Monday, December 26, 2016

danau istimewa bandung Situ Patenggang

Situ Patenggang Danau Indah Di Bandung
Kota Bandung memang memiliki banyak tempat yang indah dan mempesona, kota yang berjuluk kota kembang ini mempunyai tempat wisata yang berbentuk danau yang menyajikan pemandangan yang menawan, sebut saja Danau Situ Patenggang. Danau Situ Patenggang ini terletak di kota bandung selatan, jawa barat, lebih tepatnya di lokasi ciwidey. Danau Situ patenggang merupakan tempat wisata yang cukup terkenal di Bandung karena Danau ini memiliki alam yang sangat eksotis dan di bantu dengan cuaca hawa dingin membuat suasana lebih nyaman menentramkan jiwa, dengan keberadaan danau yang berada di kisaran ketinggian 1600 meter di atas permukaan air laut menjadikan lingkungan sekitar danau sesekali di selimuti kabut apalagi pada waktu sore hari menjelang malam dan sampai pagi hari hawa di lokasi akan semakin dingin menyejukkan, dengan hamparan kebun teh yang ada di sekitar lokasi Danau membuat pemandangan semakin mempesona indah.

Selama perjalanan untuk menuju lokasi Danau Situ Patenggang para pengunjung akan di suguhi pamandangan hamparan kebun teh yang sangat luas. Sedangkan luas Danau Situ Patenggang sekitar 45,000 hektar, serta mempunyai luas mencapai 123.077,15 hektar dari total keseluruhan cagar alamnya. Dan Danau Situ Patenggang sering menjadi pilihan berikutnya bagi para wisatawan datang ke Bandung setelah mereka menikmati keindahan Kawah Putih, karena jarak dari kawah putih menuju danau Situ Patenggang hanya 7 km dan perjalanan memakan waktu sekitar 10 menit saja, makanya para pengunjung tidak mau melewatkan tempat wisata alam yang ada di kota bandung satu sama lain.
Sejarah dan Mitos danau Situ Patenggang

Selain keindahan wisata alam Danau Situ Patenggang yang sudah menyebar luas di pelosok kota bandung terutama bahkan sampai di jawa barat pada umumnya, ternyata Danau ini menyimpan sejarah yang teramat mengesankan. Sesuai yang tertera di lokasi wisata sekitar Danau, nama Danau ( Patenggang ) berasal dari bahasa Sunda  atau biasa di sebut Pateangan-teangan ( saling mencari ). Asal mula dari nama tersebut di kisahkan pada jaman dahulu hidup seorang putra Prabu yang bernama ki Santang, dia mencintai seorang Putri titisan Dewi yang bernama Dewi Rengganis, mereka berdua hidup bersama alam untuk sekian tahun sampai dewasa. Kemudian mereka berpisah satu sama lain untuk beberapa tahun, karena cinta mereka yang ibaratnya cinta sampai mati maka mereka saling mencari kesana kemari, dan pada akhirnya mereka saling bertemu kembali di sebuah tempat yang sampai sekarang nama tersebut di abadikan dan di beri nama “Batu Cinta”. Setelah mereka bertemu Dewi Rengganis pun meminta kepada Ki Santang untuk di buatkan sebuah Danau dan perahu untuk membuktikan cinta mereka berdua dan bisa berlayar berdua.
Menurut cerita yang beredar di masyarakat perahu yang di buat berlayar mereka berdua itulah sekarang menjadi sebuah Pulau yang berbentuk Hati, dan bernama ( Pulau Asmara / Pulau Sasaka). Dan menurut mitosnya, barang siapa para wisatawan yang singgah di Batu Cinta tersebut dan mengelilingi Pulau Asmara, maka dia akan senantiasa mendapatkan Cinta yang abadi sampai mati seperti dalam kisah.
Alamat Danau Situ Patenggang Bandung
Wisata Situ Patenggang berlokasi di jalan ciwidey – rancabali, desa patengan, kecamatan Rancabali, kabupaten Bandung, 40973. Atau pada GPS : S7.163690 - E107.357070, Altitude 1605 meter.
Rute menuju lokasi Danau Situ Patenggang
Ada beberapa jalur untuk menuju wisata Situ Patenggang, baik itu dari Jakarta ke situ Patenggang atau dari bandung ke Situ patenggang. Jarak antara bandung kota sampai situ patenggang yaitu 48,3 km, atau dalam perjalanan akan memekan waktu 1,25 menit. Sedangkan jarak dari Jakarta pusat ke Situ Patenggang Bandung yaitu kurang lebih 203 km  atau dalam perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam lebih 5 menit.
Ada beberapa rute yang biasa di lewati para wisatawan yang datang dari Jakarta ke bandung atau dari bandung ke situ patenggang.
Rute perJalanan dari Jakarta ke Pantenggang:
Dari Jakarta menuju Cipularang diteruskan menuju Pintu Tol Kopo dilanjutkan ke Soreang lalu arah Ciwidey sampai menuju ke Patengan / Patenggang
Atau dari Jakarta bisa menuju Cipularang lalu ambil arah Tol Buah Batu  kemudian nambil arah Banjaran setelah sampai ambil lagi arah Soreang  dilanjutkan lagi sampai Ciwidey barulah sampai di Patengan / Patenggang
Atau juga bisa lewat Jakarta munuju Cipularang arah Leuwi Gajah kemudian menuju Soreang lalu bisa sampai di Ciwidey setelah itu baru sampai Patengan / Patenggang
Rute Jalan dari Jakarta ke Patenggang Apabila menggunakan kendaraan umum dari Jakarta, anda bisa menggunakan bus jurusan Leuwi Panjang Bandung. Dari leuwi kemudian perjalanan dilanjutkan menggunakan angkutan jurusan Leuwi Panjang menuju Ciwidey. Dari terminal Ciwidey, ada angkutan kota dengan jalur menuju Patenggang.
Tiket masuk ke Danau Situ Patenggang
Untuk bisa merasakan keindahan wisata Situ Patenggang anda di kenakan biaya Rp 18,000 /orang pada hari weekday dan biaya Rp 20,500 /orang pada hari weekend.
Dan untuk biaya parkiran kendaran adalah Rp 22,000 /bus dan untuk kendaraan roda empat Rp11,000 /mobil dan untuk motor Rp 3,500 /motor.
Penginapan di sekitar Danau Situ Patenggang
Terdapat penginapan di area wisata Danau Situ Patenggang yang semuanya di bawah pengawasan pengelola perhutani, bagi para wisatawan yang sudah capek dan lelah dan indin menginap bisa menyewa penginapan. Selain itu di lokasi sekitar danau terdapat juga gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga dan juga bisa beristirahat di sekitar obyek wisata.

No comments:

Post a Comment