Tuesday, July 25, 2017

Taman Meneteri Supeno, Taman indah berada di jantung kota semarang

TAMAN (KB), TAMAN YANG TERLETAK DI PUSAT KOTA SEMARANG 
Semarang yang merupakan Ibukota Jawa Tengah ini bisa dibilang padat sekali. Baik penduduk maupun jumlah bangunannya. Apalagi saat ini sedang dibangunnya beberapa gedung-gedung pencakar langit yang sedang dikembangkan. Namun tak hanya gedung-gedung pencakar langit saja yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Semarang. Beberapa fasilitas umum seperti hal nya taman kota juga terus diperbaiki bahkan ada yang baru saja diresmikan adalah Taman Pandanaran Semarang. Untuk mengenal lebih jauh lagi tentang Wisata Semarang. Berikut ini ada beberapa fasilitas umum seperti taman kota yang ada di Semarang.
Taman Menteri Supeno (KB)
Taman Menteri Supeno ini terletak di Jl. Menteri Supeno. Taman ini lebih dikenal dengan sebutan Taman KB. Di Taman ini terdapat banyak tanaman dan pepohonan yang cukup menjulang agak tinggi sehingga bisa dijadikan tempat singgah dan berteduh dari panasnya siang hari. Terdapat pula kolam yang berada di tengah-tengah taman. Juga hampir setiap malam di Taman Menteri Supeno ini sering kali dijadikan sebagai tempat diadakannya event di Semarang. Di sekeliling Taman ini berjajar pula kuliner dan jajanan khas Semarang yang mungkin saja bisa menjadi pilihan.
Bagi masyarakat kota Semarang, Taman Menteri Supeno atau yang lebih dikenal dengan taman KB memiliki daya tarik yang besar, khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah. Saat ini taman KB disulap menjadi taman yang lebih menarik dan aktraktif dengan penataan mulai dari soft material dan hard material. Terdapat deretan pepohonan rindang, tanaman-tanaman hias, Sclupture Keluarga Berencana (KB) di tengah taman, tempat duduk dan juga berbagai permainan anak anak, semuanya membuat suasana di taman tersebut indah dan nyaman.
Seperti hutan di tengah kota, taman ini ditumbuhi pohon-pohon besar dengan daun yang lebat, bercabang ke berbagai arah. Pagi hari, banyak masyarakat yang menghabiskan waktu di sana. Ada yang berolah raga, bermain bersama anak-anaknya, atau sekadar duduk-duduk di bangku taman.
Sejarah Taman Menteri Supeno (KB)
Taman Menteri Supeno dibangun oleh pemerintah daerah dari tahun 1973 sampai dengan tahun 1975. Tujuan pembangunan taman ini adalah untuk memanfaatkan areal kosong yang tercipta karena pertemuan jalur lalu lintas disekitar taman. Taman ini menjadi taman aktif ditengah kota sebagai paru-paru kota sekaligus sebagai taman rekreasi.
Taman kota tidak boleh terlepas dari fungsinya sebagai ruang terbuka hijau (RTH). Oleh karena itu, berbagai tanaman keras harus ada. Taman jangan hanya berisi bunga-bungaan. Kedua jenis tanaman ini harus disandingkan serasi. Kalau taman berisi bunga semua, fungsi penyerapan air dan penghasil oksigen tidak akan berjalan optimal. Sebaliknya, kalau berisi pohon keras saja, taman berkesan menyeramkan, tidak nyaman. Apalagi, jika tidak ada penerangan yang memadai. Bisa-bisa disalahgunakan saat malam.
banyak warga yang menghabiskan pagi di lokasi ini dengan melakukan aktivitas jalan santai, olahraga atau pun sekedar menikmati sarapan di luar rumah. Tempat terbuka ini bisa berfungsi sebagai ruang publik, makanya tamana KB ini menjadi tujuan warga untuk sekedar menghabiskan minggu pagi. Bahkan banyak warga memanfaatkannya sebagai tempat pertemuan serta tempat istirahat saat rehat di kantor untuk sekedar makan, minum dam beristirahat sejenak menjernihkan pikiran.

Tentu akan Sangat menyenangkan bila dapat menyaksikan aktivitas warga yang begitu hidup di taman KB ini. Di mulai dari pagi hari sampai malam menjelang larut kita akan dapat melihat begitu banyak aktivitas mulai anak sekolah, orang kantoran, pengemis pengamen sampai para pedagang kaki lima semua datang untuk manikmati Taman KB ini. Memang jika dibandingkan dengan taman yang ada di Semarang, taman ini sangat jauh bedanya. Namun yang menjadi nilai plus dari taman KB ini adalah kemudahan akses bagi siapa saja untuk memanfaatkannya selain lokasi yang strategis sekaligus gratis. Inilah yang menyebabkan masyarakat memilih tempat ini sebagai area titik pertemuan ataupun arena menghabiskan pekan.
Taman KB ini bisa sebagai tempat berhenti untuk sekedar duduk, bersantai, sambil menikmati kesejukan taman. Fungsi taman sebagai tempat rekreasi, bermain dan refreshing,hal ini terlihat jelas dengan adanya fasilitas untuk bermain bagi anak-anak. Fungsi rekreasi ini juga terlihat dari adanya berbagai acara yang digelar di taman ini. Mulai dari pameran seperti pameran flora dan fauna, ajang perlombaan sampai dengan konser musik.
Untuk lebih menarik orang memanfaatkan taman ini, mungkin ada baiknya dilengkapi dengan fasilitas lain seperti adanya taman bacaan atau perpustakaan gratis yang menyediakan bacaan untuk anak-anak, remaja dan dewasa. Bahkan area hotspot seperti yang bisa dijumpai di taman kota kota lain. Dengan adanya fasilitas tersebut, tentu fungsi sosial dan edukasi sebuah taman bisa tercapai. Setidaknya unsur edukasi jadi terlihat di tempat ini disamping tempat makan dan tempat kongkow.
Alamat Taman Menteri Supeno (KB)
Taman Menteri Supeno ini terletak di Jl. Menteri Supeno, semarang, jawa tengah.
Ruet Menuju Taman Menteri Supeno (KB)
Untuk mengakses menuju ke lokasi taman ini Anda bisa melalui Jalan Mugas atau kalau dari arah Yogyakarta melalui jalan Pahlawan. Bisa juga langsung menuju Jalan Menteri Supeno. Jika menggunakan kendaraan pribadi Anda bisa memarkir kendaraan di depan SMA Negeri 1 Semarang.

1 comment: