Tuesday, December 20, 2016

pantai dan Goa watu lawang gunung kidul

keindahan pantai dan goa watu lawang Yogyakarta
Memang begitu banyak tempat wisata yang ada di gunung kidul Yogyakarta, tidak terkecuali pantainya, ada sebuah pantai yang memiliki pemandangan yang indah dengan pasir putih yang membentang luas sejauh mata memandang, pantai yang ada di wilayah gunung kidul ini menawarkan keindahan eksotis yang berupa bebatuan karang yang ada di sekitar bibir pantai selain itu juga pemandangan ombak yang tiada henti dan selalu datang setiap detiknya. Pantai ini juga letaknya diapit oleh dua pantai yang terkenal lebih awal, bernama Pantai Indrayanti dan pantai pulang syawal yang terletak di sebelah Barat dan Pantai Pok Tunggal yang terletak di sebelah Timur.

sejarah dan mitos Pantai Watu Lawang Jogjakarta
pantai yang indah ini di beri nama pantai Watu Lawang, karena di sekitar pantai ini terdapat sebuah Goa Batu yang oleh masyarakat sekitar biasa di gunakan untuk sadranan, adalah sebuah acara untuk mengenang leluhur desa ataupun untuk memperingati hari jadi desa sekitar, dalam hal ini sadranan atau biasa disebut nyadran didesa ini di adakan pada bual sya’ban dalam kalender hijriyah atau kalender islam. Sedangkan pintu yang menutup Goa tersebut hanya dibuka pada saat upacara nyadran di laksanakan dan pada waktu itu juga boleh di masuki oleh masyarakat luas selain waktu tersebut tidak boleh.
Menurut para tokoh di sekitar sini, goa tersebut merupakan jejak tilas dari Prabu Brawijaya ke – VI. Disebut Goa Watulawang karena terdapat sebuah batu besar bentuknya menyerupai pintu yang berada di mulut goa.
pemandangan pantai Watu Lawang ini sangat indah mempesona dan semakin hari para pengunjung yang datang semakin bertambah, di samping masyarakat luas banyak yang mengenalnya juga sering di bicaraakan di social media, saat ini sudah banyak foto yang di abadikan pengunjung dengan pemandangan pantai Watu Lawang yang sampai menjadi trending topic sebagai salah satu pantai yang mempunyai pemandangan yang sangat eksotis yang terdapat di kota jogja.
Lokasi pantai watu lawang ini mempunyai 2 (dua) bagian letak pantai, yang satu berada di wilayah sebelah barat Goa dan wilayah ini tempatnya tidak terlalu luas dan hanya bisa melakukan kegiatan berjalan jalan saja, sedang bagian yang kedua berada di wilayah bagian timur dari goa dan tempat yang ada di timur goa lebih luas dari pada sebelah barat dan tempat ini sering digunakan untuk olah raga air para pengunjung.

alamat pantai Watu Lawang Wonosari Gunung Kidul
Pantai Watu lawang ini beralamat di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun titik GPS dan peta sebagai berikut @-8.2691157,110.4006174

rute ke Pantai Watu Lawang gunung kidul
jarak tempuh menuju ke pantai ini tidak terlalu lama, hanya memerlukan waktu kurang lebih 1 jam 45 menit jika dimulai dari Yogyakarta dan memakai kendaraan pribadi. Jalan untuk menuju pantai watulawang ini pun juga masih jalan tanah dan bebatuan padas, jika berangkat menggunakan mobil pribadi maka jalan ini hanya bisa dilewati oleh 1 mobil, karena lebarnya jalan sangat pas dengan lebar mobil.
Untuk menuju Pantai Watulawang anda harus mengarahkan kendaraan ke arah Timur dari Pantai Pulang Syawal  atau disebut juga pantai Indrayanti. Setelah perjalanan yang perlahan-lahan menuju kearah timur, maka seterusnya anda akan menemui sebuah papan petunjuk jalan yang menunjukkan arah menuju Pantai Watulawang yang jaraknya sekitar 200 m.
Ada 2 rute yang cukup mudah yang bisa anda ikuti ketika ingin menuju pantai watulawang ini, yaitu:
1. Dari kota Yogyakarta pengunjung bisa lewat jalur Jalan menuju Imogiri Barat arah Panggang menuju lagi Saptosari diteruskan ke pantai Baron lalu menuju pantai kukup kemudian menuju Tepus dan menuju pantai krakal kemudian ke Pantai Watulawang.
2. Dari kota Yogyakarta bisa langsung ke kota Wonosari dan setelah itu akan menemukan beberapa penunjuk arah menuju ke pantai Indrayanti dan selanjutnya anda harus menuju Pantai Watulawang.

tiket masuk Pantai Watulawang wonosari gunung kidul
Harga Tiket Masuk ke Pantai Watulawang jadi satu bersama Gerbang yang ada sebelum pintu masuk ke pantai yaitu sebesar Rp5.000 / orang. Sedangkan untuk biaya parkir Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Harga tersebut dibilang terjangkau dengan fasilitas yang ada di lokasi Pantai Watulawang cukup lengkap mulai dari kamar mandi, warung warung makan minum, dan gazebo unik yang sangat menarik.

Kuliner di sekitar Pantai Watu Lawang wonosari gunung kidul
Karena tempat ini sudah ramai dengan pengunjung dan mempunyai fasilitas yang memadai maka bagi anda yang sudah merasa lapar dan haus setelah sekian lama bermain dan menikmati pemandangan yang ada maka jangan khawatir anda bisa langsung mencari warung yang sudah tersedia di lokasi sekitar pantai di situ menyediakan berbagai menu makanan seafood yang lezat. Dan di lokasi pantai juga menyediakan gazebo yang bisa di sewa untuk melepas capek setelah beraktivitas, dengan itu Pengunjung bisa menikmati makanan lezat ala olahan seafood dengan di temani suara ombak yang menggeelegar sampai ke telinga para pengunjung dan itu menjadi suasana semakin mengasyikkan.

hotel dan penginapan di sekitar pantai Watulawang gunung kidul yogyakarta
walaupun fasilitas di pantai ini terbilang lengkap, tetapi belum juga terdapat bangunan hotel atau pun penginapan yang ada di sekitar lokasi pantai watulawang ini, namun bagi pengunjung yang ingin mnginap di area lokasi pantai ini, bisa mendirikan tenda di sekitar lokasi pantai ini, dengan camping di lokasi ini anda akan merasakan sensasi yang berbeda dengan menikmati pantai yang berbeda dari biasanya, namun demikian anda harus menjaga kebersihan lingkungan pantai, dan apabila dari pengunjung ada yang ketahuan membuang sampah sembarangan akan di tegur oleh masyarakat sekitar karena biar tetap terjaga keindahan pantai yang mempunyai keindahan yang berbeda.

1 comment: