Tuesday, December 20, 2016

legenda keindahan gunung tangkuban perahu bandung

Gunung Tangkuban Perahu Bandung Yang Melegenda
Anda merasa orang Indonesia pasti sudah tahu gunung tangkuban perahu yaitu sebuah gunung yang berada di kota Bandung yang sangat melegenda dan terkenal sampai kepelosok nusantara Indonesia dan juga menjadi simbol pariwisata bandung yang tentu akan selalu di ingat dan di kenang seluruh warga bandung khususnya dan Indonesia pada umumnya, kepopulerannya serta legendanya akan selalu melekat di hati masyarakat.

Gunung tangkuban perahu di bandung ini memang memiliki nilai khusus sehingga semua orang mengenalnya dan bagi yang belum mengenal justru akan menambah penasaran dan ingin mengenal lebih lanjut dan mengunjunginya, gunung ini memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, gunung yang dekat dengan kawasan wisata Lembang ini mempunyai suhu udara yang cukup dingin sehingga setiap orang yang mengunjunginya merasa nyaman dengan keadaan tersebut. Gunung tangkuban perahu ini merupakan sebuah gunung yang masih aktif, namun demikian tidak berbahaya bagi para pengunjung yang ingin melihat keindahan pemandangan gunungnya dari dekat, dengan keindahan panorama alam yang di suguhkan ternyata gunung tangkuban perahu mempunyai sejarah dan sejuta misteri yang sangat populer di kalangan masyarakat bandung dan sekitarnya.

SEJARAH DAN MITOS GUNUNG TANGKUBAN PERAHU
Di balik keindahan alam serta dinginnya kawasan gunung tangkuban perahu ini, ternyata obyek wisata yang ada di bandung jawa barat banyak menyimpan sejuta misteri tentang kasus yang terjadi pada jaman dahulu yaitu perkawinan sedarah, ya meskipun belum sampai terlaksana namun hal tersebut melatar belakangi terjadinya sebuah nama gunung yang sangat terkenal yang terdapat di bandung.
Cerita yang beredar di kalangan masyarakat bahwa jaman dahulu ada seorang anak muda yang mencintai ibunya sendiri awal mulanya anak yang bernama sangkuriang itu tidak mengetahui bahwa orang yang dia cintai dan kasihi tidak lain adalah ibunya sendiri yang bernama dayang sumbi, malah mereka berdua hendak melangsungkan pernikahan sedarah, namun hal itu belum sampai terlaksana. Sedangkan untuk mengetahui secara lebih terang dan jelas akan cerita yang terkandung di gunung tangkuban perahu anda bisa membaca sejarah gunung tangkuban perahu.

Dibalik cerita kelam tersebut gunung tangkuban perahu merupakan primadona tempat wisata yang ada di jawa barat karena tempat wisata alam khas pegunungan ini memiliki banyak keunikan serta keindahan panorama alam serta kesejukan udaranya mampu menarik jumlah kunjungan wisatawan untuk berdatangan ke tempat yang asri sangat indah ini pada saat akhir pekan apalagi ketika musim libur panjang tiba. Selain dari pada itu ada alasan lain yang membuat wisata alam gunung tangkuban perahu selalu di penuhi oleh para wisatawan adalah karena gunung tersebut merupakan wilayah dengan lokasi yang mempunyai suhu udara yang cukup ekstrim. Dan sekiranya perlu di ketahui bahwa tingkat suhu rata rata di kawasan hutan gunung tangkuban perahu pada siang hari berada dikisaran 17 derajat Celsius, sementara suhu pada malam hari jauh lebih ekstrim lagi,karena bisa mencapai 2 derajat Celcius. Oleh sebab itu bagi para pengunjung yang hendak berkunjung ke wisata alam gunung tangkuban perahu untuk menyediakan jaket yang sangat tebal supaya tidak kedinginan saat berada di lokasi wisata, mungkin itu saran yang tepat dan patut di pertimbangkan. Oleh karena itu setiap pengunjung yang hendak ke sini, persiapan bawa jaket yang tebal bisa menjadi solusi atau bahan pertimbangan yang terbaik dan tepat agar tidak kedinginan.
Mitos yang beredar di tengah tengah masyarakat adalah barang siapa yang bisa melemparkan batu dan bisa sampai pas di tengah kawah maka segala hajatnya akan terkabul, dan itu menjadi salah satu buruan para wisatawan yang datang ke lokasi untuk mengadu keberuntungan, tetapi kenyataanya sampai detik ini belum ada satupun dari sekian banyaknya para wisatawan yang datang belum ada yang lemparannya sampai pas di tengah kawah, dan itu semua hanya mitos maka bagi anda yang hendak berwisata ke gunung tangkuban perahu boleh mencoba untuk mengadu keberuntungan apabila anda percaya hal tersebut, dan apabila tidak percaya ya tidak apa apa sekali lagi itu hanya mitos.
Ada tiga kawah utama di gunung tangkuban perahu yang ternyata kawah kawah tersebut sudah berumur puluhan ribu tahun, sedangkan kawah yang pertama kali muncul setelah letusan adalah kawah paguyangan badak ( tempat berendam badak dalam bahasa indonesia ) yang berumur kurang lebih 90 ribu sampai 40 ribu tahun,yang kemudian dalam fase pergerakan tanah atau geologis memunculkan kawah baru secara berurutan yakni kawah upas terus yang terakhir yang dikenal kita sekarang adalah kawah ratu yang berumur 10 ribu tahun sampai sekarang.
Untuk menjaga dari hal yang tidak di inginkan maka di sarankan bagi para wisatawan untuk membawa masker atau sapu tangan sebagai penutup hidung untuk menghindari bau belerang yang sangat menyengat hidung, dan juga persiapkan payung dan lagi bawalah sepatu bila ingin menyusuri tepian kawah yang bisa memakan waktu berjam jam, semua itu untuk kenyamanan para wisatawan.

ALAMAT WISATA GUNUNG TANGKUBAN PERAHU
Wisata alam gunung tangkuban perahu ini berada di desa sukajaya, kecamatan lembang, kabupaten bandung, provinsi jawa barat. Kode pos 40391

KULINER DI GUNUNG TANGKUBAN PERAHU
Bagi pengunjung yang sudah merasa lapar setelah berjam jam menikmati suasana pegunungan dan tidak membawa perbekalan maka jangan khawatir anda bisa mencari warung warung di lokasi yang sudah didirikan para warga sekitar, pengunjung bisa menikmati pemandangan dengan bersantap bersama keluarga serta family dan teman teman.

HOTEL DI SEKITAR GUNUNG TANGKUBAN PERAHU
Bagi para wisatawan yang ada rencana untuk menginap di sekitar lokasi gunung tangkuban perahu maka bisa kembali lagi ke kota terdekat dan mencari hotel ataupun penginapan, karena lokasi gunung tangkuban perahu ini cukup jauh dari perkotaan, dan belum ada bangunan hotel atau penginapan.

1 comment: