Tuesday, December 13, 2016

pantai yang unik pantai Banyu Tibo pacitan

Pantai Banyu Tibo Pacitan Jawa Timur
Kabupaten Pacitan memang termasuk bisa dikatakan menjadi surganya para petualang, karena di sana terdapat berbagai tempat yang mengasyikkan dan juga kota yang terkenal dengan seribu Goa dan masih banyak lagi tempat yang mungkin cocok dengan yang ada di hati para pengunjung, tak terkecuali ada beberapa deretan pantai pantai yang semuanya sangat mengagumkan. Ada yang berbeda dari sekian pantai yang ada di kota pacitan yaitu dua tempat wisata yang kumpul jadi satu yaitu air terjun kumpul dengan pantai bernama “ Banyu Tibo “ tempat ini mempunyai pemandangan sangat unik, di pantai ini mempunyai fenomena alam yang cukup langka dan unik yaitu ada sebuah air terjun yang langsung jatuh di pinggiran pantai pemandangan seperti ini mungkin tidak pengunjung temukan di lain tempat selain tempat wisata air terjun dan pantai Banyu Tibo. Pemandangan yang satu ini menjadi daya tarik tersendiri dan utama bagi para wisatawan yang datang ke lokasi air terjun di dekat pantai ini.

Pantai dan air terjun Banyu Tibo ini terletak di desa widoro, kecamatan donorojo. Secara keseluruhan pantai ini tidak jauh beda dengan pantai pantai lain di seluruh Indonesia, dengan pasir putih yang mendominasi lingkungan sekitar pantai dan juga yang menjadi kepastian air pantai yang bersih membuat mata yang melihat menjadi terpesona olehnya, hanya saja ada yang berbeda dari pantai ini yakni ada sebuah mini air terjun yang jatuh lansung di pantai, air terjun yang jatuh tersebut merupakan air tawar yang bersumber dari pegunungan KARST yang berada di dekat lokasi pantai. Bagi para pengunjung jangan kaget dengan lokasi pantai karena biasanya lokasi pantai itu sangat luas tetapi tidak halnya dengan pantai banyu tibo, pantai ini lokasinya tidak terlalu luas apalagi kalau pas saat air pantai pasang lokasinya akan berkurang luas lokasi dari pantai tersebut, tetapi apabila air panati sedang surut para pengunjung bisa bermain air pantai dan juga bisa merasakan air tawar yang jatuh dari air terjun yang berada di lokasi pantai.
Pemandangan ini di rasa sangat eksotis karena sangat langka ada sebuah pantai yang di sekitarnya ada sebuah air terjun yang lansung jatuh di bibir pantainya, apalagi waktu volume air pantainya yang cukup tinggi seperti pantai pantai yang ada di kota pacitan, sebenarnya tempat wisata ini tempatnya cukup tersembunyi di kota tersebut, mungkin ini yang menjadi penyebab berkurangnya para wisatawan mengunjungi tempat pantai air terjun banyu tibo, nama “Banyu Tibo” sendiri berasal dari bahasa jawa yang berarti air jatuh, karena inilah pantai yang sangat menawan ini di namakan dengan air terjun yang ada di sekitar lokasi pantai ( air jatuh / air terjun ). Saat yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah saat air pantai surut, di samping lokasi pantai yang akan lebih sedikit luas karena air pantai surut juga pengunjung akan leluasa saat bermain bersama keluarga dan menikmatinya.

alamat Pantai Banyu Tibo pacitan
Pantai Banyu Tibo ini berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, kabupaten Pacitan, provinsi Jawa Timur . Berikut titik GPS dan juga peta @-8.2124546,110.9110134
rute menuju ke Pantai Banyu Tibo pacitan
Adapun rute untuk menuju Pantai Banyu Tibo apabila pengunjung memulai perjalanan dari kota Pacitan sebenernya hampir sama dengan rute menuju  pantai Klayar, tetapi yang membuat beda apabila pengunjung sudah sampai di punung ambil jalan menuju Banyu Tibo, atau bisa di lanjutkan sampai desa kalak ( sebuah desa tempat pantai klayar ) bisa bertanya kepada masyarakat sekitar jalan menuju ke pantai Banyu Tibo.
Lebih jelasnya apabila Dari pacitan kota menuju arah jalan utama ( pacitan – solo ) Teruskan saja perjalanan hingga menemukan pasar punung, setelah sampai di pasar punung cari pertigaan masjid besar, letaknya masjid setelah pasar jika dari arah pacitan, Di pertigaan masjid belok ke kiri, kemudian terus sampai menemukan pertigaan lagi dan belok ke kanan. Jalan ini merupakan jalan menuju kompleks goa gong sehingga bisa dijadikan patokan, sampai Di kompleks goa gong ambil jalan ke arah kalak (ada petunjuk arahnya), Temukan perempatan balai desa kalak dan belok ke arah kiri, lurus hingga menemukan pertigaan pasar kalak , Di pertigaan pasar kalak ambil ke arah kanan ke desa widoro, Ikuti terus jalan ini hingga menemukan tandon penampungan air yang menunjukkan arah menuju pantai banyu tibo. Ikuti terus petunjuk jalan hingga mencapai tepi pantai Banyu Tibo.
tiket masuk ke Pantai Banyu Tibo Pacitan
hanya dengan tiket masuk sebesar Rp6,000 /orangnya para wisatawan bisa menikmati keindahan yang dimiliki pantai Banyu Tibo.
kuliner di sekitar Pantai Banyu Tibo pacitan
apabila pengunjung sudah merasa lapar dan haus maka bisa langsung mencari warung yang ada di sekitar obyek wisata pantai Banyu Tibo, berbagai macam olahan seafood di tawarkan disana yang rasanya bisa menggugah selera para pengunjung, mulai dari ikan bakar gurame, mujaer dan yang pasti disajikan lengkap dengan sambal dn lalapannya
hotel dan penginapan terdekat di Pantai Banyu Tibo Pacitan
untuk para pengunjung yang sudah ada rencana untuk menginap bisa mencari hotel terdekat dengan fasilitas lengkap dan harga terjangkau yang hanya berjarak beberapa kilometer dari bibir pantai, hotel yang terkenal adalah sasa homesetay. dan apabila ingin mencari sensasi yang berbeda pengunjung bisa mendirikan tenda di sekitar pantai, tetapi para pengunjung tidak bisa mendirikan tenda di deket bibir pantai karena lokasi bibir pantai yang sempit, alternatifnya para pengunjung bisa mendirikan tenda di lokasi parkiran ataupun deket warung warung yang lokasinya luas dan ditempat ini bisa lebih aman juga ada fasilitas kamar mandinya.

1 comment: