Tuesday, December 20, 2016

suasana pantai Sundak di wonosari gunung kidul

Pantai Sundak Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta
Daerah yang sangat mirip dan hampir menyerupai Lombok yang ada di pulau Jawa sangatlah pantas predikat ini di berikan kepada gunung kidul Yogyakarta, pantai pantai yang ada di wilayah gunung kidul ini sangat banyak sekali yang hampir semuanya berpasir putih makanya banyak dari para pengunjung memberikan nama tersebut karena menyerupai hampir keseluruhan pantai yang ada di Lombok. Pantai yang mempesona dan indah seperti yang di sebutkan tersebut hanya ada di wonosari, gunung kidul. Di gunung kidul sendiri terdapat banyak sekali pantai yang memiliki pemandangan yang sangat mengesankan, sebut saja pantai Sundak, pantai Sundak ini dari sekian banyak pantai yang ada di wonosari yang mempunyai hamparan pasir putih yang membentang luas dan alam yang sangat mempesona. Selain wisata yang berbentuk pantai ternyata gunung kidul khususnya wonosari mempunyai banyak tempat wisata baik itu wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata edukasi, arum jeram, pantai, Goa, pegunungan, puncak, bahkan tempat nongkrong pun ada di wonosari gunung kidul, karena lokasi tanah wonosari yang berbentuk pegunungan dan pantai makanya itu semua sangat wajar bisa terjadi.

Salah satu yang menjadikan gunung kidul Yogyakarta menjadi terkenal dengan sebutan syurganya para wisatawan adalah pantai yang indah nan mempesona. Pantai Sundak sendiri menjadi alternative para pelancong untuk menikmati berwisata dalam indahnya alam gunung kidul Yogyakarta, pantai ini masih bersih dan jernih belum terkena limbah sampah dari olahan tangan manusia yang tidak bertanggung jawab, makanya sangat lah patut untuk dijadikan tempat bernaung untuk melepas penat dan lelah pikiran dalam sepekan bekerja karena memang dasar alamnya yang sudah indah sejak dahulu.

Sejarah Pantai Sundak wonosari
Pantai yang indah pun ternyata juga mempunyai legenda dan cerita, sebelumnya pantai ini bernama Wedi Bedah yang artinya pasir yang terbelah, itu di sebabkan karena pada waktu musim hujan dan air dari daratan yang mengalir ke bibir pantai dan membelah pasir pantai sehingga membentuk seperti sungai kecil. Nama tersebut kemudian di ganti karena ada kejadian cukup heboh yang menjadi inspirasi untuk mengganti nama sebuah pantai yang sangat indah ini, yaitu perkelahian dua hewan anjing dan landak ( asu dan landak, SunDak).

Cerita tersebut bermula ketika ada seoarang warga sekitar yang mempunyai hewan piaraan yang berupa anjing, dan anjing tersebut sedang mencari makanan di pinggir pantai pada akhirnya anjing tersebut menemukan makanannya yang berupa landak yang berada di bungkahan karang besar yang menyerupahi sebuah Goa, kemudian terjadilah perkelahian antara anjing dan landak tadi dan akhirnya di menangkan oleh anjing dan kemudian landaknya di robek robek dan di makan anjing tersebut.
Arjasangku yaitu seorang warga sekitar yang juga pemilik anjing tersebut terheran melihat anjingnya yang mencari makan dan keluar dari goa dengan keadaan basah kuyup sambil membawa potongan daging si hewan landak, selain itu si anjing juga ternyata menemukan sumber mata air yang sangat di harapkan oleh masyarakat sekitar karena kebetulan pada waktu itu penduduk setempat mengalami kekeringan, dan kabar itu sontak menyebar luas sampai kepelosok wilayah dan mulai saat itu tempatnya selalu ramai dan namanya juga berubah dari WedimBedah menjadi SunDak.
Pantai Sundak menyediakan suasana dan pemandangan yang sangat menawan dan istimewa diantaranya berupa tebing karang yang berada di sisi timur dan barat dari pantai. Hamparan pasir putih yang bersih pun menambah indahnya pemandangan di pantai ini. Keistimewaan lainnya juga masih akan ditawarkan pantai ini sehuingga para pengunjung akan dimanjakan ketika berkunjung ke tempata ini, menikmati suasana pasir putih bersamaan karang karang kecil di lokasi bibir pantai tetapi cukup lembut membuat kaki terasa di pijat pijat.

Lokasi dan Alamat Pantai Sundak
Pantai Sundak ini beralamatkan di dusun Pule Gundes, desa Sidoharjo, Tepus Gunungkidul, Masuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. berikut titik GPS dan juga peta @-8.1471429,110.6056589
Rute menuju Pantai Sundak wonosari
Perjalanan yang biasa di tempuh untuk bisa sampai di lokasi pantai sundak yang ada di kota Wonosari apabila dari Yogyakarta langsung saja menuju ke timur arah Jl KH. A. Dahlan di teruskan ke Jl senopati di lanjutkan lagi ke Jl Kusumanegara terus sampai mentok pertigaan, sampai di situ mau belok kanan ataupun kiri sama saja yang akhir ujungnya akan sampai di Ringroad timur yang mengarah ke Wonosari, Jl wonosari sendiri merupakan jalan utama, anda tinggal menelusuri jalan tersebut dan akan sampai di kota wonosari, setelah sampai di wonosari anda bisa langsung mencari alamat yang sudah tertera dan perjalanan ini masih cukup panjang akan tetapi ketika sudah mencapai lokasi pantai jerih payah anda semua akan terbayar lunas.

tiket masuk Pantai Sundak Gunung kidul
apabila sudah sampai di gerbang pintu masuk ke pantai anda akan di kenakan biaya Rp10,000 /orangnya, dan biaya tersebut sudah termasuk semau pantai pantai yang di dalamnya yang bisa membuat anda betah untuk berlama lama di dalam tempat ini.
Kuliner di Pantai Sundak jogja
Sudah ada banyak warung yang berdiri kokoh di sekitar pantai sundak ini yang keseluruhanya menawarkan menu makanan dan minuman tetapi kebanyakan menawarakan menu makanan yang olahannya dari laut, namun ada juga yang menyajikan nasi rames dan juga ada mie ayam. Ketika ingin mencicipi menu makanan yang terdapat di lokasi itu anda bisa mencoba mendatangi warung yang paling selatan, dengan begitu anda bisa menikmati keindahan laut lepas sambil menyantap makanan.
Hotel dan penginapan terdekat di Pantai Sundak yogyakarta
Di area pantai ini belum di temukan bangunan hotel atau pun penginapan, sedangkan penginapan terdekat hanya terdapat di lokasi pantai kukup saja, meskipun demikian banyak juga dari pengunjung yang menginap di lokasi pantai ini dengan cara menyewa tenda di tempat penyewaan, memang di lokasi terdapat tempat penyewaan tenda untuk para pengunjung yang ingin menginap.

1 comment: