Saturday, June 3, 2017

Kebun Binatang Mangkang yang Terlengkap di Semarang

Kebun Binatang Mangkang, Bonbinnya Orang Semarang Yang Terlengkap
Liburan di semarang tentu ingin menikmati suasana yang menyenangkan, dan yang pasti tentunya juga mencari tempat yang begitu masuk dalam kreteria yang di inginkan. Nah di semarang ada sebuah tempat wisata yang menyediakan berbagai jenis hewan hewan yang masih banyak ataupun yang sudah masuk dalam daftar hewan yang punah, sungguh mengunjungi tempat seperti ini sangat mengasyikkan. Kebun Binatang namanya, kebun binatang ini berada di Jl. Walisongo Kilometer 16, Mangkang.

Kebun binatang ini bisa di katakan kebun binatang yang mempunyai sepisies hewan terlengkap di semarang, mungkin bisa di dimasukkan dalam rencana perjalanan  liburan anda berikutnya. Lokasi Kebun Binatang Mangkang ini sangat mudah untuk dijangkau. Kebun binatang ini berlokasi di perbatasan antara Kendal dan Semarang. Di bonbin ini selain menikmati pemandangan hamparan rumput hijau, juga dapat melihat berbagai jenis binatang, selain itu pengunjung pun dapat menikmati fasilitas berupa wahana rekreasi yang disediakan pihak pengelola.
Di kebun binatang Mangkang, pengunjung dapat melihat lihat beberapa jenis binatang yang hidup bebas, tidak di kandang. Namun hewan hewan tersebut masih berada di dalam habitatnya. Untuk menikmati kebun binatang ini anda harus mengelilingi keseluruhan lahan dengan luas 9 hektar, jika anda merasa tidak mampu mengelilingi dengan jalan kaki, anda bisa berkeliling memakai kereta mini. Selain faslitas kereta mini, di area lokasi kebun binatang juga terdapat Fasilitas lainnya yang mungkin dapat dinikmati para pengunjung antara lain becak air, gajah dll.
Mungkin dari sekian fasilitas yang ada yang cukup unik adalah becak airnya, karena pengunjung dapat berjalan-jalan menggunakan becak air tersebut di danau buatan, dan juga dapat melihat-lihat burung pelikan berenang dengan santai di antara manusia. Tidak hanya itu saja, masih banyak fasilitas fasilitas lainnya, seperti water boom, kolam keceh, dan museum pesawat yang semuanya ini di peruntukan untuk anak anak.
Sejarah Kebun Binatang Mangkang
Kebun binatang di mangkang ini sudah beroperasi cukup lama, mulai Februari 2007. Sebelum kebun binatang mangkang ini berdiri sudah terlebih dahulu berdiri kebun binatang Tinjomoyo, tetapi pada waktu itu kondisinya sudah sangat memprihatinkan, sehingga akhirnya didirikanlah kebun binatang Mangkang ini sebagai pengganti dari kebun binatang Tinjomoyo tersebut. Sejak tahun 2006, binatang-binatang yang ada di kebun binatang Tinjomoyo sudah mulai dipindahkan ke tempatnya yang baru.
Untuk mengetahui sejarahnya lebih jauh lagi, masih ada kebun binatang Tegalwareng. Pada tahun 1954, didirikanlah kebun binatang Tegalwareng ini. Adapun konsep yang digunakan pada waktu itu adalah kombinasi kebun binatang dengan taman hiburan, namun banyak binatang yang menjadi stress karena konsep tersebut. Ya, memang taman hiburan sangatlah bising dan binatang di kebun binatang pun terganggu karenanya. Hingga, akhirnya tahun 1985 kebun binatang dipindah ke kebun binatang Tinjomoyo serta Taman Lele. Jadi memang sejarahnya cukup panjang, dan mengapa itu juga merupakan cerita mengapa Bonbin Mangkang ini berlokasi di perbatasan kota Semarang. Saat ini Kebun Binatang Mangkang Semarang juga dikenal dengan Taman Marga Satwa Semarang.

Spesies hewan yang cukup banyak
Tempat wisata Kebun Binatang Mangkang merupakan kebun binatang dengan spesies hewan yang cukup banyak, terdapat 40 spesies, dengan total 200 hewan. Berikut beberapa binatang yang bisa anda ajak interaksi ketika berada di Kebun Binatang Mangkang:
•    Singa
•    Rusa tutul
•    Harimau Sumatra
•    Beruang
•    Rusa timor
•    Kuda
•    Ular
•    Buaya
•    Gajah Sumatra
•    Kuda nil
•    Kera Jawa
•    Beruk
•    Kangguru
•    Harimau Benggala
•    Burung pelikan
•    Dan banyak lagi …
Harga tiket masuk Kebun Binatang Mangkang
Cukup membayar 5 ribu rupiah, anda sudah dapat memasuki kawasan Kebun Binatang Mangkang ini. anda pun bisa berfoto dengan burung atau ular. Dan anda bisa juga mengajak si kecil untuk naik gajah, di sini pengunjung dapat mengajarkan si buah hati untuk mulai mencintai hewan mulai sejak dini. Tarif lainnya di Kebun Binatang Mangkang adalah:
Naik Gajah Rp 5 ribu, 
Naik Becak Air Rp 5 ribu, 
Naik Kuda Rp 5 ribu, 
Flying Fox Rp 5 ribu, 
Naik Perahu Rp 3 ribu, 
Naik Kereta Mini Rp 3 ribu, 
Tiket Water Boom Rp 10 ribu, 
Dan untuk Nonton Film Satwa Rp 3 ribu.
Jam buka: 08:00 – 17:00
Rute Menuju Kebun Binatang Mangkang
•    Dari arah Jakarta. Saat sudah sampai di Kendal dan hampir melewati Kab. Kendal, dan mau masuk kota Semarang. Maka pelankan laju kendaraan anda karena lokasi kebun binatang sudah dekat. Ketika anda sudah melihat gapura tanda masuk kota semarang maka sembari fokus dalam menyetir sesekali lihatlah sisi kanan jalan anda, maka anda akan melihat gapura besar pintu masuk ke kawasan Kebun Binatang mangkang yang berada di kanan jalan.
•    Dari stasiun Poncol. Gunakan angkutan kota menuju Mangkang.
•    Dari Bandara A. Yani. Naiklah taksi ke Kebun Binatang ini, memang agak sedikit mahal. Tetapi itu lah cara yang termudah jika berangkat dari bandara.
•    Dari Terminal Terboyo. Cari bus kota ke Mangkang. Lokasi kebun binatang tidak terlalu jauh dari terminal mangkang. Jika anda tersesat dan tidak tahu arah, maka tanyalah kepada penduduk setempat, karena lokasinya sudah dekat, masyarakat sekitar pasti membantu anda.

1 comment: