Wednesday, April 26, 2017

pantai Glagah kulonprogo, sebuah pantai dengan pemandangan laguna yang kokoh

PANTAI GLAGAH, PEMANDANGAN PANTAI YANG KHAS DI KULONPROGO

Pantai Glagah kulonprogo ini menjadi pantai yang lagi naik daun dan sering muncul di social media. Hal tersebut terlihat dengan banyaknya wisatawan yang datang dari luar kota ke Pantai Glagah untuk sekedar berfoto-foto yang akan dijadikan kenang kenangan.
Pantai yang masih ikut wilayah di Jogjakarta ini mempunyai ke-identikan yang yaitu mempunyai laguna yang tenang di tengah deburan ombak Samudera Hindia yang ganas dan perjuangan Tetrapood untuk memecah ombak tersebut. Saking besarnya ombak Samudra Hindia yang menyasar di Pantai Glagah ini, pasir dan air laut bisa terangkat sampai ke jalan yang terletak di pinggir pantai.
Pantai Glagah yang sangat Indah ini merupakan salah satu pantai yang menjadi unggulan wisata pantai di Jogja khususnya di Kulonprogo. Pantai ini terletak di Kabupaten Kulon Progo dan memiliki pemandangan yang sangat bagus dengan hamparan pasir besi yang menjadi andalannya. Di pantai ini juga terdapat laguna yang menjadi wisata tirta. Di pantai ini terdapat fasilitas diantaranya bumi perkemahan dan perkebunan buah Naga.

Fasilitas dan Wahana di Pantai Glagah
1. Dermaga Wisata di depan tempat retribusi
2. Laguna, berada disebelah barat Dermaga Wisata yang membatasi dua daerah antara area yang ditumbuhi tanaman pantai dan rerumputan dan area pasir yang berbatasan langsung dengan laut.
3. Area pemancingan yang kondusif di sekitaran pantai.
4. Area agrowisata dengan satu-satunya pantai di Jogja yang mengembangkan buah Naga dan buah Roselle serta buah semangka bahkan melon.
Obyek wisata di Kulon Progo ini dapat Anda jadikan untuk berlibur bersama keluarga atau pun teman-teman. Sudah banyak fasilitas dan wahana permainan yang siap wisatawan nikmati. Beberapa di antaranya terdapat sampan atau kapal-kapal kecil.
Di laguna Pantai Glagah anda dapat menikmatinya dengan menyewa sampan atau kapal bebek-bebekan yang tersedia di pantai tersebut. Untuk harga sewa sampan atau kapal bebek-bebekan di Pantai Glagah cukup terjangkau dan bervariatif.
Seperti di pantai parangtritis, Pantai Glagah ini juga tersedia Motocross dan ATV yang siap untuk disewakan kepada wisatawan. Jika anda tidak mahir menggunakan kendaraan tersebut,tidak usah khawatir anda pun dapat menyewa sepada untuk menyusuri jalanan tepi Pantai Glagah.
Pantai Glagah di Kulonprogo ini juga identik denganpasir yang berwarna hitam. Pasir Pantai Glagah tersebut sering dikenal dengan pasir besi, sehingga berwarna hitam.

Perkebunan Buah di Pantai Glagah
Selain panorama pantai yang indah, di daerah Pantai Glagah tersedia beberapa tempat yang sayang untuk dilewatkan. Yaitu di sekitar Pantai Glagah terdapat sebuah perkebunan buah-buahan seperti Perkebunan Buah Naga, Perkebunan Buah Semangka hingga Perkebunan Buah Melon.
Namun para petani di Pantai Glagah ini dominan menanam buah naga, oleh sebab itu jika ingin menemukan buah semangka atau melon datanglah pada musimnya.
Jika Anda datang bersama keluarga, sempatkanlah untuk menikmati buah-buahan yang ditanam oleh petani di sana. Selain anda dapat mencicipi dan membeli buah tersebut, anda juga dapat memetik atau memanennya sendiri dari lokasi kebun buahnya.
Menikmati Sunset di Pantai Glagah
Bagi anda yang suka menikmati pengalaman melihat matahari terbenam atau sunset, Pantai Glagah adalah pilihan yang tepat. Saat Matahari telah berada di ufuk barat, Pantai Glagah akan semakin indah dan romantis, apalagi ditemani seorang yang anda sayangi.
Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Glagah Kulonprogo mengambil foto karena sayang untuk dilewatkan jika tidak berfoto di Pantai dengan background pemandangan yang sangat fenomenal indah ini. Jika anda pergi ke Pantai Glagah ini, sebaiknya jangan sampai tidak berfoto. Oleh sebab itu, persiapkanlah kamera atau Smartphonemu dalam keadaan yang penuh, karena mungkin nanti akan sangat diperlukan.
Alamat Pantai Glagah Kulonprogo
Berada di desa Glagah, Kecamatan Temon, kabupaten Kulon Progo. Jarak dari Kota Yogyakarta kurang lebih 40 km ke arah barat, atau 15 km dari pusat kota kabupaten Kulon progo, Kota wates.
Rute Menuju ke Pantai Glagah Kulonprogo
Saat anda berada dalam perjalanan dari kota Jogja, ambil jalan Jogja -> Wates -> Purworejo, setelah anda menjumpai plang yang bertuliskan arah menuju Pantai Glagah belok lah ke kiri, ikuti saja jalan tersebut. Akses jalan sudah sangat memadai, jalan beraspal, angkutan umum juga banyak melintas di kawasan ini. Kalaupun menggunakan kendaraan pribadi mobil/motor ada dua jalur yang bisa dilewati dari arah Yogyakarta.
1. Melalui jalur utama Jogjakarta –> Purworejo seperti jalur bus umum.
2. Melalui Jalur selatan yakni melalui kabupaten Bantul. Jalur ini lebih menyajikan pemandangan persawahan dan suasana jalan yang tidak terlalu padat oleh kendaraan-kendaraan besar.
Tiket Masuk atau Retribusi Pantai Glagah
Sampai saat ini biaya untuk membeli tiket masuk atau retribusi di objek wisata Pantai Glagah Kulonprogo dipatok dengan harga Rp 5.000, /orang.
Sedangkan untuk parkir roda dua Rp 2000, dan untuk kendaraan roda empat Rp 5000 /unit.

2 comments: