Saturday, December 24, 2016

keindahan kawah putih Ciwidey Bandung

Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung
Satu lagi tempat wisata yang terletak di bandung yang sangat menakjubkan dan paling terkenal di antara lainnya, yaitu kawah putih ciwidey. Kawah putih ini dulunya merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat letusan gunung Patuha, lokasi kawah putih ini terletak di ciwidey, bandung, kurang lebih 50km arah selatan dari kota bandung. Sesuai nama yang di sandangnya , unsur tanah yang ada di kawasan lokasi danau ini berwarna putih karena bercampur dengan unsur belerang, selain itu warna air yang berada di danaunya juga mempunyai keunikan tersendiri dengan warna putih kehijau hijauan dan warna tersebut bisa berubah sewaktu waktu tergantung cuaca, suhu dan bahkan kadar belerang yang di kandung nya.

Kawah putih ciwidey berada di ketinggian lebih dari 2,400 meter di atas permukaan laut, sehingga dengan ketinggian tersebut bisa di bayangkan bagaimana suasana udara di sana yang pastinya sangat dingin menyejukkan, dengan suhu 8 derajat celcius bisa sampai dengan suhu 22 derajat celcius udara di lokasi kawah putih sangat dingin bisa saja menembus sampai tulang sumsum, maka di sarankan bagi para wisatawan yang hendak mengunjunginya untuk memakai pakaian tebal saat berwisata di kawah putih ciwidey, agar supaya anda bisa menikmati pemandangan yang sangat mempesona yang di suguhkan kawah putih ini tidak terganggu dengan cuaca yang sedikit ekstrim tersebut, selain itu tempat lokasi kawah putih juga sering di buat kegiatan yang lain misalnya untuk melukis, pengambilan gambar film, foto pengantin, foto pre-weding, bahkan sampai kegiatan pendakian dan juga berkuda.
Sejarah kawah putih ciwidey

Cerita tentang kawah putih ini di mulai pada abad ke 10 di mana pada saat itu terjadi letusan yang sangat dahsyat dari gunung Patuha, Pasca letusan tersebut banyak dari masyarakat yang menganggap tempat bekas terjadinya letusan adalah angker di karenakan banyak burung yang mati setiap terbang di atas lokasi letusan dan tidak ada satupun hewan yang mendekat. Tetapi lama kelamaan anggapan masyarakat tentang angkernya lokasi bekas letusan tersebut mulai sirna, dan itu dikarenakan pada tahun 1837m ada seorang ahli botani dari jerman yang datang ke bandung dan melakukan penelitian, peneliti ini bernama Dr. Frans Wilhelm Junghuhn,  dia sangat tertarik dengan lokasi pegunungan yang sepi tanpa makhluk hidup bahkan tidak ada satupun burung terbang di atasnya, dia mulai berkeliling ke desa-desa dan mencari informasi ke warga sekitar dan semuanya mengatakan bahwa lokasi tersebut sangat angker dan dihuni makhluk gaib, tetapi pernyataan warga menurut Dr. Frans Wilhelm tidak masuk akal. Karena keinginannya untuk mengetahui lokasi gunung tersebut dia bertekad untuk masuk ke hutan rimba dan sampailah dia di puncak gunung, dan di puncak dia menemukan  sebuah danau berwarna putih bekas letusan yang masih mengandung belerang yang sangat menyengat, ternyata hewan tidak ada yang hidup di sekitar danau karena bau belerang bukan karena makhluk gaib. Sejak saat itu lokasi kawah putih mulai berangsur angsur ramai dikunjungi wisatawan dan puncaknya pada tahun 1987 pemerintah daerah mengembangkan kawasan ini sebagai tempat wisata alam yang sangat menarik dengan bekas kawah berupa danau yang berwarna.
Alamat dan lokasi kawah putih ciwidey bandung
Kawah putih ini berlokasi di jalan Raya Soreang ciwidey km 25, patengan, kabupaten bandung, provinsi jawa barat.
Rute menuju ke kawah putih ciwidey
Bagi pengunjung yang hendak menuju ke lokasi kawah putih yang mempunyai pemandangan yang sangat indah ini cukup mudah dan tempatnya tidak begitu jauh dari tempat wisata yang cukup terkenal situ patenggang dan untuk menuju ke lokasi wisata dapat di lalui dengan mudah apabila membawa kendaraan pribadi karena sudah terdapat banyak sekali petunjuk jalan.
Apabila dimulai dari Jakarta, anda bisa menggunakan jalur tol cipularang dan keluar melalui pintu keluar tol kopo, setelah itu arahkan kendaraan menuju soreang dan di lanjutkan lagi ke selatan ciwidey, setelah sampai di ciwidey sudah banyak petunjuk jalan yang tertera di pinggir jalanuntuk sampai di gerbang kawah putih.
Dan apabila anda menggunakan kendaraan umum maka anda bisa naik angkutan umum dari terminal Luewi panjang yang menuju ke terminal ciwidey, setelah sampai di terminal ciwidey anda bisa melanjutkan naik angkutan umum lagi menuju situ patenggang dan turun di depan pintu gerbang kawah putih.
Setelah sampai di gerbang ada angkutan satu lagi yang cukup menghibur pengunjung untuk sampai dilokasi kawah putih yaitu ontang – anting, ontang-anting adalah merupakan kendaraan khas wisata kawah putih ciwidey, kendaraan ini berupa mini bus yang sudah di desain dan dimodifikasi menjadi terbuka dan pasti sudah dilengkapi dengaan pengaman, sedangkan kapasitasnya maksimal diisi 12 orang untuk per satu ontang-antingnya, tetapi jangan khawatir tidak kebagian kendaraan seru ini, karena ada banyak penyedia angkutan khas kawah putih ontang-anting ini, dan itu pun kalau pengunjung ingin menggunakan jasa tersebut karena lebih murah dan bisa menikmati suasana hutan pegunungan dengan sangat jelas, kalaupun tidak mau dan ingin keatas dengan kendaraan pribadinya juga tidak masalah.
Tiket masuk ke kawah putih ciwidey bandung
Harga tiket masuk ke kawah putih ciwidey sebesar Rp15,000 /orangnya dan harga tersebut dipatok sama baik hari hari libur atau pun hari biasa, sedangkan bagi yang membawa kendaraan akan dikenai biaya parkiran sebagai berikut:
Parkir atas (mobil): Rp 150,000
Parkir atas (motor): Rp 13,000
Parkir atas (Ontang – anting): Rp 13,000
Parkir bawah (mobil): Rp 6,000
Parkir bawah (motor): Rp 5,000
Parkir bawah (bus): Rp 25,000 
Yang di maksud parkir atas yaitu membawa serta kendaraan sampai mendekati lokasi kawah putih, dan kendaraan bus tidak bisa sampai parkiran atas, sedangkan parkiran bawah yaitu memarkirkan kendaraan di dekat gerbang masuk kemudian menuju ke kawah dengan naik ontang-anting.

2 comments: