Sunday, November 27, 2016

menyusuri dan berwisata sungai maron di pacitan

menyusuri asyiknya berwisata sungai Maron Pacitan Jawa Timur
Sungai maron seperti itu lah masyarakat luas menyebutnya, sungai ini berada di kabupaten pacitan. Sungai maron ini adalah sebuah sungai yang di jadikan tempat berwisata dan bersantai keluarga dan masyarakat luas, tempat ini menyajikan pengalaman yang berbeda dengan wisata yang lain kenapa, karena setiap pengunjung yang berwisata di tempat ini maka dia bila ingin menikmati pemandangan yang indah yang di sediakan sungai ini maka dia harus dengan menyusuri sungai tersebut yang airnya masih jernih tanpa ada campuran lumpur dan yang lainya, selama anda menyusuri sungai anda akan di suguhi jernihnya air sungai tersebut di samping itu anda juga akan melihat pemandangan yang unik yang belum anda rasakan di tempat wisata yang lain.

Sungai maron itu sendiri di kelilingi pepohonan hutan yang sangat rindang sampai mejulang ke aliran sungai dan juga akan melihat banyak sekali pohon kelapa di tepian sungai, dan karena airnya sungai sangat jernih ternyata masyarakat sekitar sungai memanfaatkan aliran sungai tersebut untuk di konsumsi sebagai sumber mata air untuk kebutuhan sehari hari.
Sungai maron ini ternyata masuk dalam kategori “green canyon” kota pacitan, dan sungai ini kalau dilihat adminstrativenya dia terletak di desa dersono, kecamatan pringkulu, kabupaten pacitan. Dari kota pacitan untuk sampai di tempat wisata sungai maron menghabiskan waktu sekitar 45menit, sementara kalau dari Goa Gong yang sangat terkenl itu akan memakan waktu sekitar ½ jam karena jaraknya Cuma 15km.

Pesona keindahan yang di tawarkan sungai maron memang sangat indah tetapi sungai ini ternyata belum setenar tempat wisata lain yang ada di pacitan seperti Goa Gong, Pantai Klayar dan Pantai Teleng Ria. Tujuan wisata yang satu ini memang menyuguhkan pemandangan yang alami dan belum ada rekayasa dari pihak pihak terkait, memang tempat wisata ini belum banyak di bicarakan masyarakat luas tetapi setiap orang yang pernah mengunjungi wisata sungai ini akan menceritakan keindahannya dan akan mengagumi setiap apa yang di tawarkan sungai ini dan alam sekitarnya mereka akan rindu untuk kembali menikmati keindahan pemandangan alam sungai maron ini sampai sampai ada artis ibu kota yang pernah ke sini dia rindu untuk kembali lagi menikmati sungai maron bahkan ada wisatawan mancanegara yang menceritakan hal yang sama yakni dia kagum dengan pemandangan yang ada di sungai maron dan ingin kembali lagi untuk menyusuri sungai ini.
Adapun cara terbaik untuk menyusuri sungai maron ini atau yang di sebut “green canyon”ini adalah dengan menyewa perahu warga setempat kemudian anda akan di ajak berkeliling dan menyusuri sungai yang panjang keseluruhannya mulai dari tempat anda naik perahu sampai ujungnya mencapai 4,5 km dan akan di tempuh dengan waktu 45menit. Kedalaman sungai ini bisa mencapai 20meter tetapi anda jangan khawatir karena anda akan diarahkan nahkoda perahu yang anda sewa ketika ingin menyusuri sungai maron ini sampai anda merasa aman dan nyaman, dan ternyata sungai maron ini bermuara di pantai Ngiroboyo, yang pantai ngiroboyo ini setiap tahunnya di adakan lomba dayung berjarak 300meter lomba ini di selenggarakan mulai tahun 2012 silam.
Sungai yang panjang, sungai yang dalam, sungai yang aliran airnya jernih, dan juga disekeliling sungai ada pepohonan besar yang rindang bak hutan belantara yang belum di jamah oleh manusia, dan di sungai ini ternyata banyak di temukan ikan kakap merah yang sangat banyak sekali, itulah sebagian kecil pemandangan dan suasana yang bisa anda nikmati ketika anda menyusuri sungai maron pacitan menuju pantai Ngiroboyo. Pengunjung pun bisa melakukan sesuatu hal yang menarik yang tidak kalah menyenangkan ketika sudah bermuara di pantai Ngiroboyo, seperti Surfing dan juga bisa Water Tubing.

alamat sungai maron
sungai maron yang cukup unik ini berada di desa Dersono, kecamatan pringkulu kabupaten Pacitan , Jawa Timur 63552, Indonesia , atau pada titik GPS @-8.2019252,110.9550906
rute menuju sungai maron
Jika pengunjung yang berasal dari solo maka bisa menempuh perjalanan melalui Jl. Solo – pacitan, setelah sampai di pertigaan desa ngadirejo (sudah masuk wilayah kecamatan pringkuku) kemudian ambilah jalan menuju desa dersono (lokasi wisata sungai Maron). Apabila dari Surabaya dan sekitarnya maka melewati arah Jl Surabaya – pacitan yang berjarak +- 270km sampai dipertigaan desa ngadirejo teruskan seperti langkah diatas.
kiranya perlu dimengerti sebenernya kota pacitan dengan kota Surabaya berjarak 270km sedangkan kalau pacitan dengan solo berjarak 100km.

tiket menyusuri sungai maron pacitan jawa timur
ketika anda masuk ke lokasi sungai anda tidak di pungut biaya, tetapi yang perlu dibayar adalah ketika anda menyewa prahu untuk menyusuri aliran sungai maron tersebut, dan biayanya berkisar Rp100,000 – Rp150,000 + juru kemudi, satu prahu bisa di naiki 5 – 6 orang..
kuliner makanan di sungai maron pacitan
di sekitar kawasan sungai maron pacitan tidak ada warung yang menjajakan menu makanan dan minuman karena disana masih asli alami. Dan bila anda ingin mencicipi makanan khas pacitan bisa anda lakukan setelah menyusuri sungai dan keluar dari lokasi sungai ketika dalam perjalanan keluar anda bisa mampir di warung warung pinggir jalan yang menyediakan menu makanan kupat tahu khas pacitan,  makanan ini terdiri dari kupat atau lontong di potong bersama dengan tahu dipotong kecil-kecil, ada seledri, taoge, bawang goreng, kacang goreng dan yang menjadi rasanya khas yaitu bumbu sambal kacang di padukan dengan rempah rempah yang mantap membuat rasanya menggugah selera makan anda, sebagai pelengkap hidangan tambahkan dengan kerupuk.
penginapan terdekat di sungai maron pacitan
di wilayah sekitar sungai maron pacitan belum ada pengusaha property yang membangun penginapan dan hotel, bila pengunjung sudah ada niat dari ingin menginap di sekitar sungai maron maka bisa menyewa home stay yaitu rumah warga yang di sewakan untuk menginap wisatawan, pastinya dengan harga yang sangat terjangkau.

No comments:

Post a Comment