Friday, December 30, 2016

Air Terjun Sekar Langit tempat sejarah Joko Tarub

Air Terjun Sekar Langit Magelang, Sejarah Joko Tarub
Magelang adalah sebuah kota yang mempunyai sejuta tempat yang sangat indah dan menarik untuk dibuat melepaskan lelah dan capek setelah berhari hari bekerja, dan juga untuk me-refresh semua pikiran yang membuat hati terasa pusing dan galau, maka sangatlah cocok anda beserta teman teman datang ke magelang dan menikmatinya, ada satu tempat wisata di magelang yang sangat menarik untuk dikunjungi, yaitu Air Terjun Sekar Langit. Air Terjun ini berada di gunung Telomoyo yaitu sebuah gunung yang menjadi pembatas antara kota Salatiga dan kota Magelang. Sekar Langit sendiri berasal dari bahasa jawa, sekar berarti Bunga dan langit berarti langit, kalau di rankai berarti Bunga yang turun dari langit, Air Terjun ini merupakan aliran tetesan dari mata air yang berasal dari puncak gunung Telomoyo.

Air Terjun Sekar Langit mempunyai ketinggian kira kira 30 meter dan dibawah air terjun terdapat bungkahan batu batu besar yang bisa menambah pemandangan semakin menawan, selain itu dengan hawa yang dingin menyejukkan semakin melengkapi keindahan suasana di lokasi air terjun sekar langit, sedangkan aliran airnya mengalir kearah barat dan menuju ke aliran sangai Elo dan kemudian airnya akan bermuara di laut pantai selatan jawa. 
Sejarah dan Mitos Air Terjun Sekar Langit
Warga sekitar sangat menghormati dan menganggap keramat tempat lokasi air terjun sekar langit, hal ini dikarenakan ada sebuah rentetan cerita kisah dongeng klasik tentang si Joko Tarub, yaitu cerita seorang pemuda yang gagah dan tampan dengan sengaja mengintip beberapa bidadari yang sedang mandi dan kemudian mencuri selendang dari salah satu bidadari yang sedang mandi di sebuah air terjun.

Di samping menghormati dan menganggap keramat, warga sekitar juga percaya bahwa air terjun sekar langit mempunyai khasiat yang luar biasa, bisa untuk menyembuhkan segala penyakit yang ringan seperti kadas kurap dan gatal gatal bahkan sampai penyakit yang sudah di anggap kronis. Selain itu air terjun ini juga dipercaya bisa di pergunakan untuk menambah aura kecantikan bagi perempuan, yaitu dengan cara berendam dan mandi di lokasi air terjun atau bisa juga dengan membasuh muka saja dengan air terjun. Ada pula yang beranggapan bahwa air terjun ini bisa berkhasiat mengencangkan payudara perempuan dan menambah padat, berisi dan lebih kencang, yaitu dengan cara mengucurkan air terjun yang jatuh langsung terkena bagian utama identitas kewanitaan tersebut secara langsung atau bisa dengan diserempet serempetkan dan dilakukan sambil mandi. Yang menjadi syarat terpenting dari kegiatan mitos ini adalah  air terjunnya harus mengenai payudara langsung jatuh dari atas sebelum sampai menyentuh bumi.
Bahkan ada mitos lain bagi sebagian orang yang sulit mendapatkan jodoh terkhusus kaum pria, tempat Air Terjun Sekar Langit juga bisa menjadi alternatif lain setelah sekian lama mencari jodoh tidak kunjung jua, karena tempat Air Terjun Sekar Langit ini dipercaya dan sering dijadikan tempat untuk melakukan ritual agar supaya keinginannya mendapatkan jodoh segera tercapai. Ritual untuk segera mendapatkan jodoh bagi kaum pria biasanya dilakukan dengan bermeditasi pada tengah malam dan itu harus pada malam jumat kliwon ataupun malam selasa kliwon, yaitu dengan cara membakar dupa atau kemenyan sambil bersila menghadap kearah timur laut. Dan biasanya tempat yang dipilih untuk melakukan itu semua adalah di atas batu besar berdiameter sekitar 5 meter yang terletak di sebelah selatan Air Terjun, konon menurut cerita tempat inilah Joko Tarub mengintip para Bidadari yang sedang mandi dan tempat ini menjadi tempat yang paling makbul (diterima hajatnya).

Alamat lokasi Air Terjun Sekar Langit
Air Terjun Sekar Langit beralamat di desa Telogorejo, kecamatan Grabag, kabupaten Magelang, Jawa Tengah
Rute Menuju Lokasi Air Terjun Sekar Langit
Untuk bisa sampai di lokasi Air Terjun Sekar Langit ini bisa di akses dengan memakai dua jalur, jalur yang pertama dari Semarang menuju Salatiga dilanjutkan menuju lokasi wisata kopeng, sebelum sampai di Kopeng tepatnya di desa Getasan anda harus belok kanan hingga sampai dipintu gerbang Air Terjun Sekar Langit, jarak Kopeng ke Air Terjun Sekar Langit sekitar 5 km dapat menggunakan kendaraan pribadi baik kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat dengan kondisi jalan sudah baik beraspal, akan tetapi sedikit licin dan diharapkan para pengendara untuk berhati hati.
Jalur Yang kedua anda bisa menggunakan jalur magelang, yaitu dari kota Magelang menuju kecamatan Grabag dilanjutkan menuju dusun dalangan, desa pandean ngablag yaitu tempat gerbang pintu masuk, dari grabag dengan menyusuri perbukitan hingga sampai di gerbang pintu akan memakan waktu kurang lebih 15-20 menit. Setelah sampai di pintu gerbang anda bisa parkirkan kendaraan di sekitar pintu gerbang. Selanjutnya dari gerbang pintu tersebut untuk menuju lokasi Air Terjun Sekar Langit berjarak 500 meter dengan melalui jalan setapak dan juga jembatan dan akan melewati hutan pinus, disepanjang jalan anda akan menemukan papan pengumuman yang ditempelkan di pohon-pohon untuk mengingatkan para pengunjung agar bilamana hujan tiba pengunung harus keluar dari lokasi. Hal tersebut diumumkan karena sering terjadi air bah yang datang dari hulu bila turun hujan lebat, selain itu juga ada larangan turun ke sungai dan mandi bilamana saat hujan turun.
Parkiran dan Tiket Masuk ke Air Terjun Sekar Langit
Untuk masuk ke lokasi wisata Air Terjun Sekar Langit pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 2,000 untuk motor dan Rp 3,000 untuk mobil.

1 comment: