Friday, June 2, 2017

Danau Kaolin di Bangka, destinasi wisata langka sebuah danau yang berwarna warni

Destinasi Wisata Langka di Bangka, Dengan Air Berwarna

Bangka Belitung adalah sebuah pulau yang memiliki cukup banyak tempat yang bisa di jadikan untuk mengisi waktu luang dengan bersantai bersama keluarga di tempat yang asyik dan menyenangkan. Salah satu tempat yang asyik dan menyenangkan di Bangka adalah Danau Kaolin. Danau ini adalah sebuah bekas galian penambangan kaolin yang sudah di tinggalkan oleh sang penambang sejak bertahun tahun yang lalu.
Memang pada kebiasaannya aktivitas penambangan selalu meninggalkan kerusakan pada lingkungkan sekitar. Namun ini semua tidak terjadi pada bekas tambangan yang satu ini. Apabila anda melihat dan mengunjungi Danau Kaolin yang terletak di Desa Nibung, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, anda bisa menemukan fenomena alam yang unik yang justru bekas lokasi penambangan yang satu ini malah menampilkan keindahan alam yang sangat mempesona.
Danau Kaolin adalah sebuah Danau yang merupakan bekas galian penambangan yang sudah bertahun tahun ditinggalkan oleh pemiliknya. Saat ini danau tersebut berbentuk sebuah kolam air yang sangat besar dengan keunikan pada airnya yaitu memiliki aneka warna warni yang sudah menjadi tujuan wisata alam baru yang sungguh menyenangkan di Bangka. Danau indah ini berlokasi sekitar 70 kilometer dari Bandara Depati Amir, Pangkalpinang.
Danau Kaolin sendiri terdiri dari dua kolam danau besar yang masing-masing danau tersebut kurang lebih berukuran seperti ukuran lapangan bola. Masing masing warna danaunya memiliki warna air yang berbeda, yakni danau yang satu berwarna biru dan danau yang lainya berwarna hijau. Pemandangan warna air di danau ini akan sangat mencolok bila terkena sinar matahari dan saat itulah waktu yang tepat untuk menikmati keindahan pemandangan warna air danau kaolin bisa saja menimbulkan warna yang saperti di inginkan kebanyakan para wisatawan, maka di sarankan datanglah pada waktu siang hari dimana air danau terkena terik sinar matahari dan pemandangan warna danau akan terlihat mempesona.
Warna air danau Kaolin yang berwarna tersebut diperkirakan hasil efek dari radiasi logam radioaktif karena galian tambang masa lalu. Dengan adanya perkiraan dugaan radiasi yang ada, maka pemerintah daerah (PemDa) setempat memberikan pengarahan kepada setiap wisatawan yang datang untuk tidak melakukan kegiatan seperti mandi atau menggunakan air danau tersebut. Hal ini bertujuan agar para wisatawan tidak terkena dampak racun dari radiasi bekas tambang yang bisa saja membahayakan kesehatan.

Meski terdapat unsur hal yang bisa membahayakan bagi para pelancong, tetapi danau ini tetap ramai di kunjungi para wisatawan yang datang dari berbagai wilayah, karena danau ini menyajikan pemandangan yang sangat menarik, hal ini tentu memberikan nilai plus tersendiri bagi para pelancong yang datang ke Danau Kaolin ini. Para wisatawan yang datang biasanya melakukan aktivitas berjalan jalan sambil menikmati pemandangan yang indah nan unik, atau bisa juga melakukan aktifitas berfoto ria dengan latar belakang pemandangan langka dari danau kaolin dengan air yang berwarna warni ini .
Sebagai himbauan, terkhusus bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Danau Kaolin ini harus waspada dan berhati-hati saat menikmati pemandangan, usahakan tidak mendekat ke bibir danau karena hal ini bisa saja membahayakan diri wisatawan. Tanah bekas galian tambang yang masih rapuh menyebabkan rawan akan terjadi-nya longsor.
Alamat Wisata Danau Kaolin
Danau Kaolin yang indah ini terletak di Desa Nibung, Kabupaten Bangka Selatan, kepulauan Bangka Belitung.
Tiket Masuk Danau Kaolin
Untuk masuk ke kawasan Danau Kaolin anda tidak usah mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Di lokasi ini anda bisa mengabadikan momentum momentum keindahan dengan berfoto sepuasnya atau sekedar bersantai berjalan jalan menikmati pemandangan indah di danau bekas galian tambang dan juga galian galian di sekitarnya.
Kuliner di Lokasi Danau Kaolin
Di kawasan Danau Kaolin ini anda tak perlu khawatir kelaparan atau kehausan, karena disekitar Danau Kaolin sudah terdapat warung warung penjual makanan dan minuman, berbagai menu sudah tersaji di sana. Sambil bersantai melepas penat anda bisa menikmati makanan dan minuman segar ditengah terik matahari pada siang hari.

1 comment: