Monday, July 31, 2017

kebun Ngebruk, Agrowisata Kebun Buah di Patean Kendal

Kebun Ngebruk, Agrowisata di Patean Kendal
Satu lagi tempat wisata yang berada di Kendal yang bisa di jadikan referensi untuk di kunjungi pada akhir pekan atau pada hari hari libur lainya, Plantera Fruit Paradise lah namanya. Plantera Fruit Paradise adalah kebun buah tropis yang berjenis bibit bibit unggulan dan kebun ini berada di atas lahan 234 hektar. Plantera Fruit Paradise Ngebruk atau sebelumnya lebih dikenal dengan nama Kebun Ngebruk ini berlokasi di Desa Sidokumpul Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal JawaTengah.
Secara geografis, kebun Ngebruk ini terletak di sebelah barat kota Semarang yang dapat ditempuh melalui kota Boja maupun Weleri. Awalnya, perkebunan yang dikelola PT Cengkeh Zanzibar ini merupakan perkebunan cengkeh. Untuk mengembangkan bidang usahanya, sejak tahun 2000 PT Cengkeh Zanzibar mencoba untuk membudidayakan buah tropis unggulan.

Kebun Ngebruk ini semua bibitnya memakai Bibit buah unggulan sebagai indukkan dan diambil dari bibit buah unggul di negara nya masing masing yang berstruktur khusus di daerah tropis. Selanjutnya indukkan bibit buah unggul tersebut, diramu dengan teknologi modern yang ditangani oleh para ahli pertanian PT Cengkeh Zanzibar, dan hasilnya ternyata bisa dibudidayakan di negara Indonesia, di kebun Ngebruk ini dengan hasil dan mutu yang lebih baik dan lebih tinggi dari buah-buahan di negara asalnya.
Dengan Hasil panen buah yang bisa di katakan melimpah ruah bahkan kualitas buahnya yang berkualitas unggul tidak kalah dengan buah yang di import dari Negara tetangga, buah yang dari hasil kebun Ngebruk ini kini diberi merk IBANA tersebut, beranjak mulai membanjiri supermarket supermarket di Pulau Jawa. Sehingga, masyarakat ada minat untuk mencari tahu asal kebunnya bahkan kalau bisa ingin mengunjunginya langsung di kebun tempat yang menghasilkan buah buah tersebut.
Sejarah Kebun Ngebruk Menjadi Agrowisata Buah
Dengan berjalannya waktu, kini Kebun Ngebruk mulai banyak dikunjungi masyarakat luas, mulai dari pengunjung yang sifatnya pribadi atau keluarga atau bahkan komunitas yang hanya sekedar ingin jalan jalan melihat kebun seluas ratusan hektar yang ditanami ber-aneka buah tropis unggulan hingga kalangan pertanian yang ingin tahu lebih lanjut mengenai budidaya buah tropis. Dari kejadian itulah muncul ide untuk mengakomodasikan permintaan masyarakat tersebut dengan membuka Agrowisata buah unggul. Harapannya masyarakat yang berkunjung bisa lebih terorganisir dan terarah, dan petani yang berkunjung juga bisa menimba ilmu dan pengalamannya di kebun Ngebruk ini dan kemudian bisa mengamalkan ilmunya di tempat asal mereka masing masing. Hingga akhirnya pada tanggal 15 Desember 2009 Kebun Ngebruk resmi dibuka untuk umum dengan nama seperti sekarang ini (Plantera Fruit Paradise).
Dengan mengunjungi Kebun Ngebruk Plantera Fruit Paradise ini anda bisa mempunyai ilmu dan pengalaman tentang buah tropis dan mungkin sangat berguna bagi yang hendak mengembangkan usaha dari bidang bercocok tanam. Selain pengalaman dan ilmu, pemandangan disekitar lokasi Kebun Ngebruk ini juga sangat indah mempesona, sangat cocok untuk mengisi waktu libur anda sekeluarga.
Paket Wisata yang di Tawarkan
Paket wisata yang ditawarkan di Kebun Ngebruk Plantera Fruit Paradise ini adalah:
FRUIT TOUR:
Paket wisata Fruit tour ini adalah berkeliling kebun menggunakan mobil wisata, jaraknya 4400 meter serta didampingi seorang pemandu wisata. Pengunjung bisa turun di terminal setiap komoditi untuk menikmati suasana kebun buah sekaligus berfoto ria di area kebun.
FRUIT SAFARI:
Paket wisata Fruit Safari ini berupa tour jalan kaki keliling kebun berjarak 1100 meter, didamping seorang pemandu wisata. Di sela-sela perjalanan berkeliling kebun buah tersebut pengunjung dapat beristirahat sejenak menikmati suasana perkebunan buah di pondok atau gazebo yang telah disediakan yaitu Pondok Durian dan Pondok Lengkeng.
FRUIT PARADISE:
Paket wisata petik/panen buah sendiri – paket Fruit Paradise ini hanya diadakan sesuai jadwal panen Kebun Ngebruk jadi tidak setiap saat paket fruit paradise ini ada. Sistem paket paradise ini adalah membeli kupon buah yang akan dipetik sesuai jadwal panen (plus tiket fruit tour ), dengan harga kupon sbb:
a. Paradise jagung manis (paket 10 tongkol + rebus/bakar) Rp 15.000,00
b. Paradise melon kinanthi (paket 1 butir) Rp 25.000,00
c. Paradise semangka (paket 1 butir) Rp 10.000,00
pengunjung yang ikut diperbolehkan untuk membeli kupon lebih dari satu (1).
Jam Buka Kebun Plantera Fruit Paradise
Jam buka di kebun Plantera Fruit Paradise adalah:
Sabtu-Minggu dan hari Besar tetap buka untuk umum pk 9.00 – 15.00
Senin-Jumat : wisata keliling kebun & resto buka untuk tamu konfirmasi minimal 25 org
Di sekitar Kebun Ngebruk ini juga terdapat toko buah dan toko bibit yang mana Toko buah dan toko bibit tersebut buka setiap hari.
Alamat Kebun Plantera Fruit Paradise
Kebun Ngebruk Plantera Fruit Paradise ini berada di Desa Sidokumpul, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, jawa tengah.

No comments:

Post a Comment