Tuesday, December 20, 2016

sejarah wisata alam Goa Gong Pacitan

Menyimak Sejarah Wisata Alam Goa Gong Pacitan
Kota Pacitan memang sungguh memiliki begitu banyak tempat tempat yang sangat terkenal akan keindahannya, baik wisata airnya yang meliputi pantai seperti Pantai yang indah yaitu Pantai Klayar, dan juga wisata alam yang berada di darat seperti Goa Gong dan masih banyak lagi yang lainnya. Goa Gong berada di Bomo ikut kabupaten Pacitan dan Goa ini adalah sebuah Goa yang memiliki panorama alam yang sangat mengesankan dengan bukti Goa gong ini mendapatkan predikat sebagai tempat wisata alam berbentuk Goa terindah se-Asia tenggara. Berada di dalam Goa Gong ini pengunjung bisa menikmati indahnya alam ini dengan menyusuri dasar Goa tersebut selama kurang lebih 2 jam, dengan begitu para pengunjung bisa mengetahui pesona alam Goa Gong yang indah ini bersumber dari panorama stalaktit dan juga stalagmit.

Goa Gong yang terkenal ini berada di jawa timur dan di liputi oleh beberapa pegunungan sebut saja sebelah timur dari Goa Gong ada gunung gede, sebelah barat ada gunung Grugah, sebelah Utara ada gunung Manyar dan sebelah selatan ada Gunung Karang Pulut, dari keempat gunung tersebut merupakan gunung yang non-aktif. Kota pacitan dan sekitarnya ini memiliki bentangan alam yang tersusun dari berbagai pegunungan yang terbuat dan berbentuk kapur sehingga apabila di jadikan untuk bercocok tanam kurang subur, karena kandungan hara yang di miliki oleh tanah di sekitar Pacitan dan sekitarnya cukup sedikit dengan demikian jenis tanah di pacitan tergolong cukup gersang. Sedangkan kontur tanah dengan ketinggiannya yang terletak di wilayah Pacitan membuat lokasi itu sedikit berpotensi memiliki banyak tempat yang asyik untuk di jadikan wisata alam salah satunya adalah Goa Gong. Dan apabila Goa Gong di lihat secara administratif berlokasi di Dusun Pule, Desa Bomo, dan masuk di Kecamatan Punung, dan berjarak sekitar 37 km arah barat dari kota Pacitan.

Sejarah Goa Gong Pacitan
Bermula dari ceritera yang sudah turun temurun sejak lama dari masyarakat sekitar bahwa Goa Gong mempunyai cerita misteri dan mistis, Goa yang satu ini di beri nama Goa Gong tidak lain adalah karena masyarakat sekitar sering mendengar suara gema tabuhan seperti suara Gong yang bermuara dari dalam Goa, gong sendiri adalah alat musik yang berasal dari kesenian gamelan jawa. Dan ternyata suara gema tabuhan tersebut hasil pantulan suara dari banyaknya tetesan air yang jatuh menimpat stalaktit dan stalagmit goa, sehingga menjadikan suara tersebut menyerupai alunan suara gamelan jawa yang sangat khas dan juga harmonis perpaduan antara satu sama lain.
Alamat lokasi Goa Gong Pacitan
Goa Gong ini berlokasi di dusun pule desa Bomo, kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia . atau dalam titik GPS dan peta @-8.1650083,110.9775828
Rute jalan menuju Goa Gong Pacitan
Apabila perjalanan di mulai dari Yogyakarta atau pun dari solo, maka terlebih dahulu akan melewati ponorogo kemudian lewat Madiun barulah sampai di kota Pacitan. Sedangkan kalau bermula dari Surabaya pengunjung bisa memakai kendaraan pribadi ataupun bisa menggunakan bus patas dari Surabaya – ponorogo, lalu mengganti bus yang akan mengantar wisatawan ke Pacitan, dari pusat kota Pacitan sendiri untuk sampai ke lokasi wisata Goa Gong bisa di tempuh kurang lebih 30 menit perjalanan, dari kota Pacitan langsung saja menuju tempat lokasi Goa Gong yang di desa Bomo, kecamatan Punung.

tiket masuk Goa Gong Pacitan
Hanya dengan uang sebesar Rp5,000 saja para pengunjung bisa menikmati keindahan yang di tawarkan oleh tempat wisata alam Goa Gong pacitan yang sangat kaya akan panorama stalagmit ( bebatuan yang mengandung kapur yang berbentuk meruncing yang terdapat di lantai Goa) dan juga stalaktit (mineral skunder yang menggantung di langit langit goa)

kuliner di sekitar Goa Gong Pacitan
Begitu banyak pedagang yang menawarkan dagangan yang beraneka ragam yang tersedia di Goa Gong, mulai dari aneka makanan dan minuman, selain itu juga ada makanan khas Pacitan yaitu nasi tiwul (sego tiwul), nasi tiwul ini sangat terkenal dan banyak di buru para wisatawan yang datang ke kota Pacitan dan khususnya Goa Gong, itu di buktikan dengan sering ramainya pembeli setiap warung yang menyediakan nasi tiwul. Setelah para pengunjung selesai dari penyusuran di dalam goa yang membutuhkan waktu cukup lama dan merasa perut sudah keroncongan maka pengunjung bisa langsung menyerbu tempat tempat yang menyediakan menu makanan khas pacitan dan makanan makanan lain dan juga minuman. Selain itu juga banyak cinderamata dan souvenir yang ada di lokasi Goa Gong bahkan banyak pedagang yang mendasarkan dagangannya di sepanjang jalan menuju Goa Gong, berbagai macam harga ditawarkan di lokasi ini mulai dari yang berharga Rp50,000 sampai yang berharga Rp150,000 anda bisa membawa pulang souvenir ciri khas Goa Gong yang berbentuk foto Goa ataupun lukisan wajah yang sangat unik buat oleh oleh keluarga di rumah.

hotel dan penginapan di sekitar Goa Gong Pacitan
Jika Anda dan keluarga sudah ada rencana untuk menginap, maka Anda dapat mencari hotel  yang terdekat Goa Gong Pacitan ini. Terdapat hotel beraneka jenis penginapan mulai dari hotel dan juga penginapan lain dengan fasilitas yang cukup lengkap. dan jika ingin memesan hotelnya dengan cara yang mudah maka Anda dapat menghubungi pihak hotel yang terkait melalui telpon celuler ataupun bisa mencari hotel yang ada di dekat Goa Gong secara online. Salah satu booking-an online yang popular saat ini di kalangan para wisatawan adalah AGODA. Selamat menikmati.!!


2 comments: