Saturday, December 24, 2016

Padang Savana Afrika di Indonesia, Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Taman Nasional Alas Purwo, Padang Savana Afrika Di Indonesia

Di jawa timur lebih tepatnya di Banyuwangi ada sebuah tempat wisata yang menyajikan lokasi yang sangat menawan berupa hutan yang sangat luas dan sampai di juluki padang safana Afrika yang ada di Indonesia, hutan yang ini di namakan wisata Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) taman ini sendiri merupakan salah satu tempat wisata di banyuwangi, dan taman tersebut sebelumnya bernama Suaka Margasatwa Banyuwangi Selatan. Sedangkan di Banyuwangi sendiri sebenernya mempunyai Taman Nasional yang lain yaitu Alas Purwo dan Taman Nasional Meru Betiri, Suaka Margasatwa Banyuwangi Selatan yang sekarang berubah nama menjadi Alas Purwo adalah sebuah hutan tertua di pulau jawa maka dari itu oleh warga sekitar diganti nama menjadi Alas Purwo, selain menjadi obyek wisata di banyuwangi ternyata Taman Nasional Alas Purwo ini juga menjadi tujuan sebagian orang yang akan berziarah dan oleh mereka dianggap keramat karena terdapat beberapa tempat yang di keramatkan dan di agungkan.
Setiap tahun tempat wisata Taman Nasional Alas Purwo ini selalu ramai dikunjungi oleh umat Hindu yang datang dari Pulau Bali dan Banyuwangi sendiri, mereka datang untuk mengunjungi sebuah Pura yang terletak di tengah tengah Alas dan Pura pura tersebut di agungkan oleh mereka. Sedangkan pada setiap tanggal 1 Suro dan pada saat bulan purnama banyak dari kalangaan masyarakat berdatangan untuk melakukan semedi dan mencari wangsit bahkan apa saja yang masih ada hubungannya dengan mistis, karena menurut kebanyakan dari mereka Alas Purwo diyakini tempat yang paling angker di pulau jawa.
Wisata di kawasan Taman Nasional Alas Purwo
Menjelajah Hutan
Taman Nasional Alas Purwo adalah tempat wisata yang ada di jawa yang meyediakan tempat wisata yang sangat komplit, apabila anda berkunjung ke tempat ini maka anda bisa menikmati bermacam macam wisata sekaligus, sedangkan aktifitas yang bisa dilakukan para pengunjung disini adalah menjelajahi hutan yang sangat luas serta mengamati flora dan fauna yang ada di dalamnya, berjemur di pantai, berselancar bahkan berziarah ditempat tempat yang angker.

Terdapat sekitar 13 jenis tumbuhan bambu dan 548 jenis tanaman lain yang terdapat di Alas Purwo semuanya terdiri dari semak, herbal, pohon dan rumput, sawo kecik (Manilkara Kauki) dan Bambu Manggong (Gigantochloa Manggong) tumbuhan ini merupakan tumbuhan endemic yang terdapat di alas Purwo, selain itu juga terdapat beberapa tumbuhan yang lain, semisal Kepuh (Sterculia Foetida), Nyamplung (Calophyllum Inophyllum), Ketapang (Terminalia Cattapa) dan Keben (Barringtonia Asiatica).
Ada juga beberapa spesies hewan yang terdapat di Taman Nasional tersebut seperti Banteng (Bos Javanicus), Lutung Budeng (Trachypithecus Auratus), Rusa (Cervus Timorensis), Burung Merak (Pavo Muticus) dan Macan Tutul (Pantera pardus). Jika pengunjung ingin berinteraksi langsung serta mengamati tingkah para hewan hewan yang terdapat di  Taman Nasional ini, maka pengunjung bisa datang ke Padang Savana Sadengan yang berjarak 12 km dari pintu masuk Taman Nasional Alas Purwo.

Setelah menjelajahi hutan dan menikmati pemandangannya anda bisa melanjutkan penelusuran anda di pantai yng terletak tidak jauh dari Padang Savana hanya berjarak 1,5 km yaitu pantai Trianggulasi, di pantai tersebut terdapat tugu yang bernama Tugu Trianggulasi. Pantai Trianggulasi ini memiliki hamparan pasir putih yang membentang luas serta dipadukan dengan hutan dan pantai, tempat ini merupakan tempat yang cocok bagi anda untuk mendirikan tenda dan berkemah untuk melihat matahari terbenam. Selain itu anda juga bisa mengunjungi Pantai Ngagelan yang berjarak 5 km pantai ini menjadi tempat untuk penangkaran penyu.
 berselancar
Untuk pengunjung yang suka olahraga ekstrim seperti selancar disinilah di pantai Plengkung atau Pantai G-Land, anda wajib mencoba besarnya gelombang yang miliki Pantai tersebut, dan gelombang yang banyak di idam-idamkan para pesalancar adalah pada bula Mei – Oktober.
Tempat wisata lainnya yang masih di kawasan Taman nasional Alas Purwo adalah Segara Anakan, Segara ini merupakan teluk kecik yang mempunyai lebar sekitar 400meter dan panjang sekitar 18 km, segara anakan ini mempunyai daya tarik tersendiri yaitu memilki hutan bakau terluas se jawa timur  dan terdapat 26 jenis hutan bakau di lokasi Segara anakan ini.
Selain keindahan alamnya ternyata taman nasional ini juga terkenal dengan wisata ziarah, dilokasi terdapat situs situs tempat untuk orang bersemedi mencari berkah dan wangsit. Di lokasi juga terdapat pura Luhur Giri Salaka yang merupakan pura tempat ibadah masyarakat Hindu di sekitar, selain tempat tempat tersebut terdapat juga Goa yang dianggap keramat, ada Goa Istana dan Goa Padepokan.
Kawasan Taman nasional ini mempunyai luas area 43.420 hektar dan mempunyai ketinggian 322 meter diatas permukaan laut dan mempunyai puncak tertinggi digunung Lingga Manis, ada lagi di area taman nasional ini tipe hutan seperti hutan bambu, hutan bakau, hutan tanaman, hutan alam, hutan pantai dan juga hutan savanna yang bisa anda temui.
Alamat Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi
Taman Nasional Alas Purwo ini berlokasi di dua kecamatan yaitu kec. Tegaldlimo dan kec. Purwoharjo, kabupaten Banyuwangi, jawa timur.
Rute ke lokasi Taman Nasional Alas Purwo
Jika pengunjung memulai perjalanan dari Banyuwangi kota untuk sampai dilokasi Taman Nasional Alas Purwo bisa dengan menggunakan mobil pribadi atau menggunaka mobil sewaan dan ketempat ini berjarak 66 km menuju pasar Anyar, setelah itu anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Rawa Bendo yaitu lokasi Pos Pintu Utama, setelah itu anda bisa menelusuri Taman Nasional Alas Purwo.
Fasilitas serta Akomodasi di Taman Nasional
Terdapat beberapa fasilitas yang berada didalam luang lingkup taman nasional alas purwo yang cukup memadai, misalnya ada pemandu hutan atau disebut Jagawana, persewaan mobil dan motor untuk bisa menjelajahi hutan, wisma tamu yang ada di pos Rawa Bendo, warung makan dan juga Cottage di pantai Plengkung (G-Land)

1 comment: