Wednesday, December 14, 2016

danau penuh misteri danau Ranu Kumbolo

wisata danau Ranu Kumbolo sebuah danau misteri
Nama Ranu Kumbolo adalah salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di wilayah jawa timur dan wisata ini sangat diminati wisatawan yang suka petualangan karena jalurnya yang naik di pendakian dan alamnya pun masih asli dan sejuk, dan karena lokasi wisata Ranu Kumbolo masih di dalam luang lingkup wilayah gunung semeru yaitu gunung tertinggi di jawa dan masuk di dalam area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Wisata alam danau Ranu Kumbolo juga sering dikatakan wisata yang masih prawan karena belum cukup banyak wisata yang menjamah ke tempat tersebut di karenakan mungkin akses untuk sampai di lokasi danau cukup sulit tetapi justru dari itu lah sebagian orang lebih tertantang untuk berwisata di tempat yang memerlukan pendakian dan petualangan dan juga memerlukan perjuangan untuk sampai di tempat yang mereka tuju khususnya pemuda pemudi, itu semua akan menjadi pengalaman yang sangat mengesankan dan sulit untuk di lupakan, dan ketika sudah sampai di lokasi anda akan merasakan hal yang beda semua pikiran akan merasa fresh.

Masih banyak kelebihan lain yang perlu di rasakan para pengunjung ketika berada di lokasi danau ranu kumbolo, tak terkecuali udaranya yang sejuk dan banyaknya pepohonan menambah suasana terasa nyaman dan tentram bahkan semua pikiran dan kesibukan diluar sana akan hilang walaupun Cuma sebentar saja itu akan membuat badan dan pikiran anda akan merasa sedikit lebih ada kekuatannya. Memang sangat banyak wisata alam yang ada di jawa timur yang menarik untuk di kunjung tetapi ada yang unik dari tempat wisata danau Ranu Kumbol yaitu sebuah danau yang membentang luas untuk sampai di lokasi sendiri sudah menguras banyak tenaga jusru itu yang banyak disukai para wisatawan yang suka tantangan.
Misteri Danau Ranu Kumbolo
Ada cerita yang beredar di kalangan para wisatawan yang menyatakan bahwa danau Ranu Kumbolo sangat angker dan juga banyak tersebar cerita mistis di daerah tersebut, salah satunya adalah terjadi penampakan seorang wanita cantik dengan gaun putih yang sangat anggun dan itu terjadi biasanya pada bulan purnama, oleh masyarakat wanita bergaun putih tersebut di yakini adalah penunggu lokasi danau Ranu Kumbolo.
Ada banyak sekali kabar yang menyatakan banyak misteri yang terjadi di lingkungan lokasi gunung semeru mulai dari kalangan para pendaki yang kebanyakan mengatakan keberadaan patung Arcopodo yang misterius, dan juga ada misteri Blank 75 yang membuat kejadian sangat aneh tiba tiba para pendaki mengalami berputar-putar terus dan tersesat, dan juga ada cerita di lokasi danau Ranu Kumbolo yang berbau mistis.
Ada kejadian yang di alami salah seorang pendaki yang melihat kejadian di lokasi danau, itu terjadi pada tahun 2004 silam, pada waktu itu ada kegiatan bakti social (baksos) di desa Ranupani yaitu bulan agustus 2004, saat itu ada seorang penganten yang baru menikah mereka ingin melaksanakan ritual dan yang di tuju adalah danau ranu Kumbolo mereka memberikan sesaji yang berbentuk bermacam macam makanan untuk di persembahkan kepada penunggu danau Ranu KUmbolo, setelah menaruh bermacam macam makanan tadi di pinggir danau dan kemudian membakar dupa di tempat yang sudah di sediakan, lalu kedua kekasih yang baru melaksanakn pernikahan tersebut mandi di pinggir danau, dan ternyata si wanita terpeleset dan terbawa arus danau yang sangat kuat dan tenggelam ke tengah danau setelah sekian lama dia muncal kepermukaan dengan keadaan sudah tidak bernapas lagi, padahal arus danau sangat pelan dan tenang, sepertinya ada hal ghaib yang menarik pengantin wanita dari dasar danau. Terlepas dari cerita mistis yang berlaku di lingkungan danau Ranu Kumbolo ternyata danau ini memiliki pemandangan yang sangat mempesona yang bisa menenangkan jiwa dan hati pengunjung.

alamat danau Ranu Kumbolo
danau Ranu Kumbolo ini beralamat di pasrujambe, kabupaten lumajang, Jawa Timur. Atau pada titik GPS dan juga peta @-8.0491835,112.9165602
rute menuju ke danau ranu kumbolo
untuk menuju ke danau ranu kumbolo bisa di mulai dari kota malang bahkan bisa juga dari probolinggo. Bila dari terminal arjosari yang terletak di kota malang anda bisa naik angkutan umum menuju tumpang dan turun saja di pasar tumpang, kemudian untuk melanjutkan perjalanan bersama sama para pendaki yang sudah siap melanjutkan perjalanannya dan perjalanan kali ini harus menggunakan mobil jenis hardtop. Dengan mobil tersebut anda akan melakukan petualangan yang cukup menegangkan, bagaimana tidak pada waktu perjalanan anda akan sering mendapatkan kejadian yang tiba tiba menginjal rem karena jalan yang masih terjal naik turun bahkan sesekali mendapatkan jurang di sebelah kanan dan kiri persis di sebelah roda mobil membuat Susana menegangkan. Namun kengerian perjalanan akan terbayar lunas ketika anda sudah sampai di lokasi tempat wisata dengan melihat pemandangan yang sangat mengagumkan.

harga tiket masuk ke ranukumbolo
untuk tiket nya Rp22,000 pada hari biasa dan Rp25,000 pada hari libur ini untuk wisatawan lokal, dan Rp210.000 pada hari biasa dan Rp310.000 pada hari libur ini khusus untuk wisatawan mancanegara.
kuliner yang ada di ranukumbolo
belum ada yang menjual makanan dan minuman di lokasi wisata alam danau ranu kumbolo, maka di sarankan bagi pengunjung untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah dan untuk menghemat waktu dan tenaga bawalah bekal yang berjenis makanan instant agar supaya mudah menggarapnya, karena paling cocok ketika dilokasi danau adalah menikmati mie instant yang masih panas dan juga di sebelahnya ada the manis ataupun kopi yang juga sama sama panas.
hotel terdekat di danau Ranu Kumbolo
tidak ada penginapan ataupun hotel di deket lokasi danau ranu kumbolo karena merupakan salah satu jalur pendakian menuju gunung semeru,tetapi banyak dari para mengunjung yang berkemah dan mendirikan tenda di lokasi danau ini, dan mereka membawa sendiri tenda dari rumah dan jangan lupa untuk membawa semua peralatan berkemah untuk kenyamanan anda beserta rombongan supaya anda bisa menkmati pemandangan dengan tenang dan nyaman.





No comments:

Post a Comment