Wednesday, July 26, 2017

Candi Asu, Candi Megah Yang tertinggal

Candi Asu di Bandungan
Ungaran Semarang memang daerah dengan sejuta tempat wisata, bagaimana tidak, berbagai tempat wisata tersaji di lokasi pegunungan ini. Salah satu dari sekian banyak tempat yang menarik untuk di kunjungi adalah Candi Asu (Candi Anjing), kenapa di namakan dengan nama yang sedikit aneh, karena memang Candi tersebut menyerupai anjing (asu-jawa).
Wisata sejarah ini berada di Kabupaten Semarang lebih tepatnya terletak di Dusun Candi, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Candi ini memang tidak setenar Candi Gedong Songo, karena Candi Asu ini sedikit tersembunyi letaknya dan baru baru belakangan ini ada rencana dari pemerintah setempat untuk semakin memperhatikan tempat tempat yang bersejarah seperti tempat berdirinya Candi Asu tersebut.
Candi Asu ini adalah sebagian dari sekian banyaknya Candi yang ada di Indonesia yang bercorak Hindu, candi Asu ini berjarak kurang lebih 1 km dari Candi Gedong Songo yang sedikit lebih terkenal. Nama Candi Asu sendiri sebenarnya diambil dari sebuah relief yang dianggap anjing serta patung mirip anjing yang terdapat di candi tersebut.
Bagi anda yang mempunyai kegemaran yang namanya petualangan ke tempat yang indah dan cenderung sepi, maka tempat ini sangat cocok untuk anda kunjungi. Karena disamping jauh dari keramaian tempat ini sedikit tidak terurus, meskipun demikian Candi Asu ini penuh dengan nilai sejarah. Karena masyarakat lebih mengenal tempat yang letaknya tidak jauh dari lokasi ini, yaitu Candi Gedong Songo.
Kenyamanan di Lokasi Candi Asu Bandungan
Suasana di Candi Asu ini masih asri dan sejuk karena terletak di tengah hutan bambu dan jauh dari keramaian kota. Bahkan salah satu situs peninggalan sejarah yang ada di Kabupaten Semarang ini masih sepi pengunjung.
Candi Asu dulunya terkesan di tinggalkan dan rusak karena warga sekitar candi merasa cemas bila suatu saat nanti lokasi Candi Asu ini dijadikan tempat wisata oleh pemerintah dan menjadi ramai seperti Candi yang ada di sebelahnya, yakni Candi Gedong Songo. Dan penduduk setempat khawatir jika harus digusur seperti yang sering mereka dengar di surat kabar dan televisi.
Karena rasa khawatir tersebut, lantas warga setempat sempat meruntuhkan beberapa bagian Candi Asu tersebut. Warga kemudian memanfaatkan sebagian puing pying batu candi untuk membangun fondasi rumah mereka.

akhirnya candi yang dahulu berdiri kokoh dan megah itu tinggal lah puing puing candi yang terdiri atas Lumpang (tempat menumbuk), Gentong (bak tempat air), patung mirip anjing tak berkepala, dan beberapa bagian candi yang masih tersisa. Bahkan, hingga sekarang ini sering sekali warga yang menggali tanah di sekitar lokasi Candi menemukan puing-puing candi yang roboh pada jaman dahulu.
Namun setelah mendapat arahan dari pemerintah setempat, warga mulai menyadari jika Candi Asu justru sebenarnya bisa memakmurkan perekonomian warga. Warga yang sebelumnya berusaha meruntuhkan Candi Asu lantas berbondong-bondong kerja bakti membangun jalur jalan menuju lokasi candi.
Di samping berbagai permasalahan yang ada, ternyata Candi Asu memiliki pemandangan yang indah karena mirip taman kecil. Terlebih lagi, letaknya berada agak jauh dari permukiman warga sehingga suasana lebih sejuk, hening, dan kesegaran jiwa dapat dirasakan oleh pengunjung. Di sana ditemukan pula beberapa bangunan berbentuk limas segi empat seperti pondok.
Di sebelah timur candi terdapat sebuah makam kecil. Makam ini terletak di lahan  garapan warga dan diyakini sebagai makam anjing yang konon penjaga Candi Asu yang dibunuh oleh seorang anak manusia.
Dengan cerita rakyat dan kesejukan alam serta masih sepi pengunjung, Candi Asu sangat cocok dikunjungi untuk sejenak melepas penat dari sekian banyak rutinitas sehari-hari. Candi ini juga cocok dikunjungi masyarakat perkotaan yang ingin merasakan ketenangan.
Alamat Lokasi Candi Asu Bandungan
Candi Asu ini terletak di Dusun Candi, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

1 comment: