk pulang kerumah kedua orangtuanya. Oleh sebab itulah air terjun itu dinamakan Air Terjun Coban Rondo, coban yang berarti air terjun sedangkan rondo adalah bahasa jawa dimana artinya adalah janda, dewi anjarwati menjadi janda setelah raden baron tidak pernah datang kembali ke air terjun tersebut .
alamat air terjun Coban Rondo
Air terjun coban rondo ini berlokasi tepatnya di Jl. Coban Rondo, Desa Pandesari, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur 65391, atau titik GPS dan juga peta @-7.8849887,112.4751303
rute ke air terjun Coban Rondo
wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat air terjun coban rondo maka sangatlah mudah bila berangkat menuju ke malang terlebih dahulu, setelah itu ambil rute yang di lewati Dau lalu menuju ke wilayah Batu, setelah itu anda pun akan sampai di tempat yang anda tuju yakni air terjun Coban Rondo. Lama perjalanan untuk sampai dilokasi air terjun hanya sekitar 1jam dengan jarak tempuh kurang lebih 30km.
tiket masuk air terjun Coban Rondo
untuk harga tiket masuk ke wisata air terjun Coban Rondo yang berada di kabupaten Malang ternyata dari pengelola membedakan harga tiket masuk yang tidak terlalu banyak antara wisatawan lokal dan wisatawan asing. Untuk wisatawan lokal cukup membayar Rp8,000 dan untuk wisatawan asing akan dikenakan biaya pembayaran tiket Rp10,000. Sedangkan bagi wisatawan yang memakai kendaraan roda dua ataupun roda empat atau lebih akan dikenakan tiket yang lain dan berbeda pula, untuk roda dua dengan harga Rp2,000 sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp4,000, sementara untuk kendaraan roda enam keatas yang didominasi oleh bus akan dikenakan biaya parkir Rp6,000.
Fasilitas yang tersedia didalam wisata dan juga wahana lain yang menarik hati dan lagi pemandangan yang syahdu, sekiranya wisata ini sangatlah patut untuk anda jadikan rujukan ketika anda berkeinginan mencari hiburan. Belum tentu pemandangan yang didapatkan disini anda dapatkan ditempat lain.
Tidak hanya daya tarik dari air terjun tersebut saja, masih banyak wahana permainan lain disekitar yang juga bisa Anda nikmati dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap dan juga menyenangkan.
Kuliner di air terjun Coban Rondo
Sekitar wisata air Terjun Coban Rondo banyak sekali warung-warung yang menjajakan dagangannya baik makanan dan minuman, warung-warung tersebut menyediakan menu makanan seperti NasGor (nasi goreng), bakso, dan juga sedia mie instant yang siap di santap kapanpun anda memesan dan dengan harga yang murah.
hotel dan penginapan air terjun Coban Rondo
Para wisatawan biasanya mendirikan tenda untuk penginap karena pihak pengelola sudah menyediakan tempat khusus untuk wisatawan ber-camping ground yang berjarak 5km, dan bagi wisatawan yang ingin mencari hotel atau penginapan yang dekat dengan tepat wisata maka kami beritahukan bahwa belum kami temukan tempat untuk menginap para wisatawan.


1 comment: