Monday, July 31, 2017

Tirto Argo Siwarak, Kolam Renang Dari Sumber Air Pegunungan

Kolam Renang Tirto Argo Siwarak Dari  Sumber Air Pegunungan 
Mata air pegunungan memang terkenal jernih, dengan kejernihan itu maka biasanya setiap orang yang melihatnya tentu ingin sekali untuk menjeburkan diri ke air tersebut, sekedar hanya ingin kesegaran air tersebut. Di pegunungan Ungaran terdapat sebuah mata air yang sangat jernih sekali, dengan kejernihannya sampai sampai warga sekitar menggunakanya untuk kebutuhan sehari hari.
Selain itu masyarakat juga memanfaatkan mata air di pegunungan Ungaran yang terkenal jernih untuk di jadikan tempat kolam renang. Dengan adanya kolam renang tersebut warga yang lain tidak susah payah mencari tempat untuk menyalurkan hobinya berenang.
Kolam renang tersebut berNama Tirto Argo Siwarak. Kolam renang umum ini berada di Jalan Nyatyono, Desa Siwarak, Ungaran. Lokasi kolam renang ini berjarak sekitar dua kilometer dari Pasar Gonoharjo dan 23 kilomter dari pusat Kota Semarang.

Di Kolam renang Tirto Argo ada dua (2) jenis. Kolam renang pertama sangat dangkal yakni hanya 30 cm. Kolam dangkal tersebut dikhususkan bagi anak-anak. Adapun permainan yang tersedia di kolam renang ini berbentuk ember guyur besar, dua buah perosotoan mini, dan tersedia juga dua buah pistol air.
Sedangkan untuk permaianannya terdapat dua macam perosotan di Tirto Argo yang memiliki tantangan yang berbeda. Perosotan pertama jalurnya lurus, pendek, namun memiliki tiga gundukan. Perosotan yang kedua lebih menantang dan lebih tinggi dibandingkan dengan perosotan yang pertama. Bentuk perosotan kedua adalah spiral dua putaran.
Sementara itu, untuk kolam renang kedua dibagi menjadi beberapa zona. Bagian pertama atau bisa disebut Zona 1 berkedalaman 1 meter; Zona 2 berkedalaan 1,5 meter; dan Zona 3 berkedalaman 2,5 meter, dalam kolam renang yang ini diperuntukan untuk orang yang sudah bisa berenang tentunya. Tiap-tiap zona dibatasi dengan tiang beton. Untuk kedalamannya sudah tercantum di tiap-tiap kolam yang di letakkan di tiang beton pembatas. Fasilitas lengkap seperti MCK termasuk tempat mandi untuk bilas yang terbuka maupun yang tertutup serta kamar ganti semua tersedia di dalam area kolam renang. Tempat persewaan peralatan renang termasuk ban apung juga tersedia di Tirto Argo Siwarak, persewaan ini di peruntukan bagi pengunjung yang belum bisa berenang.
Daya Tarik Kolam Renang Tirto Argo Nyatnyono
Warga Ungaran dan Semarang  dan sekitarnya menjadikan kolam renang Tirto Argo Siwarak sebagai kolam renang favorit karena beberapa hal. Pertama, karena suasana di sekitar kolam renang Tirto Argo ini sangat sejuk. Kedua, karena lokasinya relatif dekat dengan pusat kota. Dan yang terakhir, kolam renang di lokasi Siwarak ini dinilai paling bersih dan paling rendah kaporit jika dibandingkan dengan kolam renang di tengah kota yang jauh dari pegunungan. Tentu saja, hal-hal tersebut dikarenakan sumber mata air kolam renang ini diambil langsung dari mata air pegunungan.
Suasana sejuk di sekitar kolam renang ini selain memang berada di lokasi pegunungan juga tidak terlepas dari banyaknya pohon cemara yang tumbuh di sekitar lokasi. Dengan taman yang cukup luas, area sekitar kolam cocok dipakai untuk piknik. Anak-anak juga bisa mendapatkan hiburan dari wahana bermain anak-anak yang sudah tersedia.
Alamat Kolam Renang Tirto Argo Siwarak
Kolam Renang Tirto Argo ini berada di Jalan Nyatyono, Desa Siwarak, Ungaran, Semarang, jawa tengah. 
Tiket Masuk Kolam Renang Tirto Argo Siwarak
Harga tiket masuk di kolam renang Siwarak menurut medio 2015 sebesar Rp10.000,00 per orang, harga ini tentunya cukup murah bila dibandingkan dengan tariff tiket masuk kolam renang umum yang serupa Tirto Argo Siwarak.
Jam Buka Kolam Renang Tirto Argo Siwarak
Bagi anda yang punya rencana berwisata menikmati liburan bersama keluarga pastikan anda mengetahui jam buka tempat wisata yang anda kehendaki. Nah, untuk Kolam renang Tirto Argo ini dibuka untuk umum mulai pukul 06.00 pagi hingga 17.00 sore.

1 comment: