Sunday, April 16, 2017

pantai Sadranan gunungkidul, syurga bawah laut yang tersembunyi di pantai gunungkidul

PANTAI SADRANAN
Surga Baru untuk Menyelami Keindahan Bawah Laut

Jika selama ini masyarakat hanya dapat menikmati keindahan Pantai Sadranan dari permukaannya saja, sekarang masyarakat luas sudah saatnya mencoba olahraga snorkeling, menyelam kedalam laut dan melihat keindahan alam bawah laut yang sangat mengesankan dan yang pasti harus merasa bersyukur kepada yang maha kuasa.
Pantai Sadranan merupakan salah satu obyek wisata alam yang banyak disukai untuk berlibur melepas penat dari rutinitas yang banyak. Namun pantai ini bukan sekedar tempat berwisata saja. Bagi masyarakat sekitar, Pantai Sadranan merupakan tempat untuk mencari nafkah serta sebagai sarana untuk melakukan kegiatan yang bersifat religius yaitu kegiatan yang terdapat unsur religi dan kepercayaan.
Pantai Sadranan tentu tidak asing lagi di telinga para pecinta dan petualang alam, meski lokasi pantai ini memang agak tersembunyi yaitu diapit antara Pantai Krakal, Slili, dan Pantai Ngandong. Meskipun begitu, Pantai Sadranan tetap menjadi faforit untuk dikunjungi terutama oleh anak-anak muda.
Biasanya pantai ini selalu ramai pada saat akhir pekan, banyak anak muda yang berkemah dan menikmati malam di tepi pantai sebelum menghabiskan Minggu dengan bermain-main air. Selain bersantai menikmati indahnya lautan dan gulungan ombak yang saling berkejaran seolah ingin menggapai kaki-kaki pengunjung dengan sentuhannya yang lembut, tentu saja para wisatawan dapat bermain air sambil mencoba snorkeling dan mengenal lebih dekat lagi kehidupan yang beraneka ragam di dalamnya.

Sejarah Pantai Sadranan
Asal usul nama pantai Sadranan sendiri berasal dari kata 'nyadran' yaitu sebuah ritual sedekah laut atau sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta alam semesta atas rezeki yang telah mereka dapatkan berupa hasil tangkapan laut yang melimpah. Nyadran merupakan salah satu bentuk cara manusia mengingat kuasa-Nya melalui ciptaan-Nya: laut, sungai, gunung, langit, bumi serta melalui apapun yang kita lihat dan sentuh, begitu pula masyarakat sekitar pantai ini melakukan nyadran ini untuk kembali ke dalam kuasa-Nya dengan penuh rasa syukur.
Pantai Sadranan, selain penting sebagai tempat mencari nafkah bagi masyarakat sekitar juga menjadi faforit bagi para wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Gunungkidul. Sebab selain terkenal sebagai salah satu surga pantai yang berpasir putih yang terhampar di sepanjang selatan Pegunungan Seribu, Pantai Sadranan merupakan salah satu pantai yang belakangan ini banyak didatangi wisatawan lokal maupun mancanegara karena dapat dijadikan sebagai tempat snorkeling.
Akamat Lokasi Pantai Sadranan
Lokasi Pantai Sadranan berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. D.I.Yogyakarta.
Bagi para wisatawan yang sedang berlibur di Yogyakarta, terutama warga Yogyakarta sendiri, selain dapat menikmati keindahan pasir putih Pantai Sadranan serta keindahan lautannya dengan senja yang mempesona juga dapat menikmati keindahan alam bawah lautnya yang tak kalah menawan beserta terumbu karang yang cantik menghiasi sepanjang bibir pantai dan ikan-ikan yang beraneka ragam. Menyaksikan semua keindahan itu tentunya dapat mengurangi penat yang membebani.

Tetapi anda pasti berpikir apakah aman atau tidak untuk berenang apalagi melakukan snorkeling di pantai selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Sebelum melakukanya tentu saja hal yang perlu diketahui adalah waktu-waktu yang tepat untuk melakukannya, yaitu pada saat laut sedang surut di waktu pagi hari ataupun sore hari. Bagi pengunjung yang tidak membawa alat snorkel tidak perlu khawatir sebab di sana terdapat tempat untuk menyewa perlengkapan snorkel. Jadi bagi pengunjung yang ingin mengenal lebih dekat dunia alam laut, silakan datang ke Pantai Sadranan lalu cobalah olahraga snorkeling tersebut.
Tiket Masuk ke Pantai Sadranan Gunungkidul
Untuk masuk dan menikmati di Pantai Sadranan pengunjung hanya di kenai biaya retribusi yang terletak dipantai Baron dengan biaya Rp10,000, biaya itu sudah termasuk pantai pantai yang disekitar pantai Sadranan.
Pos retribusi Pantai Baron
Rp 10.000
Parkir motor
Rp 2.000
Parkir mobil
Rp 5.000
Harga penyewaan alat snorkeling di Pantai Sadranan termasuk murah dan juga alat - alatnya masih bagus bagus semua. Sehingga anda nyaman untuk menggunakannya. Harga Sewa Alat Snorkeling yang diberlakukan ada 2 macam:
Include Pelampung = Rp 25.000 ( Kacamata, Sepatu dan Pelampung Badan
Non Pelampung = Rp 20.000 = Kacamata, alat nafas dan Sepatu
Tips & info
Untuk menuju ke Pantai Sadranan kita bisa mengambil jalan lewat Pantai Krakal, lalu susuri jalan sepanjang Pantai Krakal ke arah timur sampai menemukan petunjuk jalan masuk menuju area Pantai Sadranan
Waktu yang tepat untuk snorkeling yaitu saat air surut di pagi atau sore hari
Jangan melupakan keamanan dengan menggunakan pelindung kaki agar tidak terluka akibat terkena karang ketika snorkeling
Yang utama kita juga harus menjaga terumbu karang yaitu tidak merusaknya dengan tangan ataupun menginjakkan kaki kita di atas terumbu karang

1 comment: