Saturday, December 3, 2016

keistimewaan pantai plengkung atau G-Land banyuwangi

Dahsyatnya wisata pantai G-Land atau  pantai plengkung banyuwangi
pantai yang dahsyat salah satunya berada di Indonesia lebih tepatnya berada di ujung pulau jawa bagian timur yakni Banyuwangi, banyuwangi mempunyai pantai yang sangat terkenal yang mereka sebut dengan pantai plengkung, pantai ini menjadi surganya para peselancar local maupun mancanegara karena mempunyai ombak yang sangat besar yang menggulung dan melengkung makanya masyarakat memberikan nama pantai plengkung. Pantai yang ada di kabupaten banyuwangi ini juga di sebut dengan nama G-Land, pantai ini termasuk dalam daftar pantai dengan ombak terbesar di dunia, huruf “G” yang ada di awalan nama G-Land ternyata mempunyai sebuah arti tersendiri yaitu “Grajagan”, grajagan yaitu nama sebuah teluk yang berlokasi tepat ada di sebelah barat pantai tersebut.
Pantai Plengkung atau biasa di sebut Pantai G-Land mempunyai ombak yang dahsyat, super besar, tinggi memanjang dan juga melengkung kabar ini sudah sampai mendunia, makanya bisa menjadi tempatnya orang mempunyai hoby berselancar sampai sampai banyak dari wisatawan mancanegara yang ke pantai Plengkung ini cuma untuk mencoba sensasi dan merasakan ombak yang sangat dahsyat besarnya, tetapi jangan coba coba berselancar di pantai ini kalau anda masih tahap belajar dalam hal berselancar apalagi sampai ketengah laut takutnya terjadi hal hal yang tidak di inginkan dan tergulung ombak yang besar, selain ombak yang besar pantai plengkung ini secara topografi di kelilingi hutan lebat yang masih tropis dan memiliki pemandangan yang indah.

Di banyuwangi terdapat juga sebuah pantai yang sangat menarik selain pantai plengkung yang wajib anda kunjungi salah satunya yang terkenal adalah pantai Pulau Merah. Besarnya ombak yang ada di pantai plengkung banyuwangi menjadikannya sampai masuk dalam kategori jajaran “the seven giant waves wonder” yaitu jajaran yang melibatkan salah satu pantai yang memiliki ombak terbesar dunia. Ombak yang berada di pantai plengkung ini memiliki ketinggian rata rata 4 – 6 meter memakai formasi 7 gulungan ombak bersusun, formasi gulungan seperti ini dapat mencapai sepanjang 2 km panjangnya, fenomena inilah yang membuat para peselancar local maupun mancanegara yang professional tertarik untuk menaklukkan ombak yang masuk jajaran ombak terbesar dunia ini.

lokasi pantai plengkung ini termasuk dikenal juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk surfing, hal ini dibuktikan dengan adanya ekspedisi para peselancar dari luar mereka menemukan pantai plengkung ini sebagai tempat berselancar yang ada di Indonesia yang patut untuk ditaklukkan, awalnya pada tahun 1972, ada sekelompok peselancar yang jumlahnya ada 8 kelompok mereka ekspedisi menyusuri kawasan pantai plengkung, ekspedisi ini di bagi dua jalur yaitu laut dan darat, tiga kelompok menggunakan jalur laut mereka menyusuri laut menggunakan boat dan yang lima kelompok menyusuri pantai lewat jalur darat untuk menemukan tempat surfing yang cocok, perjalanan ekspedisi darat membawa mereka sampai di desa Grajagan, dari desa ini mereka menyusuri pantai sejauh 20km untuk bisa sampai di pantai plengkung, sedangkan yang ekspedisi lewat jalur laut mereka sampai kehabisan air bersih tetapi akhirnya mereka sampai di pantai plengkung, setelah mereka berkumpul di pantai dan mereka mendirikan camp untuk menunggu dan meninjau apakah pantai plengkung layak untuk dijadikan tempat untuk surfing.

Di kawasan pantai plengkung ombaknya tidak musiman bahkan akan terus menerus selalu ada sepanjanag tahun, tetapi puncaknya adalah di bulan april – agustus pada bulan bulan tersebut ombaknya pantai plengkung adalah mencapai puncak tertinggi. Makanya untuk pantai yang ada di Indonesia ini tidak aneh kalau pantai ini sudah lima kali dijadikan tempat surfing internasional. Tetapi untuk surfer yang masih tahap belajar jangan khawatir anda tetap masih bisa bermain di pantai lawing yang ombaknya tidak terlalu besar dan menyeramkan, anda bisa memulai sport untuk berselancar sesuai keahlian anda di pantai lawang tersebut sebelum anda merasakan ombak yang sangat besar yang di miliki pantai G-Land atau pantai plengkung banyuwangi, dan sebagian besar wisatawan yang datang ke pantai plengkung ini mereka datang dari pantai kuta Bali dengan memakai speedboat.
Ketika berada di pantai plengkung ini yang tidak bisa menikmati berselancar anda bisa menikmati panorama keindahan alam pantai dan melihat ombak yang hampir menggulung para peselancar dengan duduk duduk di pinggiran pantai atau duduk di rumah panggung, tetapi disarankan para pengunjung wisatawan yang datang untuk menikmati dan melihat para peselancar dengan menggunakan teropong supaya bisa melihat para aksi peselancar dengan lebih jelas.

lokasi pantai plengkung
pantai G-Land atau plengkung ini alamatnya di kalipat, kecamatan tegaldlimo, kabupaten banyuwangi, berikut titik GPS dan juga peta @-8.7253682,114.3604669
rute menuju pantai plengkung
dari banyuwangi untuk menuju pantai plengkung bisa memakai dua rute, pertama anda bisa memakai rute banyuwangi menuju kalipahit menuju lagi ke pasar anyar teruskan sampai pos pancur, sampai di pos pancur ini anda harus memakai kendaraan yang jenis 4-wheels drive karena jalan yang masih belum memadai dan tidak mungkin memakai mobil jenis biasa. Dari banyuwangi untuk sampai dilokasi pantai akan memakan waktu sekitar 1 setengah hingga 2 jam. Sedangkan jalur yang ke dua, anda bisa lewat jalur darat menuju laut lewat arah Benculuk, dari banyuwangi ke benculuk jaraknya berkisar 35 km, setelah sampai di benculuk teruskan menuju Grajagan setelah sampai di grajagan dilanjutkan dengan menyewa speedboat untuk bisa sampai di pantai plengkung atau pantai G-Land banyuwangi.
tiket pantai plengkung banyuwangi jawa timur
 untuk bisa menikmati indahnya ombak besar yang ada di pantai plengkung banyuwangi setiap pengunjung di kenai biaya tiket masuk sebesar Rp5,000 /orang, biaya itu untuk wisatawan domestic, tetapi kalau untuk wisatawan mancanegara biaya tersebut akan bertambah 2 x lipat, yakni Rp10,000 / orang bagi wisatawan mancanegar.
kuliner pantai plengkung banyuwangi
di tujukan bagi para wisatawan yang juga menjadi pecinta kuliner maka di area pantai plengkung yang indah ini sudah terdapat banyak warung dipinggir pantai untuk menjajakan dagangannya berbagai makanan olahan laut bermenu seafood tersedia dilokasi ini, anda bisa merasaka ketenangan jiwa lewat suasana angin laut yang sejuk sambil menikmati makanan yang dihidangkan.
hotel terdekat pantai plengkung
belum ada bangunan hotel di sekitar pantai plengkung, tetapi bagi anda yang ingin menginap bisa anda lakukandi sejumlah “Surf Camp” yang tersedia dilokasi. Di antara yang cukup terkenal yaitu G-Land Surf & Resort, Bobby’s Surf Camp dan Joyo Surf Camp, ketiga Surf Camp ini memiliki fasilitas yang setaraf internasional dan juga berkonsep “Back to Nature”.

1 comment: